Manfaat Baik Saat Berteman Dengan Orang Dari Beragam Budaya

Manfaat Baik Saat Berteman Dengan Orang Dari Beragam Budaya

Manfaat Baik Saat Berteman Dengan Orang Dari Beragam Budaya – Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal), diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Bentuk lain dari kata budaya adalah kultur yang berasal dari bahasa Latin yaitu cultura.

Mempunyai teman akan membuat hidup lebih berwarna. Dalam berteman, memang kamu harus memilih agar gak terjebak dalam pertemanan yang negatif. Setiap orang mempunyai karakternya masing-masing. Gak ada yang benar-benar sama persis.

Beruntung sekali kamu tinggal di negara yang penuh dengan keanekaragaman budaya. Hal ini akan membuatmu mempunyai kesempatan untuk mengenal berbagai karakter orang. Berbeda bukan berarti gak bisa berteman baik. Tentu bisa dan justru kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari pertemanan itu.

1. Memperluas wawasan
5 Manfaat Miliki Teman dari Beragam Latar Belakang dan Budaya

Dalam berbagai hal, perbedaan selalu menghadirkan keunikan tersendiri dan membuatmu lebih berwarna. Mempunyai teman dari beragam latar belakang budaya, tentu kamu akan bisa belajar banyak hal dari mereka. Itu akan membuat wawasanmu menjadi lebih luas dan sudut pandangmu akan lebih terbuka.

Belajar budaya dari temanmu akan membuat kamu menjadi bisa menerima perbedaan dan memahaminya. Mengetahui hal-hal yang belum kamu ketahui sebelumnya, itu juga akan membuat pikiranmu lebih terbuka.

2. Kamu bisa mencoba hal-hal baru
5 Manfaat Miliki Teman dari Beragam Latar Belakang dan Budaya

Keuntungan mempunyai teman berbeda budaya daerah adalah terbukanya peluang untukmu bisa mencoba hal-hal baru. Jika kamu mempunyai teman dari daerah yang berbeda, kamu bisa belajar tentang masakan khas daerah masing-masing.

Selain masakan khas, masih banyak lagi yang bisa kamu coba untuk belajar. Misalnya, kesenian daerahnya, tradisinya, pakaian adat dan lainnya. Peluang mencoba hal baru sungguh terbuka lebar, bukan? Jadi, jagalah hubungan pertemanan dengan baik, ya.

3. Selalu ada hal yang menarik saat bersamanya
5 Manfaat Miliki Teman dari Beragam Latar Belakang dan Budaya
Saat kamu dan teman-temanmu yang berbeda latar belakang budaya sedang hangout bersama, pasti gak akan pernah kehabisan topik obrolan. Selalu saja ada hal-hal yang menarik untuk diobrolkan.

Inilah yang menyebabkan saat bersama mereka, kamu gak pernah merasa bosan. Akan ada banyak hal yang menarik untuk saling dibagikan dan diceritakan dari keberagaman yang ada. Hari-harimu akan semakin menyenangkan.

4. Menjadikanmu sosok yang bijaksana
5 Manfaat Miliki Teman dari Beragam Latar Belakang dan Budaya

Perbedaan gak hanya dalam lingkungan pertemanan saja. Pada berbagai hal pasti akan ada perbedaan juga. Sehingga, kamu perlu belajar menyikapi perbedaan itu dengan bijak, supaya gak menimbulkan konflik dan pertengkaran.

Jika kamu sudah mengenal dan bisa berteman akrab dengan orang-orang dari beragam latar belakang budaya yang berbeda, secara gak langsung akan membuatmu menjadi sosok bijaksana dalam menyikapi perbedaan.

5. Kamu bisa memiliki jaringan yang lebih luas
5 Manfaat Miliki Teman dari Beragam Latar Belakang dan Budaya

Memiliki teman dari berbagai daerah dengan budaya yang berbeda-beda, akan membuat pergaulanmu menjadi semakin luas. Bisa berkenalan dan mempunyai teman di berbagai daerah tentu akan membuka peluang dalam berbagai bidang.

Salah satunya adalah peluang bisnis. Ketika kamu membuka sebuah bisnis tentu akan membutuhkan jaringan customer dan lainnya. Dengan mempunyai teman dari berbagai penjuru daerah tentu akan membuat jaringan bisnismu semakin luas.

Setelah mengetahui manfaat mempunyai teman dari beragam latar belakang budaya, kamu sekarang semakin yakin, kan, bahwa perbedaan itu bisa juga menyatukan. Gak perlu merasa minder jika berasal dari daerah yang berbeda dengan teman kamu, karena setiap daerah mempunyai keunggulannya masing-masing.

Selama kamu berteman dengan orang-orang yang baik dan positif. Berasal dari daerah mana pun, temanmu pasti akan terasa menyenangkan dan membuat nyaman. Meski berbeda, yuk, kita berteman. Saling menghargai  adalah bumbu rahasianya.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Seseorang bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaan di antara mereka, sehingga membuktikan bahwa budaya bisa dipelajari.