Biasanya Orang Baik & Tulus Punya Kelemahan Seperti Berikut

Biasanya Orang Baik & Tulus Punya Kelemahan Seperti Berikut

Biasanya Orang Baik & Tulus Punya Kelemahan Seperti Berikut – Beberapa sifat luhur yang agaknya perlu diajarkan pada anak-anak kita adalah antara lain rendah hati, baik hati, murah hati, dan suka menolong. Rendah hati adalah suatu sikap atau kepribadian dimana seseorang tidak sombong ataupun tinggi hati.

Meskipun anak-anak kita punya keunggulan, kelebihan, dan prestasi tertentu dibandingkan dengan anak-anak yang lainnya terutama yang sebaya maka sebaiknya kita tetap mengajarkan padanya untuk tidak menepuk dada bangga tinggi hati dan sombong. Kita semua dibesarkan dan dididik dengan harapan menjadi orang baik ketika dewasa, sehingga harus selalu melakukan hal yang dianggap benar dan baik hati ke orang lain.

Tapi yang jarang disadari ialah, menjadi orang baik dan tulus justru menimbulkan kelemahan pada pokervit mobile dirinya. Yang mana kelemahan yang dimiliki orang baik jadi membuatnya dimanfaatkan dan kurang dihargai orang. Lalu apa sajakah kelemahan yang dimiliki orang baik dan berhati tulus itu?

1. Gak tegaan sama orang yang kesulitan
5 Kelemahan yang Biasanya Dimiliki Orang Baik dan Berhati Tulus

Kelemahan pertama yang biasanya dimiliki orang baik hati kalah ketidak tegaannya pada orang lain yang mengalami kesulitan. Kalau ada orang yang curhat kesulitan dan kesusahan hidupnya, ia dengan mudah bersimpati bahkan sampai spontan menawarkan bantuan. Di satu sisi kepeduliannya memang baik, tapi di balik itu justru dirinya bisa dengan mudah menjadi sasaran penipuan dengan modus iba.

2. Gak bisa menolak permintaan orang lain padanya meskipun malah merepotkan diri sendiri
5 Kelemahan yang Biasanya Dimiliki Orang Baik dan Berhati Tulus

Orang baik dan berhati tulus biasanya sungkan menolak permintaan orang, dan inilah yang menjadi kelemahannya yang kedua. Karena saking gak bisa nolak permintaan orang dirinya malah capek dan merepotkan diri sendiri. Padahal di lain sisi bisa saja orang di sekitarnya malah memanfaatkannya karena tahu kalau dia tipe orang baik yang gak bisa menolak.

3. Totalitas banget kalau bantu orang, yang malah menbuatnya jadi sering dimanfaatkan
5 Kelemahan yang Biasanya Dimiliki Orang Baik dan Berhati Tulus

Orang baik apalagi yang hatinya benar-benar tulus biasanya totalitas banget kalau membantu orang lain, dan hal ini menjadi titik lemahnya orang baik. Karena saking totalitasnya ia bahkan sampai rela berkorban, dan gak sadar kalau malah sering dimanfaatkan orang. Apalagi kalau setelah dibantu tapi malah mengkritik dan tidak tahu terima kasih, akhirnya malah buang-buang waktu karena kebaikannya kurang dihargai.

4. Mudah tersentuh dengan kebaikan orang lain
5 Kelemahan yang Biasanya Dimiliki Orang Baik dan Berhati Tulus

Kelemahannya yang keempat adalah, orang yang baik dan berhati tulus rata-rata mudah tersentuh dengan kebaikan orang lain. Kalau dia yang berbuat baik terkesan biasa saja, tapi kalau orang lain yang baik padanya ia merasa terharu. Hal ini jadi sering membuatnya salah paham terhadap kebaikan orang dan dianggap gampang baper, karena gak semua orang itu baik karena didasari perasaan lebih, kan.

5. Mudah memaafkan sehingga orang lain jadi bersikap sesuka hati
5 Kelemahan yang Biasanya Dimiliki Orang Baik dan Berhati Tulus

Kelemahan lainnya yang dimiliki orang baik dan berhati tulus ialah, dirinya mudah sekali memaafkan orang lain yang membuat orang jadi kurang menghargainya. Dirinya tulus dalam memaafkan, tapi orang-orang malah bersikap seenaknya karena tahu kalau pasti dimaafkan dengan mudah. Karena gak semua orang tahu caranya menghargai maaf yang diberikan, jadi ada baiknya untuk tahu batasan bahkan dalam memaafkan orang.

Agar anak tidak lengah dan larut dalam keunggulan, kelebihan, dan prestasinya, anak sebaiknya diajari untuk tetap rendah hati dan tetap rajin dan bekerja keras untuk mempertahankan keunggulan, kelebihan, dan prestasi itu.

Sementara itu sifat luhur lainnya yang layak ditanamkan pada anak-anak kita sebagaimana disebut di depan adalah baik hati, murah hati, dan suka menolong.

Jadi orang baik itu memang bagus, tapi kalau terlalu baik apalagi berhati sangat tulus, justru kebaikan tersebut malah bisa menjadi kelemahan seperti yang ada dalam pembahasan tadi.