Inilah Deretan Organisasi yang memusuhi dan Menentang Israel

Inilah Deretan Organisasi yang memusuhi dan Menentang Israel

Inilah Deretan Organisasi yang memusuhi dan Menentang Israel – Organisasi  merupakan wadah atau tempat berkumpulnya orang dengan 3 sistematis, terpimpin, terkendali, terencana, rasional dalam memanfaatkan segala sumber daya baik dengan metode, material, lingkungan dan uang serta sarana dan prasarana, dan lain sebagainya dengan efisien dan efektif untuk bisa mencapai tujuan organisasi.

Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan  manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis). Hubungan Israel-Palestina kembali menarik perhatian sejak bulan lalu, ketika ketegangan mereka meningkat hingga menimbulkan konfrontasi senjata yang memakan korban jiwa.

Namun, konflik Israel dan Palestina sebenarnya bukan cerita baru, melainkan sudah ada selama beberapa dekade. Menurut BBC, masalah pemicu buruknya hubungan Israel dan Palestina telah ada sejak sekitar 100 tahun lalu. Dimulai ketika Inggris menguasai wilayah Poker Deposit 10000 yang dikenal sebagai Palestina setelah mengalahkan penguasa wilayah Timur Tengah itu, Kekaisaran Ottoman, dalam Perang Dunia I.

1. Hamas
9 Organisasi Musuh Israel, dari Hamas hingga Houthi

Hamas merupakan singkatan dari Harakat al-Maqawana al-Islamiya yang berarti Gerakan Perlawanan Islam. Hamas juga dikenal dengan nama lain, seperti At-Tiar Al-Islami (The Islamic Stream) atau Al-Athja Al-Islami (The Islamic Trend).

Dilansir BBC, Hamas lahir pada 1987 sejak dimulainya Intifada Pertama–gerakan serangan jihad atau perlawanan terhadap Israel. Tujuan utama Hamas adalah memerdekakan Palestina dengan menghancurkan serta mencegah berdirinya negara Yahudi, Israel.

Popularitas Hamas meningkat pesat karena menyediakan bantuan-bantuan sosial kepada warga Palestina. Hamas pertama kali mendeklarasikan diri sebagai partai politik pada 2005, dan memenangkan pemilu setahun setelahnya, dengan mengalahkan Fatah yang sudah dipimpin Mahmoud Abbas.

2. Fatah
9 Organisasi Musuh Israel, dari Hamas hingga Houthi

Dibentuk pada akhir 1950-an oleh diaspora Palestina di Kuwait. Fatah adalah kependekan dari Harakat al-Tahrir al-Filistiniya atau Gerakan Nasional Pembebasan Palestina. Fatah sendiri dalam Bahasa Arab berarti menaklukkan.

Awalnya, Fatah berambisi mendirikan negara Palestina menggunakan senjata melawan Israel. Sayap militer utamanya adalah Al-Asifah atau Sang Badai. Selain berada di Jalur Gaza dan Tepi Barat, Al-Asifah juga memiliki basis di sejumlah negara Arab.

Salah satu tokoh populer Fatah adalah Yasser Arafat. Ia menjadikan Fatah sebagai partai politik dominan di Palestina. Setelah bertahun-tahun menggunakan kekerasan, Fatah akhirnya bersedia menempuh jalur diplomatik dan bernegosiasi dengan Israel.

3. Palestinian Liberation Organization (PLO)
9 Organisasi Musuh Israel, dari Hamas hingga Houthi

PLO atau Organisasi Pembebasan Palestina adalah sebuah badan perwakilan warga Palestina yang menjalankan pemerintahan yang disebut Palestinian National Authority atau Otoritas Palestina (PA). PLO dibentuk Liga Arab pada 1964 untuk merespons tren radikalisme militan melawan Israel.

Sejak awal berdiri, lembaga yang terdiri dari partai politik, mahasiswa, hingga buruh ini dikuasai Fatah. Kekuasaan mereka di Palestina akhirnya menurun setelah Hamas, yang bukan anggota PLO, memenangkan pemilu 2006 dan memerintah di Jalur Gaza. Sikap politik PLO pun secara umum mengikuti posisi yang diambil Fatah.

