Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Tegas Terhadap Diri Sendiri

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Tegas Terhadap Diri Sendiri

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Tegas Terhadap Diri SendiriKetegasan diri atau disebut juga sikap assertive adalah perasaan dan pikiran yang diungkapkan seseorang secara langsung melalui ekspresi verbal yang jujur dan merupakan proses penegakan hak diri sendiri. Apakah kamu tipikal orang yang memiliki pola hidup santai? Ketika ada tanggungan lain, kamu lebih memilih bersantai dulu dan mendahulukan kegiatan lain yang relatif tidak penting.

Ketegasan menjadi salah satu pertimbangan yang akan diperhatikan perusahaan saat mereka merekrut karyawan yang berpotensi untuk menjadi pemimpin di masa depan. Sikap santai dan tidak terburu-buru itu memang bagus, lho, kamu tidak akan menjadi individu yang mudah tertekan.

Tapi bagaimanapun juga sifat santai yang berlebihan justru tidak baik. Ada kalanya kamu harus santai dan ada kalanya kamu harus tegas pada diri sendiri. Yuk! Simak lima alasan berikut mengapa kamu harus memiliki ketegasan terhadap diri sendiri.

1. Hidup penuh tantangan
5 Alasan Mengapa Harus Tegas pada  Diri Sendiri, Jangan Lembek!  

Hidup memang penuh lika-liku. Ada kalanya kamu bisa menghadapi suatu masalah dengan santai dan adakalanya kamu dituntut menyelesaikan suatu masalah dengan cepat. Kamu harus bisa menempatkan diri dengan baik dalam setiap situasi.

Hidup juga penuh arus dan tantangan. Ketika mampu bersikap tegas pada diri sendiri, kamu tidak akan mudah terombang-ambing dan terbawa arus lingkungan. Kamu menjadi individu yang berprinsip kuat dan tahan banting dalam setiap keadaan.

2. Terlalu santai menjadikanmu tertinggal dengan yang lain
5 Alasan Mengapa Harus Tegas pada  Diri Sendiri, Jangan Lembek!  

Hidup memang penuh persaingan. Setiap orang berusaha menjadikan dirinya sebagai yang terbaik. Mereka akan bekerja keras untuk meraih apa yang diinginkannya. Banyak inovasi dan kreativitas-kreativitas baru yang menjadikan segala bidang semakin kompetitif.

Ketika kamu terlalu santai dan tidak memiliki ketegasan dengan diri sendiri, kamu akan menjadi individu yang lamban dan tidak mampu mengikuti perubahan. Pada akhirnya kamu akan tertinggal dengan yang lain dan susah beradaptasi.

3. Disiplin itu perlu
5 Alasan Mengapa Harus Tegas pada  Diri Sendiri, Jangan Lembek!  

Meskipun sering didengar, nyatanya sikap disiplin masih sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal sikap disiplin yang tebentuk dalam diri memiliki pengaruh besar lho dalam meraih keberhasilan hidup.

Dengan memiliki ketegasan pada diri sendiri, maka kamu akan menjadi sosok yang lebih teratur dan disiplin. kamu dapat memanajemen waktu dan segala kegiatanmu dengan baik. Kamu sudah biasa mengatur dirimu sendiri dalam segala situasi sehingga membentuk karakter yang positif dan berprinsip kuat.

4. Kamu tidak mudah tertekan oleh lingkungan
5 Alasan Mengapa Harus Tegas pada  Diri Sendiri, Jangan Lembek!  

Lingkungan memang membawa pengaruh besar dalam segala aspek kehidupan. Adakalanya lingkungan menjadi suatu tempat yang dapat memberimu kenyamanan dan adakalanya ia justru menjadi tempat yang membuatmu merasa tertekan.

Ketika kamu terbiasa tegas pada diri sendiri, maka kamu tumbuh menjadi individu yang tangguh dimanapun berada. Kamu menjadi sosok yang tahan banting dan tidak mudah tertekan oleh lingkungan. Kamu tidak lagi ragu dan tidak lagi merasa takut meskipun berada di luar zona nyaman.

5. Kamu menjadi individu yang tidak mudah terpuruk
5 Alasan Mengapa Harus Tegas pada  Diri Sendiri, Jangan Lembek!  

Keterpurukan merupakan suatu kondisi yang dapat dialami oleh siapapun. Adakalanya apa yang kamu rancang dapat berjalan sesuai yang diharapkan, dan adakalanya tidak sesuai ekspektasi. Ketika lembek pada dirimu sendiri, maka saat mengalami kegagalan kamu menjadi tidak berdaya dan susah untuk bangkit lagi.

Terbiasa tegas pada diri sendiri menjadikanmu sosok yang kuat dan mandiri. Ketika mengalami kegagalan kamu tidak akan bersedih dan larut dengan kekecewaan tersebut, sebaliknya kamu akan bangkit dan belajar dari kegagalan tersebut untuk meraih pencapaian yang lebih baik.

Terbiasa tegas dengan diri sendiri akan menjadikanmu sebagai sosok berprinsip kuat dan tahan banting di segala situasi. Yuk, berubah mulai sekarang, jangan lembek pada diri sendiri!