Hal Inilah yang Membuat Seseorang Gemar Menciptakan Sensasi

Hal Inilah yang Membuat Seseorang Gemar Menciptakan Sensasi

Hal Inilah yang Membuat Seseorang Gemar Menciptakan Sensasi – Sensasi adalah deteksi energi fisik yang dihasilkan atau dipantulkan oleh objek-objek fisik yang terjadi ketika energi dalam lingkungan eksternal atau dalam tubuh merangsang reseptor dalam organ-organ indra. Sensasi meliputi penglihatan,  bunyi, bau, rasa, dan sentuhan.

Sensasi merupakan salah satu dari tiga komponen utama kesadaran menurut psikologi strukturalis, selain citra  dan  afeksi. Kamu sendiri termasuk yang mana, gampang larut dalam berita aksi sensasional seseorang atau justru malas banget untuk sekadar membaca apalagi mengomentarinya?

Buat kamu yang masih suka ikut heboh setiap ada berita aksi sensasional, kamu gak salah juga kok. Apa pun sensasi yang dibuat seseorang memang pasti akan menyedot perhatian idn poker mobile khalayak. Makin aneh-aneh aksinya, maka makin ramai juga diperbincangkan. Namun, pernahkah kamu memikirkan sebab-sebab di balik aksi-aksi mencari sensasi seperti itu?

1. Ingin mendulang popularitas dalam waktu singkat
5 Hal yang Bisa Mendorong Orang Bikin Sensasi, Hobi Bikin Gempar

Terutama di zaman sekarang, tak sedikit orang menganggap popularitas amatlah penting. Konon, dengan menjadi orang yang populer, maka banyak keuntungan yang akan diperoleh. Tak terkecuali untuk meningkatkan pendapatan.

Tentu saja, mencari popularitas tak harus dengan menciptakan sensasi. Ada cara lain yang lebih nyata dan positif seperti berkarya. Akan tetapi, proses mendapatkan popularitas dengan berkarya biasanya memang gak mudah. Butuh waktu lama dan orang yang gak sabar akan tergoda mencari jalan pintas dengan membuat aneka sensasi.

2. Gak berniat bikin sensasi, cuma hilang kendali saat stres berat
5 Hal yang Bisa Mendorong Orang Bikin Sensasi, Hobi Bikin Gempar

Jika dalam poin pertama seseorang memang sengaja membuat sensasi, kali ini justru sebaliknya. Orang malah bisa sama sekali gak sadar dirinya telah menimbulkan kegemparan melalui tindakannya.

Sebab saat itu, pikiran dan perasaannya tengah begitu kacau disebabkan oleh tekanan dari berbagai masalah yang menghampirinya. Dia tidak mampu berpikir dengan jernih dan terlalu memperturutkan dorongan hati saja.

Biasanya, orang yang menciptakan sensasi karena stres berat begini akan menyesal setelah menyadarinya. Dia merasa amat malu atas sensasi yang telah ditimbulkannya.

3. Sudah lama haus akan perhatian orang lain
5 Hal yang Bisa Mendorong Orang Bikin Sensasi, Hobi Bikin Gempar

Tak jarang, kegemaran seseorang membuat sensasi memang bikin kita kesal, ya? Seperti gak ada hal lain yang lebih bermanfaat yang dapat dikerjakan saja.

Akan tetapi, ada baiknya kita juga mampu berempati padanya. Siapa tahu dia gemar menciptakan sensasi karena sebenarnya haus akan perhatian orang lain dan selalu merasa kesepian.

Bila ditelusuri lebih jauh, mungkin saja sumbernya ialah kurangnya perhatian dari keluarga, terutama orangtua. Semua aksi sensasionalnya seperti dijadikan kompensasi atas kasih sayang keluarga yang tak pernah ia dapatkan.

4. Untuk mengalihkan isu
5 Hal yang Bisa Mendorong Orang Bikin Sensasi, Hobi Bikin Gempar

Seseorang bisa saja menciptakan sensasi atas dorongan dari hatinya sendiri. Namun, bukan tidak mungkin dia hanyalah orang suruhan. Artinya, ada pihak lain yang berkepentingan atas terciptanya sensasi itu. Misalnya, dia ingin mengalihkan perhatian orang banyak dari isu negatif yang menerpanya.

Harapannya, dengan munculnya sensasi seperti itu, orang-orang akan melupakan “kasus utama” yang sebenarnya lebih penting untuk diikuti. Kalaupun tidak untuk selamanya, paling tidak untuk sementara waktu agar dia dapat menyusun strategi untuk menghadapi masalah tersebut dengan lebih well prepared.

5. Waspadai potensi memecah belah masyarakat
5 Hal yang Bisa Mendorong Orang Bikin Sensasi, Hobi Bikin Gempar

Barangkali, kewaspadaan ini dirasa berlebihan. Tapi jangan salah, beberapa aksi sensasional mungkin saja memang disengaja untuk menggiring opini dan menciptakan perdebatan panas di ruang publik.

Jika sudah begitu, kita semua yang larut oleh berita penuh sensasi rentan menjadi target polarisasi yang dilakukan. Apalagi jika sensasinya terkait hal-hal yang sensitif seperti masalah SARA dan politik.

Mengingat adanya kemungkinan ini, kita perlu belajar tetap tenang saat muncul pemberitaan terkait berbagai sensasi menghebohkan yang dilakukan oleh siapa pun.

Tentu tak jarang kita mendengar kata sensasi keluar dari mulut orang-orang, atau bahkan membacanya pada media-media cetak atau non cetak, bahkan dalam iklan yang ada di televisi. Sebenarnya apasih sensasi itu ?. Sensasi menurut KBBI ialah –; 1 yang membuat perasaan terharu; yang merangsang emosi–; 2 yang merusuhkan (menggemparkan); kegemparan; keonaran.

Kalau memang tidak bersinggungan langsung dengan hidup kita, gak ada salahnya untuk mengabaikan sensasi-sensasi heboh tersebut. Sikap tenang dan cuek kita akan menjadi pukulan telak bagi mereka yang suka menciptakan sensasi. Emang enak dicuekin?