Anies Mendadak Serukan Permintaan Warga untuk Vaksinasi

Anies Mendadak Serukan Permintaan Warga untuk Vaksinasi

Anies Mendadak Serukan Permintaan Warga untuk Vaksinasi РGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta kepada warga Jakarta untuk melaporkan anggota keluarganya yang belum divaksin Covid-19. Hal itu dilakukan demi mengurangi angka kematian akibat Covid-19.

Hal itu diungkapkan orang nomor satu di Pemprov DKI itu melalui akun instagram-nya, @aniesbaswedan, Jumat (1/10/2021). Ia menyampaikan agar hal ini disebarkan kepada seluruh keluarga besar. Untuk itu, demi menyelamatkan masyarakat dan keluarga di Jakarta, Anies mengajak masyarakat untuk berikhtiar, salah satunya melakukan vaksin.

Seraya menampilkan data, Anies juga meminta tolong kepada masyarakat untuk menanyakan anggota keluarga lansia yang belum melaksanakan vaksinasi COVID-19. Selain itu, melalui vaksin juga mampu mengurangi angka terpaparnya masyarakat. Sehingga ancaman penyebaran Covid-19 mampu dikendalikan.

1. Pandu jabarkan kasus kematian di DKI Jakarta

Ada tambahan 5.436 kasus konfirmasi positif COVID-19 - ANTARA NewsAda tambahan 5.436 kasus konfirmasi positif COVID-19 - ANTARA News

Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Dr. Pandu Riono, MPH, Ph.D dalam Ngobrol Seru: 100 Hari Pandemik Global (

Unggahan ini adalah respons Anies terhadap data dan pemaparan yang disampaikan oleh epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono. Pandu menjelaskan, tingkat kematian di DKI Jakarta terbilang rendah dan yang meninggal adalah orang yang belum menjalankan vaksinasi.

“Artinya, cakupan vaksinasi yang tinggi, terutapa pada lansia, berhasil menekan kematian, hospitalisasi dan penularan. Harapannya bisa zero death,” cuit Pandu di akun twitter @drpriono1 sembari menandai akun Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

2. Minta masyarakat ajak lansia yang belum vaksinasi
Anies Minta Tolong Warga Ingatkan Keluarga yang Belum Vaksinasi

Melalui cuitan tersebut, Anies meminta tolong masyarakat DKI Jakarta untuk bisa mengajak para lansia yang belum menjalani vaksinasi COVID-19, selama tidak ada kendala kesehatan dan medis.

“Sayangi mereka, ajak untuk vaksinasi selama tidak ada kendala medis. Umur di tangan Allah, tapi ikhtiar itu wajib. Kita tunaikan ikhtiar itu: ajak untuk vaksinasi,” kata Anies.

3. Tren kematian di DKI bagi warga belum divaksin
Kematian Akibat COVID-19 di Jakarta Didominasi Warga yang Belum Divaksin -  Global Liputan6.com

Dalam datanya, Pandu menjabarkan tren kematian di DKI sejak 27-30 September 2021. Berikut datanya:

  • 27 September ada 4 kematian belum divaksin.
  • 28 September ada 5 kematian belum divaksin.
  • 29 September ada 4 kematian belum divaksin.
  • 30 September ada 3 kematian belum divaksin.