Beberapa Cara untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak

Beberapa Cara untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak

Beberapa Cara untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak – Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Setiap mata pelajaran di sekolah pasti ada salah satu mata pelajaran yang sulit untuk diterima oleh anak.

Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons. Dalam belajar anak-anak selalu merasakan kesulitan ketika mengerjakan suatu soal dan karena kesulitan itu bisa mempengaruhi prestasi belajar mereka.

Terkadang kesulitan dalam belajar itu karena dipengaruhi oleh faktor-faktor yang datang dari dalam diri anak sendiri atau yang datang dari luar. Maka dari pada itu, saya ingin membagikan beberapa tips untuk mengatasi kesulitan belajar pada anak.

1. Mencari tahu penyebabnya
5 Tips Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak

Yang pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu penyebabnya dengan cara bertanya langsung pada anak. Apa penyebanya dan apa pokok permasalahannya sehingga anak selalu kesulitan dalam belajar.

Adakan faktor lain yang mempengaruhi cara belajarnya? Dengan cara seperti ini kita bisa mengetahui pokok permasalahannya dan kita juga dapat mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan anak dalam belajar.

2. Melakukan pendekatan
5 Tips Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak

Setelah kita mengetahui penyebab dari kesulitan belajar pada anak, kita bisa berbicara langsung padanya dengan 4 mata agar anak bisa dengan leluasa menyampaikan kendalanya dalam belajar dan menyampaikan materi apa yang kurang dipahami olehnya dalam pelajaran.

Dengan memberikan pendekatan pada anak kita dapat membantu anak-anak mengatasi kesulitannya dalam belajar, selain itu kita juga dapat mengetahui materi apa yang kurang dipahami oleh anak. Mengetahui apakah ada faktor-faktor yang membuatnya tidak bisa belajar dengan baik.

3. Memberikan pengajaran khusus
5 Tips Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak

Setelah melakukan pendekatan dan kita mengetahui materi apa yang tidak dipahaminya sehingga membuatnya kesulitan dalam belajar. Kita memberikan pengajaran khusus kepada anak tentang materi yang belum dipahaminnya. Dengan cara ini pastinya anak akan dengan mudah memahami materi pembelajaran.

4. Memberikan tes
5 Tips Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak

Berikutnya, ketika kita sudah selesai mengajarkan khusus kepada anak tentang materi yang belum dipahaminya. Kita melakukan tes dengan memberikan soal yang berkaitan dengan materi yang telah kita ajarkan.

Jika pada tes pertama masih gagal, kita menjelaskan kembali tentang apa yang belum dipahami oleh anak. Setelah dijelaskan kita melakukan tes kembali dengan soal yang sama dan pasti anak akan bisa menyelesaikan soal itu dan anak bisa memahami materi yang telah diajarkan.

5. Memberikan motivasi
5 Tips Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak

Kita juga harus memberikan motivasi kepada anak agar anak bisa giat belajar dengan baik. Dengan cara memberitahu pentingnya belajar untuk kehidupan karena dengan belajar seseorang dapat berpikir dengan logis, kritis, sistematis dan kreatif. Selain itu juga bisa membuat kita dapat berhitung dengan baik.

Kesulitan dalam belajar wajar dialami oleh anak-anak, sebagai dewasa yang mendampinginya belajar, harus mengetahui kendala yang terjadi. Tips di atas juga bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar anak pada mata pelajaran yang lainnya.