Berikut Alasan Mengapa Menemukan Tujuan Hidup Itu Penting

Berikut Alasan Mengapa Menemukan Tujuan Hidup Itu Penting

Berikut Alasan Mengapa Menemukan Tujuan Hidup Itu Penting – manusia di dunia berbeda-beda. Buka sekadar mencari harta, pasangan, dan meraih cita-cita. Bentuk dari tujuan hidup manusia cukup beragam. Mencari kebahagiaan, meninggalkan warisan, mencintai, membuat perbedaan positif, dan punya banyak pengalaman. Untuk bisa menemukan tujuan hidup, setiap manusia harus paham betul keinginan dalam hati dan pikirannya. Bila sudah berhasil menemukan, pahami cara mencapai tujuan hidup  tersebut.

Mulailah menciptakan lingkungan yang mendukung, bekerja, konsisten, menjaga motivasi, dan mencatat progres yang sudah diusahakan selama ini. Pernah gak kamu memiliki pertanyaan seperti; kenapa sih harus punya tujuan hidup? Kenapa gak menjalani hidup seperti yang kita tahu saja dan mengabaikan yang lainnya? Apa pentingnya tujuan hidup? dan lain sebagainya.

Kalau kata John F. Kennedy, keberanian dan usaha sama sekali gak cukup tanpa tujuan dan arah, gampangnya, untuk setiap hal yang kamu lakukan, butuh tujuan dan destinasi. Sebagai contoh, setelah lulus sekolahkamu pasti akan dihadapkan dengan pilihan idn poker mobile memilih jurusan kuliah. Sesederhana pertanyaan ingin jadi apa kamu nantinya, semuanya berkaitan erat dengan yang namanya tujuan hidup. Semakin dini kamu tahu tujuan hidupmu, semakin cepat kamu menentukan arah untuk mencapainya.

1. Tujuan hidup merupakan starting point dalam melakukan segala sesuatu
5 Alasan Kamu Perlu Temukan Tujuan Hidup Selagi Masih Muda 

Ke mana kamu pergi, apa yang akan atau ingin kamu lakukan, bagaimana dampaknya nanti, semua tergantung dari apa tujuan hidupmu. Pastinya, setiap orang dilahirkan karena sebuah alasan tertentu dan itu yang harus kamu temukan supaya tahu arah hidupmu mau ke mana. Kamu mungkin bisa memiliki sejuta kesibukan setiap harinya, tapi kalau gak punya tujuan yang jelas, kamu bisa jadi sedang melakukan perjalanan yang salah.

Mengutip kata Stephen Covey, kalau tangga tidak bersandar pada dinding yang benar, setiap langkah yang kamu ambil hanya membawamu ke tempat yang salah lebih cepat. Jadi, ketika kamu menemukan tujuan hidupmu lebih cepat, kamu juga bisa mulai melangkah ke sana lebih cepat juga.

2. Dengan punya tujuan yang jelas, kamu jadi tahu apa yang penting dan tidak penting
5 Alasan Kamu Perlu Temukan Tujuan Hidup Selagi Masih Muda 

Alasan lainnya kenapa kamu harus menemukan tujuan hidup selagi masih muda, adalah supaya kamu bisa melihat mana yang penting dan mana yang tidak. Apakah kesibukanmu selama ini membawamu ke tujuan orang lain, atau ke tujuanmu sendiri?

Ibarat kamu sedang menuju suatu tempat menggunakan petunjuk arah. Ketika kamu tahu ke mana harus pergi, otomatis kamu akan menghemat waktu. Sebaliknya, tidak tahu tujuan akan membuatmu tersesat, dan menghabiskan banyak waktu untuk kesia-siaan.