4. Black September

Black September Organisation - A PLO's breakaway Faction - YouTube

September Hitam (Black September) yang juga disebut Organisasi September Hitam (BSO), adalah faksi militan yang memisahkan diri dari organisasi Palestina Fatah. Kelompok yang dalam bahasa Arab disebut Aylūl al-Aswad ini didirikan pada 1971 untuk mengupayakan pembalasan atas militer Yordania, dan untuk membunuh Raja Hussein dari Yordania, setelah mereka secara paksa menghadapi PLO dalam upaya untuk merebut kekuasaan dari raja pada September 1970.

Menurut Britannica, nama Black September dipilih untuk memperingati bentrokan kekerasan Hashemite-Palestina, di mana ribuan orang Palestina terbunuh atau diusir dan PLO diusir dari Yordania. Sebelum pembubaran pada 1974, faksi tersebut juga berpartisipasi dalam serangan terhadap sasaran Israel dan Barat di seluruh dunia, terutama pembantaian anggota tim Olimpiade Israel pada Olimpiade Musim Panas 1972 di Munich.

5. Brigade Martir Al-Aqsa
9 Organisasi Musuh Israel, dari Hamas hingga Houthi

Brigade Martir Al-Aqsa adalah koalisi milisi Tepi Barat Palestina yang menjadi semakin ganas selama periode intifadah Al-Aqsa di awal 2000-an. Tidak seperti Hamas dan kelompok Islamis Palestina militan lainnya, ideologi brigade didasarkan pada nasionalisme Palestina sekuler dan bukannya fundamentalisme Muslim.

Nama kelompok ini mengacu pada Masjid Al-Aqsa, yang terletak di Yerusalem, tempat suci yang dikenal sebagai Al-Haram al-Sharif oleh umat Islam dan sebagai Bukit Bait Suci oleh orang Yahudi. Brigade Martir Al-Aqsa dibentuk di kamp pengungsi Tepi Barat Balata, dekat Nablus, tak lama setelah Perdana Menteri Israel Ariel Sharon dan sebuah kontingen polisi besar melakukan kunjungan kontroversial ke Temple Mount pada September 2000.

Brigade tersebut telah berafiliasi dengan partai Fatah Palestina, ketika Fatah berada di bawah kepemimpinan Yasir Arafat. Kelompok itu mulai dengan melakukan penembakan di jalan dan bom bunuh diri. Kemudian mulai menargetkan penghalang jalan dan permukiman Israel di Tepi Barat.

Awalnya, kelompok itu tidak melakukan serangan di luar Tepi Barat. Namun pada Agustus 2001 pemimpin brigade dan salah satu pendiri Yasser Badawi terbunuh oleh bom mobil, dan setelah kematiannya kelompok itu mulai menyerang warga sipil di Israel.

Serangan itu meningkat, dan pada 17 Januari 2002, seorang anggota brigade membunuh enam orang dan melukai puluhan lainnya di prosesi bat mitzvah di Hadera, Israel. Gelombang penembakan dan bom bunuh diri sepanjang Maret 2002 membuat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menambahkan brigade ke dalam daftar organisasi teroris asing.

6. PFLP-GC
9 Organisasi Musuh Israel, dari Hamas hingga Houthi

PFLP yang merupakan kepanjangan dari Popular Front for the Liberation of Palestine adalah organisasi yang menyediakan kerangka kelembagaan, untuk organisasi militan yang terkait dengan PLO. Organisasi ini terkenal karena ideologi Marxis-Leninisnya dan pembajakan sejumlah pesawat antara 1968 sampai 1974.

PFLP didirikan pada 1967 dalam penggabungan tiga kelompok gerilya yang berbeda oleh pemimpin militan Palestina George Habash. Konflik dalam organisasi atas ideologi menyebabkan beberapa perpecahan dan menghasilkan faksi independen, terutama Komando Umum PFLP (PFLP-GC) yang didirikan pada 1968 oleh Amad Jibrl.

Masing-masing faksi ini terlibat dalam kegiatan gerilya melawan Israel dan sering melakukan aksi terorisme terhadap negara Yahudi dan kepentingan Barat. PFLP melakukan atau mengorganisir banyak serangan terkenal terhadap Israel dan Barat, terutama pembajakan dan penghancuran beberapa pesawat komersial pada akhir 1960-an sampai awal 1970-an.

