Enam Cara Baik yang Bisa Orangtua Ajarkan Pada Anak

Enam Cara Baik yang Bisa Orangtua Ajarkan Pada Anak

Enam Cara Baik yang Bisa Orangtua Ajarkan Pada Anak – Kasih sayang atau dikenal juga sebagai (Afeksi istilah psikologi) secara harfiah adalah semacam status kejiwaan yang disebabkan oleh pengaruh eksternal. Memang sudah seharusnya orangtua menyayangi anak. Keterlaluan banget kalau nggak. Namun bagaimana ya, cara yang tepat untuk menyayangi anak?

stilah ini dalam bahasa Inggris sering digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua orang (atau lebih) yang lebih dari sekadar rasa simpati atau persahabatan.

Pastinya demi anak, para orangtua akan memberi yang terbaik untuk mereka. Namun tidak hanya berupa materi, namun bisa berupa afeksi dan beberapa hal berikut ini. Apa saja? Nah, Dirangkum dari dari laman idn poker ios untuk lebih jelasnya, baca saja artikel selengkapnya berikut ini.

1. Keharmonisan orangtua
6 Hal Terbaik yang Bisa Orangtua Berikan pada Anak, Bukti Sayang

Ini mendasar banget untuk kebahagiaan anak. Jika hubungan kita dengan pasangan harmonis, anak pasti tidak kekurangan perhatian.

Dia gak perlu menyaksikan pertengkaran orangtua dan berbagai tindak kekerasan. Orangtua pun dapat kompak dalam mengasuh anak.

Tahu gak sih? Ketidakharmonisan orangtua bahkan bisa membuat anak sangat takut menikah saat ia dewasa, lho. Jangan sampai kita menciptakan trauma untuknya, ya!

2. Perlindungan yang sehat
6 Hal Terbaik yang Bisa Orangtua Berikan pada Anak, Bukti Sayang

Kenapa harus perlindungan yang sehat? Sebab, perlindungan yang berlebihan malah akan buruk bagi anak. Misalnya, kita menjadi sangat membatasi pengalaman anak karena takut ia terluka.

Nanti, dia malah tumbuh dengan wawasan yang kurang dan menjadi penakut. Tugas kita melindunginya cukup pada hal-hal yang amat berbahaya saja. Baik membahayakan secara fisik maupun psikis. Jangan sampai teledor!

3. Pendidikan terbaik
6 Hal Terbaik yang Bisa Orangtua Berikan pada Anak, Bukti Sayang

Inilah sebabnya kita gak boleh nyinyir pada orangtua yang ‘rela’ menyekolahkan anak mahal-mahal. Sebab, ini pun bentuk dari kasih sayang mereka pada anak. Sejauh mereka mampu, kenapa gak, kan?

Namun tentu saja, berbicara pendidikan untuk anak bukan cuma soal pelajaran, ya! Pendidikan karakter dan agama juga gak kalah penting supaya kualitas diri anak maksimal.

4. Memberinya kesempatan menikmati masa kecil
6 Hal Terbaik yang Bisa Orangtua Berikan pada Anak, Bukti Sayang

Memaksa anak untuk secepatnya tumbuh dewasa adalah sebuah kejahatan. Sebab bagaimanapun, baik secara fisik maupun psikis, ia masih anak-anak. Gak bisa disamakan dengan orang dewasa.

Maka, meski kita mengajarkannya agar mau membantu orangtua, jangan rampas haknya untuk bermain. Apalagi kita sebagai orangtua sengaja menaruh berbagai tanggung jawab orang dewasa ke bahunya. Memalukan!

5. Jika harus menjadi orangtua tunggal, pastikan tetap bisa diandalkan oleh anak
6 Hal Terbaik yang Bisa Orangtua Berikan pada Anak, Bukti Sayang

Jalan hidup siapa yang tahu? Kadang-kadang kita terpaksa membesarkan anak seorang diri. Ini tidak ideal, tetapi bukan yang terburuk dan sama sekali gak bisa diatasi.

Sekalipun dibesarkan oleh ayah atau ibu saja, anak akan merasa cukup nyaman asal ia tetap diperlakukan dengan baik. Jangan menjadikannya pelampiasan kekesalan dan penuhilah kebutuhan-kebutuhannya.

PR tambahannya yaitu menjelaskan pada anak kalau-kalau ada teman yang mengolok-oloknya atau bertanya mengapa ia tidak memiliki orangtua yang lengkap. Sejauh dijelaskan dengan baik, anak akan belajar untuk mengerti dan menerima kondisinya.

6. Sebanyak mungkin doa untuk masa depannya
6 Hal Terbaik yang Bisa Orangtua Berikan pada Anak, Bukti Sayang

Sekeras apa pun kita berusaha, melindungi anak dari berbagai kemungkinan bahaya seperti dalam poin 2, kita tetap gak bisa selalu ada di sisinya. Maka, wajib untuk kita selalu mendoakan anak.

Agar ia selalu diberi kesehatan, keselamatan, rezeki yang baik, dan bimbingan agar tidak melakukan kekhilafan. Jangan malah mengharapkan yang buruk-buruk menimpa anak sekalipun kita lagi kesal, ya!

Sebagai orangtua, kita gak perlu terlalu khawatir kelak anak akan membalas atau melupakan begitu-begitu saja semua yang telah kita berikan untuknya. Sebab itu sudah menjadi kewajiban kita.