3. Dengan tujuan, kamu bisa menjalani kehidupan dengan lebih berarti
5 Alasan Kamu Perlu Temukan Tujuan Hidup Selagi Masih Muda 

Menjalani hidup yang berarti tentu gak dilihat dari seberapa banyak materi yang berhasil kamu dapatkan, tapi seberapa bahagia kamu dalam menjalaninya. Ketika dirimu sendiri sudah bahagia, kamu bisa menyebar kebaikan ke orang-orang di sekitarmu juga.

Gak perlu yang muluk, lakukan kebaikan untuk sekitar bisa dimulai dari hal kecil di kegiatan sehari-hari. Apalagi di masa sulit sekarang ini, jadi lebih peka dan peduli pada sesama sangat berarti dan dibutuhkan. Bersama dengan Unilever, ayo sebar kebaikan untuk sesama dengan ikut berpartisipasi dalam campaign #EveryUDoesGood, kamu bisa jadi bagian untuk membuat dunia ini sedikit lebih baik.

Bayangkan ketika setiap orang memiliki keinginan untuk berbuat baik pada sesama maupun lingkungan, akan ada dampak besar yang bisa kita rasakan sendiri nantinya!

4. Tujuan bisa membangkitkan motivasi dan semangat yang konstan
5 Alasan Kamu Perlu Temukan Tujuan Hidup Selagi Masih Muda 

Kalau sudah punya tujuan, nantinya kamu akan lebih semangat dan termotivasi untuk segera mencapainya. Dalam perjalanan masa mudamu, akan lebih banyak hal bermanfaat yang kamu lakukan dibanding yang tidak. Gampangnya, ketika kamu bangun di pagi hari, kamu jadi lebih excited untuk memulai aktivitas dan gak akan tergoda untuk kembali tidur.

Pekerjaan yang kamu lakukan juga akan terasa lebih ringan ketika kamu bersemangat. Sebaliknya, ketika kamu merasa tidak suka atau bingung dalam hidup, semua yang kamu lakukan juga akan terasa seperti beban dan memberatkan.

5. Raih kesuksesan versimu sendiri
5 Alasan Kamu Perlu Temukan Tujuan Hidup Selagi Masih Muda 

Dibanding menjadikan kesuksesan sebagai tujuan itu sendiri, akan lebih masuk akal untukmu lebih dulu mengidentifikasi apa yang benar-benar kamu pedulikan, kemudian mengarahkan energimu untuk mewujudkannya.

Karena versi sukses setiap orang itu berbeda, pastikan kamu memilih apa yang paling membuatmu puas dan bahagia, sebelum mengabdikan dirimu di dalamnya. Selama perjalanan mencapainya, jalan yang kamu tempuh dan rencana yang kamu rancang akan lebih mulus, karena kamu tahu arah yang paling tepat.

Ketika kamu memulai menjalani hidup berdasarkan tujuan, semakin kecil kemungkinan kamu akan menyimpang atau melakukan hal yang tidak seharusnya. Kamu juga tidak akan mendaki tangga yang salah, atau bahkan menjalani tujuan hidup orang lain. Jadi lebih bermanfaat buat diri sendiri, sekarang kamu paham kan betapa pentingnya punya tujuan hidup selagi masih muda?

Banyak orang mengabaikan tujuan hidup dan hanya menjalaninya begitu saja. Padahal tujuan hidup sangat penting bagi kelangsungan hidup. Bukan hanya mencari harta, mencari pasangan, dan meraih cita-cita.

Tujuan hidup manusia memiliki esensi lebih dari itu. Salah satu tujuan hidup yang populer adalah menjadi bahagia. Sudah pasti semua manusia ingin merasakan kebahagiaan. Perasaan bahagia itulah yang selama ini membuat manusia mampu bertahan hidup.

Untuk bisa mencapai tujuan hidup seperti bahagia, manusia akan dihadapkan dengan banyak pilihan. Pilihan ini yang mampu menunjukkan jalan manusia menemukan tujuan hidupnya seperti meraih kebahagiaan dalam hidup. Kebahagiaan setiap manusia di dunia berbeda-beda.