Deretan Organisasi yang Bisa Memperluas Jaringan & Relasi

Deretan Organisasi yang Bisa Memperluas Jaringan & Relasi

Deretan Organisasi yang Bisa Memperluas Jaringan & Relasi – Organisasi merupakan wadah atau tempat berkumpulnya orang dengan 3 sistematis, terpimpin, terkendali, terencana, rasional dalam memanfaatkan segala  sumber daya baik dengan metode, material, lingkungan dan uang serta sarana dan prasarana, dan lain sebagainya dengan efisien dan efektif untuk bisa mencapai tujuan organisasi.

Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan  manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis). Banyak yang masih bingung perihal apa yang akan ditulis saat membuat CV. Khususnya bagi mereka para fresh graduate yang masih minim akan pengalaman kerja.

Nah, kebingungan itu tak bakal kamu alami jika semasa kuliah juga aktif terlibat di berbagai kegiatan organisasi. Menuliskan pengalaman organisasi menjadi salah satu cara untuk idn poker apk meramaikan dan mempercantik CV kamu. Selain organisasi dalam kampus, kamu juga bisa mencantumkan aktivisme kamu di berbagai program dan komunitas di luar kampus, lho.

1. AIESEC
5 Organisasi Luar Kampus untuk Meningkatkan Skill dan CV Kamu!

AIESEC ini merupakan sebuah organisasi internasional mahasiswa terbesar di dunia. Organisasi non-profit ini bertujuan untuk mengasah kemampuan atau potensi dalam diri dan meningkatkan kualitas kepemimpinan kepada setiap anggotanya.

Organisasi ini sudah tersebar di lebih dari 100 negara dan wilayah, salah satunya Indonesia. AIESEC mulai didirikan di Indonesia pada tahun 1984. Hingga saat ini AIESEC masih sangat diminati oleh kalangan anak muda karena manfaatnya yang sangat berguna bagi perkembangan diri serta jenjang karir.

2. Model United Nation (MUN)
5 Organisasi Luar Kampus untuk Meningkatkan Skill dan CV Kamu!

Model United Nation atau disebut MUN adalah kegiatan yang berupa simulasi sidang PBB. Para peserta “bermain” peran menjadi diplomat atau representasi suatu negara. Topik-topik yang dibahas meliiputi hubungan internasional, diplomasi, dan lain sebagainya.

Bergabung ke dalam konferensi internasional seperti MUN merupakan salah satu pilihan untuk bisa mengingkatkan skill dan potensi diri, antara lain seperti negosiasi, public speaking, menulis, berpikir kritis, dan team work.

3. Youth of Indonesia (YOI)

Organisasi atau komunitas Youth of Indonesia dibentuk oleh Chelsea Islan bersama rekan-rekannya dan diluncurkan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada tahun 2016. Organisasi ini memiliki tujuan untuk membangkitkan semangat rasa nasionalisme dan para pemuda di Indonesia.

Organisasi atau komunitas Youth of Indonesia berfokus pada edukasi, nasionalisme, dan pengembangan diri bagi kalangan pemuda-pemudi di Indonesia.

4. Young Southeast Asian Leaders Initiative Program (YSALI)

Program YSALI diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 sebagai tanda kemitraan Amerika Serikat dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Program ini dibentuk untuk membangun kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan para pemuda-pemudi Asia Tenggara sekaligus untuk mendorong kerja sama lintas batas. Para remaja yang terpilih dapat belajar dari para mentor profesional untuk mencapai tujuan dan pencapaian masa depan yang mereka inginkan.

5. StudentsxCEOs

StudentsxCEOs adalah sebuah organisasi atau wadah guna mempersiapkan para calon pemimpin di masa depan. Di organisasi ini, para pemuda-pemudi bisa belajar dan berbincang langsung dengan orang-orang yang sukses dan berpengalaman di bidangnya. Melalui program ini diharapkan mereka bisa membuka mindset dan memperluas wawasan pengetahuan sehingga siap untuk menjadi pemimpin yang ideal di masa yang akan datang.

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin,  metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.