Hal-hal yang Ternyata Bikin Waktu Kamu Hilang Begitu Saja

Hal-hal yang Ternyata Bikin Waktu Kamu Hilang Begitu Saja

Hal-hal yang Ternyata Bikin Waktu Kamu Hilang Begitu Saja – Waktu atau masa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Pernah gak sih kamu ngerasa waktu cepat berlalu? Padahal kamu belum melakukan sesuatu yang berarti, namun waktu hilang gitu aja. 

Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. Atau kamu memiliki banyak rencana-rencana, namun belum juga terealisasikan. Sebenarnya, waktu terasa hilang begitu saja karena kamu gak memiliki manajemen waktu yang baik. Kamu terlalu santai menjalani waktu 24 jam dalam sehari.

Atau malah sebaliknya, melakukan banyak kegiatan dalam sekali waktu, hingga malah gak fokus. Lalu apa saja sih hal-hal yang ternyata bikin waktu kamu hilang begitu saja? Simak daftarnya berikut, ya!

1. Gak punya rencana yang jelas dalam hidup
5 Hal yang Bikin Waktu Hilang Begitu Saja, Sering Bikin Gak Sadar

Gak memiliki rencana yang jelas dalam hidup bisa jadi penyebab pertama waktu kamu hilang begitu saja. Ibaratnya, kamu berada di persimpangan jalan, namun gak tau mau lewat jalur mana. Akhirnya kamu akan kebingungan.

Sebaliknya, jika kamu memiliki rencana hidup yang jelas, maka jalan yang kamu lewati akan lebih terarah. Contoh sederhananya, kamu memiliki rencana besok mau memasak apa. Dengan rencana seperti ini, kamu akan lebih mudah menyiapkan bahan-bahan memasak yang dibutuhkan sejak dini.

Ingat, memiliki rencana hidup meskipun sekecil apapun itu, akan membuat kamu terpacu untuk melakukan sesuatu yang lebih menantang. Karena sejatinya hidup itu seperti potongan puzzle. Kamu perlu menyusun potongan-potongan kecil agar nantinya tersusun gambar yang besar atau utuh yang menawan.

 2. Mengerjakan tugas banyak dalam satu waktu
5 Hal yang Bikin Waktu Hilang Begitu Saja, Sering Bikin Gak Sadar

Apakah kamu suka mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu? Jika iya, kebiasaan ini perlu kamu hindari. Meskipun tujuan kamu baik, ini juga juga bisa membuat waktumu hilang begitu saja. Karena meskipun terlihat produktif, multitasking malah bisa memperlambat pekerjaanmu.

Misalnya kamu mengerjakan tugas A dan B secara bersamaan. Otomatis fokus kamu akan terbagi untuk mengerjakan kedua tugas tersebut. Bukanya cepat selesai, kamu malah repot atau kurang maksimal menyelesaikan tugas tersebut.

Daripada melakukan multitasking, menyelesaikan tugas kamu satu per satu jauh lebih baik. Ini akan membuat kamu tetap fokus, terhindar dari stres, atau bahkan terhindar dari distraksi hal-hal tertentu.

3. Terbiasa menunda-nunda pekerjaan
5 Hal yang Bikin Waktu Hilang Begitu Saja, Sering Bikin Gak Sadar

Selain multitasking, sering menunda-nunda pekerjaan juga bisa membuat waktu kamu hilang begitu aja, lho. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat kamu terjebak pada zona nyaman. Yang akhirnya kamu malah akan keteteran ketika waktu deadline tiba.

Meskipun kelihatan sepele, kebiasaan menunda-nunda ini harus segera kamu hindari. Karena selain menurunkan produtivitas, ini juga bisa jadi kebiasaan. Kamu akan mudah mengentengkan sesuatu, yang akhirnya pekerjaanmu jadi menumpuk.

Untuk menghindari kebiasaan menunda-nunda, kamu bisa kok membuat to-do list setiap sebelum tidur. Tulis apa saja rencana kamu untuk besok, hal apa saja yang harus kamu selesaikan, dsb. Ini akan membantu kamu lebih disiplin memanfaatkan waktu.

4. Suka scrolling sosial media tanpa tujuan
5 Hal yang Bikin Waktu Hilang Begitu Saja, Sering Bikin Gak Sadar

Pernah gak sih kamu seharian scroll media sosial tanpa tujuan yang jelas? Entah hanya iseng untuk menghilangkan kebosanan atau sekadar melihat-lihat postingan orang lain. Hati-hati lho, berlebihan menggunakan media sosial justru bisa membuat waktumu hilang begitu saja.

Karena biarpun menyenangkan, lama-kelamaan kamu akan kehilangan waktu untuk belajar hal baru, survive, atau bahkan malas melakukan suatu aktivitas tertentu. Yang akhirnya setelah sadar, kamu akan menyesal. Lagipula, waktu juga gak bisa terulang kembali bukan?

Agar waktumu gak terbuang percuma, manfaatkan media sosial itu untuk hal-hal yang positif, ya. Mungkin untuk mencari informasi yang bermanfaat, berbagi informasi untuk orang lain, atau untuk menjalankan bisnis. Ini akan membantu kamu menjadi pribadi yang selalu bertumbuh.

5. Gak bisa mengatur skala prioritas
5 Hal yang Bikin Waktu Hilang Begitu Saja, Sering Bikin Gak Sadar

Gak bisa mengatur skala prioritas, ini juga bisa membuat waktu berharga kamu hilang begitu saja. Kamu akan kesulitan menentukan urgensi kebutuhan atau pekerjaan yang harus didahulukan. Sehingga nantinya, kamu juga kerepotan untuk menyelesaikan berbagi masalah.

Untuk menghindari hal tersebut, menentukan skala prioritas pribadi sangat penting. Ini akan membantu kamu untuk lebih tepat dalam mengambil keputusan. Sehingga, semua tugas atau permasalahan kamu dapat terselesaikan dengan baik.