PFLP menolak kompromi politik dengan Israel, menentang proses perdamaian yang dimulai dengan Israel pada 1990-an, dan berjanji untuk mengganti negara itu dengan negara demokratis sekuler di Palestina.

7. DFLP

DFLP) - EgyptToday

Democratic Front for the Liberation of Palestine (DFLP) adalah salah satu dari beberapa organisasi yang terkait dengan PLO. Organisasi itu terlibat dalam aksi terorisme pada 1970-an hingga 1980-an, dan awalnya mempertahankan orientasi Marxis-Leninis, percaya bahwa para petani dan kelas pekerja harus dididik dalam sosialisme untuk mewujudkan negara demokratis Yahudi dan Arab yang bebas dari Zionisme dan imperialisme.

Berasal dari sayap kiri pada 1960-an dan didirikan oleh seorang Kristen Ortodoks Yordania, Nayif Hawatmeh, pada 1969, organisasi ini digambarkan sebagai gerakan politik yang berbeda dari PFLP, yang didirikan untuk menyediakan kelompok payung bagi kelompok militan Palestina. DFLP berdiri secara ideologis di sebelah kiri PFLP dan mengklaim bahwa musuh-musuhnya adalah penjajah kelas atas Zionis.

Pada 1974 mereka bertanggung jawab atas serangan teroris yang sangat brutal di Maʿalot, Israel, di mana belasan anak sekolah disandera dan beberapa dari mereka terbunuh, dan serangan lain di Bet She’an.

8. Hizbullah
9 Organisasi Musuh Israel, dari Hamas hingga Houthi

Hizbullah atau Hezbollah adalah partai politik dan kelompok militan yang pertama kali muncul selama perang saudara Lebanon, sebagai milisi setelah invasi Israel ke negara itu pada 1982.

Muslim Syiah, yang secara tradisional merupakan kelompok agama terlemah di Lebanon, pertama kali menemukan suara mereka dalam gerakan Amal yang moderat dan sebagian besar sekuler. Menyusul revolusi Islam di Iran yang mayoritas Syiah pada 1979 dan invasi Israel ke Lebanon pada 1982, sekelompok ulama Syiah Lebanon membentuk Hizbullah dengan tujuan mengusir Israel dari Lebanon dan mendirikan republik Islam di sana.

Hizbullah berbasis di daerah yang didominasi Syiah di Lembah Biqāʿ, Lebanon selatan, dan Beirut selatan. Organisasi ini mengoordinasikan upayanya secara erat dengan Iran, dari mana mereka memperoleh dukungan logistik yang substansial, dan menarik tenaga kerjanya sebagian besar dari anggota Amal yang lebih muda dan lebih radikal yang tidak terpengaruh.

Sepanjang 1980-an, Hizbullah terlibat dalam serangan terhadap Israel dan berperang dalam perang saudara Lebanon (1975-1990), berulang kali menyerang Amal. Selama waktu itu, Hizbullah diduga terlibat dalam serangan teroris, termasuk penculikan dan pemboman mobil, yang ditujukan terutama terhadap orang Barat, tetapi juga membentuk jaringan layanan sosial yang komprehensif untuk para pendukungnya.

9. Houthi
9 Organisasi Musuh Israel, dari Hamas hingga Houthi

Houthi adalah klan besar yang berasal dari Provinsi Saada barat laut Yaman. Mereka mempraktikkan bentuk Zaydi dari Syiah. Zaydi membentuk sekitar 35 persen dari populasi Yaman.

Sebuah imamah Zaydi memerintah Yaman selama 1.000 tahun, sebelum digulingkan pada 1962. Sejak itu, Zaydi yang dilucuti dari kekuatan politik mereka, telah berjuang untuk memulihkan otoritas dan pengaruh mereka di Yaman.

Pada 1980-an, klan Houthi memulai gerakan untuk menghidupkan kembali tradisi Zaydi, karena merasa terancam oleh pengkhotbah Salafi yang didanai negara yang mendirikan pangkalan di daerah Houthi. Namun, tidak semua Zaydi bersekutu dengan gerakan Houthi.

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin,  metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.