Beberapa Kebiasaan yang Buat Hidup Kamu Tenang dan Bahagia

Beberapa Kebiasaan yang Buat Hidup Kamu Tenang dan Bahagia

Beberapa Kebiasaan yang Buat Hidup Kamu Tenang dan Bahagia – Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Bagi sebagian orang, standar sukses sebenarnya adalah semua yang berkenaan dengan hal finansial. Namun, meski punya definisi sukses yang berbeda-beda, memiliki hidup yang tenang dan bahagia juga jadi dambaan banyak orang, lho.

Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya. Kalau kamu salah satunya, kamu bisa mulai dari sekarang, guys.  Hidup yang tenang dan bahagia jelas harus kita upayakan supaya gak mengalami penyesalan semasa hidup.

Tapi, tenang saja, lewat sederet kebiasaan berikut ini kamu bisa, kok, meraih kedua hal tersebut secara bersamaan. Kira-kira kebiasaan apa saja, ya, yang harus kamu lakukan? Tanpa berlama lagi, langsung saja intip penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Belajar hal baru setiap hari 
5 Kebiasaan Simpel Bikin Hidup Makin Tenang dan Bahagia, Tepis Cemas 

Mungkin selama ini kamu belum pernah menyadarinya, bahwasanya setiap kali kamu mempelajari hal baru, ternyata berdampak besar untuk hidupmu ke depan. lho. Belajar hal baru setiap hari juga bisa membuat hidupmu selalu diliputi kebahagiaan.

Hal ini disebabkan karena tanpa kamu sadari, kamu jauh lebih berkompetensi pada banyak bidang dan lebih sedikit mengkhawatirkan tentang hari esok. Belajar hal baru gak melulu harus didapatkan dari kursus atau sekolah karena hal inibisa kamu dapatkan dari mana saja, mulai dari lingkungan sekitar hingga berselancar di internet sekalipun.

2. Suka menolong orang lain 
5 Kebiasaan Simpel Bikin Hidup Makin Tenang dan Bahagia, Tepis Cemas 

Ada rasa senang, syukur, dan bangga saat kita bisa menolong orang lain. Menolong di sini gak melulu perbuatan yang harus berkaitan dengan finansial seperti memberi donasi atau bantuan, kok.

Memberikan tempat duduk di kendaraan umum kepada orang tua, anak-anak, dan ibu hamil juga termasuk bagian dari menolong. Menolong dalam bentuk apapun itu bila sering kamu lakukan juga bisa bikin hidupmu makin bahagia, lho. Aksi ini juga membantu meningkatkan empatimu terhadap sesama manusia sehingga membuat hatimu mampu merasakan ketenangan dan ketentraman.

3. Gak terlalu sering memikirkan pendapat orang lain
5 Kebiasaan Simpel Bikin Hidup Makin Tenang dan Bahagia, Tepis Cemas 

Meski mudah diucapkan, kebiasaan yang satu ini masih cukup sulit untuk dilakukan. Kalau kamu masih sering memikirkan apa pendapat orang lain tentang kamu, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan ini pelan-pelan, yuk!

Dengan kamu berhenti memikirkan apa kata orang tentang kamu, dijamin kamu bakal lebih bahagia dari sebelumnya. Pasalnya, memikirkan omongan orang lain justru malah bikin kamu makin tertekan hingga stres.

4. Sering tertawa 
5 Kebiasaan Simpel Bikin Hidup Makin Tenang dan Bahagia, Tepis Cemas 

Kamu pasti udah gak asing lagi dengan hal yang satu ini. Bener banget, kebiasaan sering tertawa terbukti bisa bikin kamu makin bahagia, kok.

Hal ini dikarenakan tertawa akan menstimulus hormon dopamin. Hormon dopamin sendiri dikenal sebagai salah satu hormon kebahagiaan. Jadi, kebayang banget, dong, dampaknya kalau kamu sering tertawa, maka tingkat stres yang kamu alami juga akan berangsur-angsur terkurangi.

5. Memperbanyak rasa syukur 
5 Kebiasaan Simpel Bikin Hidup Makin Tenang dan Bahagia, Tepis Cemas 

Terakhir, supaya hidupmu selalu tenang dan bahagia, kamu wajib banget memperbanyak rasa syukur. Dengan bersyukur, kamu akan selalu merasa tercukupi segalanya yang kamu miliki di hidupmu.

Lain halnya saat kamu gak pernah bersyukur sama sekali. Kamu jadi merasa serba kekurangan apapun itu. Inilah yang menjauhkanmu dari perasaan bahagia. Oleh karenanya, mulai sekarang perbanyak rasa syukur, yuk!

Nah, demikian tadi apa saja kebiasaan sederhana yang bisa bikin hidupmu selalu bahagia dan tenang. Sesederhana itu, kan? Jadi, segera kita terapkan secara konsisten, yuk!