Beberapa Tips Agar Dapat Memutuskan Keputusan Dengan Tepat

Beberapa Tips Agar Dapat Memutuskan Keputusan Dengan Tepat

Beberapa Tips Agar Dapat Memutuskan Keputusan Dengan Tepat – Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final.

Keputusan dibuat untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan atau tindakan Ketika kamu dihadapkan pada situasi yang membuatmu harus menentukan pilihan, biasanya akan memakan beberapa waktu untuk berpikir. Makin berat perkara yang dihadapi, akan makin lama pula kamu membutuhkan waktu untuk berpikir.

Bahkan, tak jarang keputusan yang akan diambil tetap membuatmu ragu dan bimbang. Tak perlu risau berlebihan, kamu bisa mulai menggunakan lima cara di bawah ini sebelum memutuskan sesuatu. Dengan lima cara ini, kamu akan lebih cepat memutuskan sesuatu dengan tepat.

1. Eliminasi dari banyak pilihan yang ada menjadi beberapa saja
5 Cara Ambil Keputusan Lebih Cepat, Gak Bimbang Lagi

Memiliki banyak pilihan pada sebuah persoalan bisa saja terjadi. Tak dapat dipungkiri, kamu mungkin akan merasa bingung dan kesulitan untuk memilih.

Ketika kamu dihadapkan pada banyak pilihan, cobalah mengeliminasi satu per satu pilihan tersebut. Mengeliminasi pilihan akan makin mengerucutkan pada satu keputusan yang terbaik. Dengan begitu kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik pula.

2. Buat batasan antara pilihan yang bagus dan tidak
5 Cara Ambil Keputusan Lebih Cepat, Gak Bimbang Lagi

Jika kamu sedang dihadapkan pada banyaknya pilihan, kamu bisa memulainya dengan membuat batasan. Memiliki batasan dapat membantu untuk mendapatkan kemungkinan terbaik yang cocok dengan situasi yang sedang kamu hadapi.

Buatlah sekat yang memisahkan antara keputusan yang baik atau lebih baik. Hal ini dapat meminimalkan kemungkinan salah mengambil keputusan. Pikirkan pula konsekuensi dari setiap keputusan yang kamu ambil tersebut.

3. Ketegasanmu akan tumbuh seiring dengan pilihan yang kamu ambil
5 Cara Ambil Keputusan Lebih Cepat, Gak Bimbang Lagi

Menentukan sebuah pilihan sejalan dengan memberikan ketegasan pada suatu hal. Makin lama kamu mengambil keputusan, kamu akan makin mengulur waktu.

Keputusan harus diambil secepatnya untuk membuktikan kepadamu bahwa kamu bisa mengalahkan keraguan dalam diri. Jangan membuatmu terbebani dengan makin lama waktu yang kamu butuhkan untuk memutuskan.

4. Jangan ragu karena akan makin mengurangi keberhasilan dari keputusanmu
5 Cara Ambil Keputusan Lebih Cepat, Gak Bimbang Lagi

Keberhasilan sebuah keputusan akan sejalan dengan besarnya keyakinan yang kamu miliki. Makin kamu ragu, akan makin memperkecil kemungkinan keberhasilanmu. Sekalipun kemungkinan berhasilnya tak terlalu besar, tetapi sugesti dalam dirimu mampu memengaruhinya.

Apa pun yang akan terjadi selanjutnya ada di luar kuasamu. Hal yang paling penting adalah kamu yakin kamu telah mengambil keputusan terbaik dan yakin pasti akan berhasil.

5. Coba rasakan dan putuskan dengan gut feeling
5 Cara Ambil Keputusan Lebih Cepat, Gak Bimbang Lagi

Dalam satu atau beberapa kesempatan, gut feeling bisa kamu gunakan juga, lho. Memang keakuratannya tergantung dari seberapa besar keyakinanmu terhadap hal tersebut. Biasanya gut feeling hadir sebagai bisikan dalam dirimu bahwa sesuatu akan berjalan seperti yang kamu rasakan. Kehadirannya juga tak bisa kamu reka karena akan datang begitu saja.

Jadi, tak ada salahnya jika kamu juga turut mempertimbangkan hal tersebut ketika sedang membuat sebuah keputusan. Menentukan pilihan untuk memutuskan dengan cepat terkadang sangat dibutuhkan dalam berbagai situasi. Kamu bisa melakukannya dengan menerapkan lima cara di atas. Lebih cepat, tepat, dan gak bikin kamu bimbang lagi.

Setiap keputusan mempunyai kadar tingkatan yang berbeda-beda. Keputusan biasanya memiliki empat tingkatan yaitu keputusan otomatis,keputusan yang bedasarkan informasi yang diharapakan,keputusan yang bedasarkan pertimbangan,serta keputusan bedasarkan ketidakpastian ganda. Keputusan otomatis merupakan bentuk keputusan yang dibuat dengan sangat sederhana. Contohnya seorang pengemudi mobil memperoleh informasi di perempatan jalan berupa lampu merah, secara langsung seorang pengemudi tersebut membuat keputusan otomatis untuk berhenti.

Keputusan besarkan informasi yang diharapkan merupakan tingkatan keputusan yang telah mempunyai informasi yang sedikit kompleks, artinya informasi yang ada telah memberi aba-aba untuk mengambil keputusan. Akan tetapi keputusan belum dibuat karena informasi perlu dipelajari terlebih dahulu.