Hal yang Wajib kamu Tahu Sebelum Mengikuti Organisasi Kampus

Hal yang Wajib kamu Tahu Sebelum Mengikuti Organisasi Kampus

Hal yang Wajib kamu Tahu Sebelum Mengikuti Organisasi Kampus – Organisasi mahasiswa adalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan ko dan ekstra kurikuler. Masa kuliah merupakan waktu yang tepat untuk mencari jati diri.

Organisasi ini dapat berupa organisasi kemahasiswaan intra kampus, organisasi kemahasiswaan antar kampus, organisasi ekstra kampus maupun semacam ikatan mahasiswa kedaerahan yang pada umumnya beranggotakan lintas atau antar kampus. Entah mengikuti lomba atau gabung organisasi, kamu berhak memilih apapun yang cocok denganmu. Jika ingin gabung organisasi, kamu harus paham konsekuensi-konsekuensi yang akan didapat nantinya.

Namun kegiatan di dalam organisasi itu tentunya sejalan dengan usaha pengembangan dirimu, kok! Jadi, Dirangkum dari laman idn poker ios kamu gak perlu takut mencobanya karena segala sesuatu pasti ada pengorbanannya. Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mengikuti organisasi kampus. Simak baik-baik!

1. Kamu pasti akan mendapatkan banyak relasi
5 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Mengikuti Organisasi di Kampus

Hal pertama yang pasti didapat jika masuk organisasi kampus adalah kamu akan mendapatkan banyak relasi. Rekan-rekan organisasimu pasti memiliki latar belaang yang berbeda sehingga kamu bisa bertukar pikiran di sana. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan kawan baik di perkuliahan, lho! Apakah hal tersebut membuatmu tertarik?

2. Kamu diharuskan untuk bisa belajar memanajemen waktu dengan baik
5 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Mengikuti Organisasi di Kampus

Dalam sebuah organisasi, setiap anggota dituntut untuk bisa melakukan tugasnya dengan waktu yang relatif terbatas dan dadakan. Hal tersebut memang biasa terjadi dan dapat dijadikan metode untuk belajar memanajemen waktu, lho, guys!

Jika biasanya kamu kesusahan dalam mengatur waktu, kamu bisa banget belajar dalam sebuah organisasi. Lagipula kemampuan semacam itu akan sangat membantumu di kehidupan pasca kuliah nanti, kokYuk, gabung organisasi mumpung masih memasuki tahun-tahun awal masa kuliah.

3. Terkadang kamu juga harus menyiapkan uang untuk keperluan organisasi
5 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Mengikuti Organisasi di Kampus

Tidak hanya tentang menambah relasi, kamu juga perlu keluar uang jika ingin gabung dalam sebuah organisasi. Bukan pungutan liar, namun hal tersebut biasanya digunakan ketika kamu ada event. Biasanya sebuah organisasi itu akan mengadakan event yang dibiayai kampus dan independen.

Meskipun kelihatannya cukup kurang baik bagi kondisi keuangan, tetapi anggap saja hal tersebut sebagai sebuah investasi. Suatu saat nanti kamu pasti akan terhadap organisasi-organisasi yang membuatmu menjadi manusia berkualitas. Dengan adanya hal tersebut, semua pengorbananmu pasti akan terbayarkan.

4. Kamu akan belajar mengenai bagaimana cara bekerjasama dalam tim
5 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Mengikuti Organisasi di Kampus

Di dalam dunia kerja, kemampuan bekerja sama dalam tim merupakan sebuah hal yang sangat vital. Hal itu terjadi karena kamu akan menghadapi banyak orang untuk menyelesaikan suatu proyek.

Bisa dikatakan bahwa organisasi kampus merupakan salah satu miniatur kantor dalam dunia kerja nanti. Kamu akan belajar banyak hal terkait teamwork sehingga nanti tidak kaget jika menghadapi orang-orang dair berbagai latar belakang.

5. Kamu perlu menetapkan batasan agar tanggung jawabmu saat kuliah tidak tergadaikan
5 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Mengikuti Organisasi di Kampus

Sebelumnya telah disebutkan bahwa dalam sebuah organisasi, kamu pasti akan belajar bagaimana cara memanajemen waktu. Jika memutuskan untuk mengikuti organisasi, kamu juga harus menetapkan batasan diri agar tidak mengorbankan waktu kuliah.

Ingatlah bahwa tujuan utamamu mengenyam pendidikan di kampus adalah untuk belajar. Jangan korbankan waktumu untuk berorganisasi secara berlebihan karena hal tersebut sama saja melenceng dari tanggung jawabmu.