Berikut Hal yang Sebaiknya Gak Dipaksakan Dalam Persahabatan

Berikut Hal yang Sebaiknya Gak Dipaksakan Dalam Persahabatan

Berikut Hal yang Sebaiknya Gak Dipaksakan Dalam Persahabatan – Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi.

Dalam pengertian ini, istilah “persahabatan” menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan,  afeksi dan  perasaan.  Terkadang karena saking dekatnya sama sahabatmu ini, kamu jadi bersikap over protectif kepadanya. Pokoknya mau apa pun juga masalah yang menimpa teman baikmu, kamu akan berada di garda terdepan untuk memberi dukungan serta bantuan secara total.

Harapannya, sih doi bisa melakukan hal serupa juga. Tapi sebaik-baiknya hubungan kalian, nyatanya gak semua hal yang kamu harapkan itu bisa dipaksakan begitu saja. Misalnya dengan lima jenis harapan berikut ini. Memang niatmu baik, tapi bukan berarti sahabatmu mesti nurut begitu saja.

1. Menuntutnya untuk selalu berada di pihakmu
5 Jenis Harapan yang Sebaiknya Tidak Kamu Paksakan dalam Persahabatan

Saat sedang ketiban masalah akibat keteledoranmu sendiri, kamu selalu meminta pembelaan darinya. Sayangnya, sahabatmu gak bisa serta merta berada di pihakmu kalau memang terbukti kamu yang salah. Meskipun lawan yang sedang kamu hadapi tidak dia kenal dengan baik, tapi temanmu ini akan berusaha bersikap netral.

Bukan berarti sebagai teman, dia gak setia kawan, ya. Hanya saja ini justru menjadi bentuk rasa sayangnya ke kamu sebagai sahabatmu sejak kecil di mana dia ingin mengajarkan padamu untuk bersikap lebih dewasa.

Kalau salah ya mengaku salah, bukan malah mencari dukungan begini. Jadi, kamu gak boleh asal memaksa seperti itu lagi, ya!

2. Berharap sahabatmu tidak berteman dekat dengan orang lain
5 Jenis Harapan yang Sebaiknya Tidak Kamu Paksakan dalam Persahabatan

Meskipun kalian sudah berteman sejak duduk di bangku SD sampai sekarang lulus SMA, bukan berarti harus terus ke mana-mana berdua. Ada saatnya kalian punya kehidupan sosial masing-masing. Mungkin nanti ketika mengenyam bangku perkuliahan, kamu bakal bertemu teman-teman baru, begitu pula dengannya.

Perasaan ‘cemburu’ itu pasti ada, apalagi ketika melihat sahabatmu kini lebih sering menghabiskan waktu luang bersama teman-teman barunya. Tapi kamu gak berhak melarang doi untuk berteman dengan siapa pun selain dirimu, dong.

Memang kamu berharap yang jadi teman dekatnya cuma kamu seorang, tapi bukan berarti keinginan itu bisa dipaksakan begitu saja. Nanti temanmu malah jadi kesal dan marah padamu, lho.

3. Mau dia selalu ada di saat kamu membutuhkannya
5 Jenis Harapan yang Sebaiknya Tidak Kamu Paksakan dalam Persahabatan

Dalam kondisi terpuruk kamu selalu ingat padanya dan berharap dia ada di sampingmu saat ini juga supaya temanmu itu bisa memberikan penghiburan dan pundak untuk bersandar. Namun kenyataannya, doi gak selalu bisa hadir di momen-momen yang kamu harapkan tadi. Kebetulan saat itu dia lagi ada urusan penting.

Bukan salahnya, kalau tidak bisa setiap saat ada di dekatmu. Toh, itu pula bukan kewajibannya sebagai sahabat, kok.

Bukan berarti ini menandakan kalau dia gak peduli kepadamu, ya. Hanya saja kamu harus bisa tahu porsi dan jangan menjadikan harapanmu ini sebagai beban baginya.

4. Sebagai sahabat kalian harus selalu sependapat dalam hal apa pun
5 Jenis Harapan yang Sebaiknya Tidak Kamu Paksakan dalam Persahabatan

Bersahabat selama bertahun-tahun dengannya gak menjamin kalian jadi punya pemikiran dan selera yang seragam. Bisa jadi malah terdapat banyak perbedaan di antara kalian. Tapi bukan berarti sebagai best friend kalian termasuk kurang kompak, ya! Justru dengan keberagaman itu, hubungan pertemanan ini jadi makin seru.

Lalu untuk apa kamu masih memaksa doi untuk satu suara denganmu dalam hal apa pun? Berharap kalian selalu kompak memang gak ada salahnya, tapi gak boleh sampai mengatur sudut pandang dan selera orang seenaknya begitu, dong!

Coba kalau kamu yang diminta selalu sependapat dengannya, belum tentu mau, kan?

5. Kamu berharap kalian bisa bersama terus dan tidak pernah terpisahkan
5 Jenis Harapan yang Sebaiknya Tidak Kamu Paksakan dalam Persahabatan

Saking sayangnya sama sahabatmu ini, kamu jadi takut kehilangan dan jauh darinya. Untuk itu kamu berharap kalian gak akan pernah terpisahkan. Kedengarannya sih so sweet, ya! Tapi apa keinginan tersebut gak berlebihan? Secara cepat atau lambat, kalian pasti akan fokus ke kehidupan masing-masing.

Daripada ngotot ingin selalu dekat secara fisik dengannya, lebih baik buat janji bersama untuk tetap keep in touch meskipun nanti kalian harus tinggal berjauhan. Lagi pula sekarang teknologi semakin canggih. Gak perlu khawatir kalau kangen sewaktu-waktu, langsung bisa tatap muka secara virtual melalui smartphone.

Menemukan teman yang cocok dan nyambung hingga bisa dijadikan sahabat karib itu memang susah. Maka wajar bila sudah menemukan orang yang tepat kamu jadi ingin menjaga hubungan ini dengan baik. Tapi sayangnya, lima harapan yang kamu paksakan itu gak termasuk salah satu cara yang tepat.

Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan  satu sama lain, sering kali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai.

Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan sering kali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.