Berikut Lima Makanan dengan Budaya India – Indonesia

Berikut Lima Makanan dengan Budaya India – Indonesia

Berikut Lima Makanan dengan Budaya India – Indonesia – Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Pernah mencicipi martabak kubang? Kuliner kebangaan masyarakat Sumatera Barat ini ternyata merupakan kuliner akulturasi dari tiga negara yaitu Arab, India, dan Indonesia.

Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Martabak hanya salah satu contoh kuliner akulturasi budaya India-Indonesia. Sebab masih ada lima kudapan lainnya yang mesti kamu tahu. Yuk, Dikutip dari laman idn poker ios simak satu per satu!

1. Kue putu 
5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? 

Kue putu adalah jenis makan tradisional nusantara yang berupa kue dengan isian gula jawa, dibalut dengan parutan kelapa, dan tepung beras butiran kasar.

Meski kini mudah dijumpai dengan beragam warna, dahulu putu hanya memiliki dua warna saja yakni putih dan hijau. Warna putih menandai kue putu original. Sedangkan hijau, terdapat tambahan pandan.

2. Kue apam 
5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? 

Apam atau apem (dikenal juga dengan appam di negeri asalnya India) adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus.

Kue berbahan dasar tepung beras dan tape ini tak cuma populer di Indonesia saja. Umumnya negara Asia Selatan seperti Sri Lanka misalnya menjadikan kue apem sebagai kudapan sehari-hari.

3. Roti canai
5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? 

Roti canai adalah sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India, yang banyak ditemukan di Indonesia. Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Singapura dan Malaysia atau di rumah makan Aceh dan Sumatra Barat di Indonesia.

Memiliki ciri khas berbentuk pipih, roti canai terbuat dari tepung terigu. Roti canai biasa dinikmati bersama kari kambing yang memiliki cita rasa gurih dan pedas.

4. Roti tisu 
5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? 

Roti tisu atau prata tisu adalah roti datar manis yang sering dijual di Warung Mamak Malaysia. Roti ini juga dikenal sebagai “roti helikopter”. Roti tisu lebih tipis daripada roti canai versi tradisional, setipis selembar 40-50 cm jaringan berbentuk bulat.

Topping dari roti tisu umumnya bercita rasa manis seperti kucuran saus cokelat, meses, hingga susu kental manis. Terkadang juga ada roti tisu yang disajikan dengan keju atau kari.

5. Samosa 
5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? 

Samosa, samsa atau somsa adalah pastri goreng berbentuk segitiga. Isi berupa kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer.

Meski kini banyak sekali yang menikmati samosa dengan mencolekkannya ke saus cabai, samosa paling nikmat disantap bersama chutney.

Gak cuma enak, lima kudapan akulturasi budaya India-Indonesia tadi juga cukup akrab dengan telinga maupun lidah orang Indonesia. Dari kudapan yang telah disebutkan di atas, adakah yang merupakan kesukaanmu?