Kesenjangan Sosial Dapat Terkikis Berkat Teknologi Digital

Kesenjangan Sosial Dapat Terkikis Berkat Teknologi Digital

Kesenjangan Sosial Dapat Terkikis Berkat Teknologi Digital – Pada dasarnya, kesenjangan sosial adalah suatu kondisi yang tidak seimbang di dalam kehidupan masyarakat, baik itu secara personal maupun kelompok, yang mana di sana terjadi bentuk ketidakadilan distribusi berbagai hal yang dinilai penting dalam suatu tatanan masyarakat.

Kesenjangan sosial ini seringkali berkaitan dengan adanya suatu bentuk perbedaan yang nyata dan mudah dilihat dalam segi keuangan masyarakat, yang meliputi nilai kekayaan harta. Kesenjangan ekonomi sosial yang hadir di masyarakat ini bisa dilihat dengan mudah dari adanya peluang serta manfaat yang tidak sama dalam posisi sosial yang berbeda di dalam masyarakat.

Selain itu, kesenjangan sosial ini juga bisa dilihat dari adanya ketidaksetaraan pada Agen Poker77 barang atau jasa, kekayaan, imbalan, hukum, kesempatan yang diperoleh pada setiap orang. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan kondisi geografis Indonesia yang luas, dan keanekaragaman sosial budaya, secara tidak langsung menimbulkan kesenjangan sosial. Ia meyakini kesenjangan tersebut bisa dikikis dengan penggunaan teknologi digital.

1. Dapat membantu penyandang disabilitas
Mensos Sebut Teknologi Digital Dapat Kikis Kesenjangan Sosial

Mensos juga menjelaskan, masalah kesenjangan juga dihadapi Kementerian Sosial dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Misalnya terhadap penyandang disabilitas yang memiliki keterbatasan, serta Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang tinggal di daerah pedalaman dengan akses dasar terbatas.

“Mesin braille bagi penyandang disabilitas netra sudah saya transformasikan ke digital. Bayangkan kalau masih bertahan dengan buku cetak. Juga untuk disabilitas rungu akan ditransformasikan ke bentuk gambar. Materi ini sangat penting untuk mereka, karena modulnya berisi bimbingan ke arah kemandirian`ekonomi,” kata Risma dalam sambutannya pada acara launching SheHacks 2021 di Gedung Kantor Pusat Indosat Oredoo, Jakarta (09/06).

2. Akses komunikasi masih sulit
Mensos Sebut Teknologi Digital Dapat Kikis Kesenjangan Sosial

Risma mengisahkan bagaimana sulitnya berkomunikasi dengan pejabat di daerah pedalaman wilayah timur Indonesia. Ia mengatakan, sudah merencanakan dan mempersiapkan komunikasi dengan mereka, tetapi belakangan harus beberapa kali ditunda akibat akses komunikasi yang masih sulit.

“Karena mereka masih di hutan dan sulit mendapatkan akses komunikasi,” katanya.

3. Cerita saat jadi Wali Kota
Mensos Sebut Teknologi Digital Dapat Kikis Kesenjangan Sosial

Ia juga sempat menceritakan pengalamannya saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Risma mengaku bisa memonitor jalannya pemerintahan di Kota Surabaya dari luar negeri dengan bantuan teknologi komunikasi yang memadai.

“Saat itu saya sering bepergian ke luar negeri, beberapa kali sampai dua minggu lebih. Tapi warga Surabaya tidak merasa kalau saya tidak ada. Itu karena adanya teknologi,” katanya. (WEB)

Kesenjangan sosial ini ditandai dengan meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran setiap tahun. Apabila suatu negara didominasi oleh masyarakat miskin dan menganggur, maka pendapatan pada suatu negara juga sangatlah rendah.

Daya beli masyarakat pada keperluan sekunder akan menurun karenanya pendapatan yang tidak pasti dan cenderung menurun. Kondisi tersebut akan menyebabkan keuntungan perusahaan berjalan tidak maksimal.