Inilah Lima Cara Agar Kamu bisa Terlepas dari Media Sosial

Inilah Lima Cara Agar Kamu bisa Terlepas dari Media Sosial

Inilah Lima Cara Agar Kamu bisa Terlepas dari Media Sosial – Kecanduan tidak hanya berhubungan dengan alkohol, rokok, seks, makanan/minuman manis, obat-obatan, atau game saja, lho. Ada pula kecanduan media sosial yang perlu diwaspadai. Seperti halnya pisau bermata dua, media sosial memiliki efek positif dan juga negatif.

Pasalnya, dampak dari kecanduan media sosial tidak main-main, masalah ini bisa memicu berbagai masalah. Apabila tidak digunakan dengan baik, media sosial justru cenderung merusak dan menimbulkan kecanduan bagi penggunanya. Coba kamu ingat-ingat sudah menghabiskan waktu berapa jam untuk bermain media sosial hari ini?

Apalagi ketika sedang di rumah saja saat PPKM seperti ini. Pastinya untuk menghilangkan rasa bosan, banyak yang memilih untuk lari ke media sosial. Sampai kamu sendiri tidak sadar sudah scrolling Instagram dan Twitter berjam-jam. Namun jangan khawatir, Dikutip dari idn poker ios berikut ini lima tips agar kamu bisa terlepas dari media sosial.

1. Mengisi waktu luang dengan melakukan hobi
5 Tips Berhenti Kecanduan Media Sosial Saat Bosan di Rumah Aja

Seseorang cenderung akan bermain media sosial ketika memiliki waktu luang. Tentu saat di rumah saja begini waktu luangmu akan semakin banyak. Daripada harus mengisi waktu luang dengan bermain media sosial, mengapa tidak memanfaatkannya untuk melakukan hobi yang positif.

Kamu yang suka menggambar sampai bermain musik bisa menggunakan waktu luang untuk mendalami hobi tersebut. Bisa juga memanfaatkan waktu luangmu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga. Cara ini cukup efektif agar kamu bisa jauh-jauh dari ponselmu.

2. Memanfaatkan aplikasi
5 Tips Berhenti Kecanduan Media Sosial Saat Bosan di Rumah Aja

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang, rasanya semua aplikasi yang dibutuhkan manusia hampir semua ada. Salah satunya aplikasi untuk membatasi diri saat bermain media sosial. Aplikasi ini dapat diatur seberapa lama kamu bisa scrolling media sosial sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Ketika waktu sudah habis, kamu akan mendapatkan notifikasi agar berhenti bermain media sosial. Terlebih lagi banyak aplikasi seperti ini yang dapat diunduh secara gratis. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu SocialX, Stay Free, Stay Focused, dan YourHour.

3. Mematikan notifikasi media sosial
5 Tips Berhenti Kecanduan Media Sosial Saat Bosan di Rumah Aja

Bunyi notifikasi dapat memicu seseorang untuk mengakses media sosial. Bayangkan jika kamu terus-menerus mendapatkan notifikasi dari akun media sosialmu, bisa-bisa kamu sulit terlepas darinya.

Misalnya ketika kamu mendapatkan notifikasi artis yang kamu ikuti mengunggah foto baru, kemungkinan besar kamu akan mengecek ponsel dan melihatnya. Jadi, sebaiknya kamu tidak menghidupkan notifikasi semua akun media sosialmu. Hal ini agar tidak menganggumu saat sedang beraktivitas.

4. Menyembunyikan aplikasi media sosialĀ 
5 Tips Berhenti Kecanduan Media Sosial Saat Bosan di Rumah Aja

Biasanya kita meletakkan icon media sosial di tempat yang mudah diakses seperti homescreen. Pasti ketika membuka ponsel, kemungkinan yang kamu buka duluan adalah aplikasi media sosial. Oleh karena itu, kamu bisa mulai menyembunyikan aplikasi-aplikasi tersebut ke tempat yang sulit dijangkau.

Mungkin kamu bisa membuat folder yang terletak jauh dari homescreen sehingga tidak terlihat ketika kamu pertama kali membuka ponsel. Kalau bisa gunakan password untuk membukanya sehingga tidak gampang untuk terbuka sendiri saat kamu gak sengaja menyentuhnya.

5. Menghapus aplikasi media sosialĀ 
5 Tips Berhenti Kecanduan Media Sosial Saat Bosan di Rumah Aja

Salah satu cara yang cukup ekstrim untuk menghilangkan kecanduan bermain media sosial adalah dengan menghapus aplikasi. Cara ini memang tidak mudah untuk digunakan tetapi kamu bisa mencobanya perlahan. Hapus aplikasi media sosial yang jarang kamu gunakan dan berlanjut ke aplikasi yang paling sering digunakan.

Mungkin sesekali kamu bisa membukanya melalui browser untuk mengecek notifikasi. Apabila kamu sudah tidak pernah membuka akunmu, kamu bisa mencoba untuk menghapusnya.