Alasan agar kamu Istirahat dari Medsos Demi Kesehatan Mental

Alasan agar kamu Istirahat dari Medsos Demi Kesehatan Mental

Alasan agar kamu Istirahat dari Medsos Demi Kesehatan Mental – Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Di zaman sekarang sosial media merupakan hal yang sangat penting bahkan sudah menjadi kebutuhan orang-orang dari skala usia muda hingga tua. Banyak kelebihan yang ditawarkan dari sosial media, salah satunya yaitu sebagai ajang silaturahmi, bisnis bahkan ajang ketemu jodoh.

Namun tak sedikit pula kekurangan atau hal-hal negatif yang diberikan akibat menggunakan sosial media, salah satunya yaitu terlalu aktif dalam memposting hidupmu di sosial media sehingga kamu menjadi tidak produktif bahkan stres. Nah, di bawah ini ada beberapa alasan kamu harus istirahat dari sosial media untuk menjaga kesehatan Club388 Indonesia mentalmu, apa saja? Kita simak yuk!

1. Terlalu sering memposting kehidupanmu di sosial media
5 Alasan Kamu Harus Istirahat Sosial Media untuk Kesehatan Mental 

Kamu merasa bahwa setelah aktif di sosial media, kamu menjadi sering memposting kehidupan pribadimu di sosial media, bahkan hal-hal yang seharusnya tidak kamu posting di sosial media sekalipun, misalnya curhat mengenai masalah pribadimu dan lain-lain. Sehingga orang-orang yang tadinya tidak tahu masalahmu menjadi tahu bahkan kepo untuk mengulik lebih dalam mengenai masalahmu namun mereka tidak memberikan solusi atas masalahmu itu.

Pecayalah, semua itu hanya akan membuatmu menjadi semakin stres, dengan melibatkan orang-orang yang tidak kamu kenal sepenuhnya untuk sekedar memberitahu masalahmu pada mereka di sosial media karena bisa saja mereka memberikan solusi yang tidak tepat yang malah membuat masalahmu semakin besar.

2. Terlalu memikirkan apa yang netizen inginkan meskipun hal itu tidak kamu sukai
5 Alasan Kamu Harus Istirahat Sosial Media untuk Kesehatan Mental 

Kehidupan di sosial media tidak sepenuhnya benar atau sosial media hanya memberikan fatamorgana semata, seolah terlihat indah namun pada kenyataannya tidak. Jika kamu sudah terlanjur aktif di sosial media dan terlalu memikirkan apa pun yang diinginkan oleh netizen meskipun kamu tidak menyukainya, maka istirahatlah dari sosial media untuk sementara waktu karena hal itu jelas mempengaruhimu. Kamu merasa sering memikirkan apa kata orang sehingga tanpa sadar menghambatmu untuk lebih maju.

3. Menjadi cemas atau takut berlebihan ketika memposting tulisan atau foto di sosial media
5 Alasan Kamu Harus Istirahat Sosial Media untuk Kesehatan Mental 

Kamu menjadi cemas atau bahkan takut setelah memposting sesuatu tentang dirimu sendiri, apakah postinganmu mendapatkan banyak like dari orang lain atau tidak? Atau apakah mendapatkan komentar baik dari orang lain atau tidak? Dan kecemasan-kecemasan lainnya. Sehingga tanpa sadar kamu merasa cemas atau bahkan takut ketika memposting sesuatu di sosial media padahal postinganmu tidak merugikan orang lain.

4. Latah atau ikut-ikutan melakukan sesuatu yang viral di sosial media meskipun tahu hal itu tidak baik
5 Alasan Kamu Harus Istirahat Sosial Media untuk Kesehatan Mental 

Ketika ada yang viral di sosial media, kamu latah untuk mengikutinya, jika tidak mengikutinya kamu merasa ketinggalan zaman atau tidak update. Padahal sebenarnya kamu sama sekali tidak mengerti kenapa kamu harus melakukan hal-hal viral itu selain hanya sekedar ikut-ikutan.

Jika kamu sudah berada di level latah maka segeralah untuk berhenti atau istirahat sejenak dari sosial media, karena mengikuti sesuatu yang viral itu tidak ada manfaatnya hanya membuang-buang waktumu saja.

5. Merasa insecure melihat postingan orang-orang di sosial media
5 Alasan Kamu Harus Istirahat Sosial Media untuk Kesehatan Mental 

Jika kamu merasa insecure melihat postingan teman-teman dunia mayamu atau para selebgram yang memamerkan kekayaan, liburan dan kemolekan tubuhnya, serta hal itu membuatmu sangat terpengaruh secara mental, maka istirahatlah dari sosial media, jangan jadikan sosial media meracunimu dan membuat mentalmu jatuh. Karena apa yang kamu lihat di sosial media, belum tentu sesuai dengan kenyataannya.

Nah itu dia kelima alasan kamu harus istirahat dari sosial media agar kesehatan mentalmu tetap terjaga. Semoga bermanfaat ya.