Berikut Hal yang harusnya Didengarkan Daripada Omongan Orang

Berikut Hal yang harusnya Didengarkan Daripada Omongan Orang

Berikut Hal yang harusnya Didengarkan Daripada Omongan Orang – Omongan orang mungkin bahaya yang paling sulit untuk ditangkal, sekaligus memiliki dampak yang sangat besar. Akui saja, kadang-kadang kamu ragu melakukan sesuatu karena takut komentar orang lain. Atau di waktu yang lain, kamu bersusah payah menjelaskan kepada orang lain atas apa yang kamu lakukan, hanya karena kamu tidak mau mereka salah menilai.

Menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial yang mengharuskan untuk berdampingan dengan orang lain. Mau tidak mau, hal ini akan membuatmu mendengarkan pandangan yang berbeda dari mereka. Sejatinya perbedaan itu wajar. Namun tak menutup kemungkinan bahwa ada komentar dari mereka mengenai dirimu yang bersifat menjatuhkan.

Pada dasarnya, kondisi demikian akan selalu ada dan kerap kamu alami. Sebab gak semua orang yang hadir di hidup ini diciptakan untuk selalu suka denganmu. Itulah kenapa, omongan orang lain yang gak membangun sudah selayaknya kamu abaikan.

1. Mendengarkan kata hati
5 Hal yang Seharusnya Kamu Dengarkan dalam Hidup, Bukan Omongan Orang

Hati boleh diartikan sebagai sebuah petunjuk dalam mengambil keputusan untuk menentukan arah atau jalan yang seharusnya kamu tempuh. Mendengarkan kata hati akan membawamu pada kehidupan yang lebih bahagia dan punya dampak yang positif. Sebab hal yang datangnya dari hati nurani cenderung benar adanya.

Dalam menjalani hidup ini, jangan hanya mengandalkan pikiran semata yang berdasar pada logika maupun ego. Kamu juga sebaiknya mengindahkan apa yang dikehendaki oleh hati nuranimu.

2. Mendengarkan nasihat yang diutarakan dengan niat baik
5 Hal yang Seharusnya Kamu Dengarkan dalam Hidup, Bukan Omongan Orang

Hargailah setiap nasihat yang datang kepadamu. Sebab sebuah nasihat hadir tentu bukan tanpa alasan, melainkan untuk membuatmu tumbuh jadi sosok yang lebih baik. Sebab pada dasarnya, hal ini akan membawa sebuah pelajaran yang mengarah pada perubahan baik.

Akan menjadi hal yang keliru apabila dalam hidup ini kamu terlalu fokus pada omongan orang lain yang menjatuhkan. Ingat, mereka tak akan bertanggung jawab ketika kamu terjebak dalam kata-kata yang perlahan bisa menghancurkanmu.

3. Mendengarkan kritik yang membangun
5 Hal yang Seharusnya Kamu Dengarkan dalam Hidup, Bukan Omongan Orang

Sejatinya, sebuah kritik bukan untuk membuat seseorang menjadi semakin terpuruk, namun hadirnya kritikan adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki hal-hal yang terjadi sebelumnya. Alih-alih memicu semangat, justru seringnya kritik menjadi jalan untuk menjatuhkan seseorang lantaran keliru dalam menyampaikannya.

Dengan hal ini, sudah semestinya kamu belajar untuk menyaring komentar maupun omongan orang lain. Ambil hal-hal yang bersifat konstruktif serta buang jauh-jauh komentar tajam yang berdalih kritikan.

4. Mendengarkan diri sendiri
5 Hal yang Seharusnya Kamu Dengarkan dalam Hidup, Bukan Omongan Orang

Seringnya kamu hanya fokus pada pandangan orang lain semata, hingga lupa bahwa ada yang perlu didengarkan dari diri sendiri. Meskipun tanpa sadar kamu juga kerap memikirkan hal-hal buruk mengenai diri sendiri, tetapi setidaknya kondisi demikian masih bisa dikontrol karena hal itu di bawah kendalimu.

Apabila kamu mau mengenal isi pikiran dengan baik, maka cobalah untuk berdialog dengan diri sendiri. Berikan ia ruang untuk didengar supaya kamu dapat melatih diri agar pikiran buruk tidak mengambil alih kontrol dirimu.

5. Mendengarkan pendapat yang berlawanan
5 Hal yang Seharusnya Kamu Dengarkan dalam Hidup, Bukan Omongan Orang

Setiap orang pasti memiliki pendapat yang berbeda terhadap suatu hal atau perkara. Sehingga, sudah semestinya kamu menghargai dan menerima hal tersebut dengan cara mendengarkannya. Pasalnya, membuka diri pada perbedaan bisa memberikan perspektif baru dan membuat dirimu semakin berkualitas. Jadi, bedakan antara pendapat dengan omongan orang lain yang sengaja ingin menjatuhkanmu.

Bersikap bodo amat terhadap hal-hal yang seharusnya tidak layak untuk didengarkan sejatinya bukan perkara mudah. Selalu ada momen di mana kita mudah sekali terpengaruh pada bisikan negatif dari orang lain terhadap diri sendiri.

Padahal kalau dipikir-pikir lagi, terkadang omongan orang lain hanya asal saja. Mereka juga tidak benar-benar peduli padamu. Jadi, malah buang-buang waktu kan? Tapi mengabaikan omongan orang memang tidak segampang itu. Meski kamu tahu itu dampaknya buruk untukmu, kadang sulit juga untuk tidak mendengarkan, karena omongan itu memang terdengar. Nah, saat kamu kesulitan, coba ingat kutipan-kutipan ini. Supaya hatimu lebih kuat lagi.

Selalu mengikuti omongan orang tidak akan selalu membuatmu keren dan hebat kok. Pasalnya, yang membuatmu paling menarik adalah kepercayaanmu pada diri sendiri dan kamu bisa jadi apa pun yang kamu inginkan. Terlalu mempedulikan omongan orang hanya akan membuatmu ragu-ragu melangkah. Padahal kalau hidupmuĀ stuck, bukan mereka yang dirugikan