Inilah Cara Kamu Menghadapi Ketidakpastian Di Masa Susah

Inilah Cara Kamu Menghadapi Ketidakpastian Di Masa Susah

Inilah Cara Kamu Menghadapi Ketidakpastian Di Masa Susah – COVID-19 terus mendominasi berita utama surat kabar, televisi, maupun media sosial lainnya. Banyak dari kita harus menghadapi perubahan yang belum pernah kita alami sebelumnya, sehingga perasaan tertekan, cemas, marah, dan panik sering tiba-tiba muncul. Ketidakpastian adalah bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan manusia.

Ketidakpastian adalah sebutan yang digunakan dengan berbagai cara di sejumlah bidang, termasuk filosofi, fisika, statistika, ekonomika, keuangan, asuransi, psikologi, sosiologi, teknik, dan ilmu pengetahuan informasi. Ketidakpastian seakan menghantui setiap hari, mulai dari aspek ekonomi, kesehatan, hingga kondisi mental. Berbagai rencana yang telah dipersiapkan pun terpaksa harus diubah atau bahkan direlakan sepenuhnya.

Karena COVID-19 tidak dapat dihapuskan dalam waktu singkat, kita harus belajar untuk menghadapi ketidakpastian itu. Beberapa orang mungkin menganggap ketidakpastian sebagai sebuah tantangan, namun tidak sedikit yang menganggap ketidakpastian ini menyebabkan kecemasan dan stres berkepanjangan. Karena sebagai manusia, kita selalu mendambakan rasa aman dan kepastian dalam segala hal. Yuk, Dirangkum dari idn poker ios simak tips berikut untuk mengatasinya!

1. Buat catatan harian tentang pikiran dan ketakutanmu
5 Tips Menghadapi Ketidakpastian di Masa Sulit 

Langkah pertama untuk mengendalikan perasaan saat mengalami ketidakpastian adalah mengenali dan mengakui perasaan tersebut. Cobalah bertanya pada diri sendiri tentang apa yang kita khawatirkan dan apa yang membuat kita merasa resah. Kemudian catat di buku harian. Ingatkan diri untuk mempertanyakan pemikiran seperti itu dengan melihat dari sudut lain.

2. Belajar melihat sisi baik dan bersyukur
5 Tips Menghadapi Ketidakpastian di Masa Sulit 

Memang sulit untuk tetap berfikir positif dan mengambil hikmah dari suatu peristiwa. Kita akan berkata bahwa kita tidak mampu memandang sisi baik kehidupan ini, apalagi bersyukur. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rasa syukur memiliki pertalian dengan hal-hal positif, contohnya kebahagiaan yang semakin besar.

Ingat! Bukan kebahagiaan yang membuat kita bersyukur, tapi rasa syukurlah yang membuat kita bahagia.

3. Prioritaskan merawat diri
5 Tips Menghadapi Ketidakpastian di Masa Sulit 

Di situasi yang sudah sulit seperti ini, don’t be so hard on yourself!  Daripada marah dan membenci diri sendiri, cobalah untuk menerima keadaan. Bersedih dengan normal, memotivasi diri, dan bangkit kembali.

Fokuslah pada apa yang bisa dilakukan saat ini. Jangan lupa untuk beristirahat dan tenangkan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Lakukan hal-hal yang membuat diri kita senang. Contohnya sesederhana membeli makanan favorit atau melakukan hobi.

4. Fokus pada hal-hal yang bisa dikendalikan
5 Tips Menghadapi Ketidakpastian di Masa Sulit 

Ada beberapa hal dalam hidup yang sepenuhnya bisa kita kendalikan dan tidak. Ketidakpastian adalah salah satu hal yang sebenarnya tidak bisa kita kendalikan sebagai manusia. Daripada menghabiskan waktu dan energi untuk memikirkan hal yang di luar kendali, cobalah untuk lebih fokus pada hal-hal yang dapat dikendalikan. Seperti perasaan, perilaku, sikap, dan pikiran kita.

Dengan memfokuskan pikiran dan tindakan kita pada hal-hal yang dapat dikendalikan, secara perlahan rasa cemas dan khawatir akan hilang dan digantikan oleh pemecahan masalah. Kita tentu tidak akan bisa meredakan badai, tapi yang bisa kita lakukan adalah menenangkan diri. Percayalah, badai pasti berlalu.

5. Bayangkan masa depan yang lebih baik 
5 Tips Menghadapi Ketidakpastian di Masa Sulit 

Ketidakpastian sebenarnya akan selalu ada dalam kehidupan ini. Entah disituasi apapun, ketidakpastian adalah hal yang tak dapat dihindarkan. Maka, yang bisa kita lakukan adalah tidak menyangkal atau menolak, melainkan menerima ketidakpastian tersebut.

Membiarkan pikiran berlarut-larut memikirkan ketidakpastian hanya akan membuat kita menjadi cemas, stres, dan mengakibatkan depresi. Cobalah bayangkan masa depan yang lebih baik. Kita juga bisa melakukan mindfulness, yaitu melatih pikiran dan sikap agar fokus pada perasaan yang dirasakan saat ini. Rutin melakukan mindfulness dapat membantu kita mengurangi rasa cemas dan stres, serta memperbaiki mood.