Menteri Jokowi yang Buat Puas Masyarakat Atas Kinerjanya

Menteri Jokowi yang Buat Puas Masyarakat Atas Kinerjanya

Menteri Jokowi yang Buat Puas Masyarakat Atas Kinerjanya – Menteri adalah jabatan politik yang memegang suatu jabatan publik signifikan dalam pemerintah. Menteri biasanya memimpin suatu kementerian dan dapat merupakan anggota dari suatu kabinet, yang umumnya dipimpin oleh seorang raja/ratu, gubernur jenderal, presiden, atau perdana menteri. Puspoll Indonesia merilis hasil survei tentang tingkat kepuasan kinerja pada Kabinet Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam survei dilakukan periode April 2021. Dalam survei tersebut sejumlah nama menteri dalam Kabinet Indonesia Maju lebih unggul daripada yang lainnya.

Posisi pertama menteri yang dinilai memiliki kinerja baik adalah Sandiaga Uno yang memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Sebanyak 11,3 persen responden menyatakan sangat baik, dan 68,5 persen menyatakan cukup baik,” kata Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja dalam jumpa pers secara daring, di Jakarta, dilansir¬†Live22 Slot Minggu (23/5/2021).

Siapa saja yang ada di posisi 5 besar?

1. Sandiaga dan Risma di dua posisi teratas disebut tokoh yang populer
Mensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020)
Lembaga survei Puspoll Indonesia menempatkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di urutan pertama untuk tingkat kepuasan kinerja pada Kabinet Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam survei periode April 2021. Sebanyak 11,3 persen responden menyatakan kinerja Sandiaga sangat baik dan 68,5 persen menyatakan cukup baik.

Selanjutnya, Tri Rismaharini di Kementerian Sosial berada di peringkat kedua dengan 10,6 persen responden menyatakan sangat baik, dan 66,8 persen menyatakan cukup baik.

“Sandiaga Uno dan Risma sebagai menteri baru merupakan tokoh yang cukup populer,” ujar Muslimin.

2. Erick Thohir, Nadiem Makarim, dan Tito Karnavian juga masuk 5 besar

Sejumlah lembaga survei telah melakukan riset terkait kinerja menteri Kabinet Indonesia Kerja. Hasil survei terbaru yang dirilis Charta Politika menunjukkan nama Erick Thohir, Prabowo, Sri Mulyani, Nadiem Makarim, dan Mahfud MD sebagai lima besar menteri yang dinilai publik memiliki kinerja terbaik.

Survei tersebut menempatkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di peringkat ketiga. “Sebanyak 7,3 persen responden menyatakan sangat baik, dan 62,2 persen cukup baik,” kata dia.

Menteri yang kinerjanya masuk peringkat keempat adalah Nadiem Makarim di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Ristek, Sedangkan di posisi kelima ada Tito Karnavian di Kementerian Dalam Negeri.

3. Peringkat menteri-menteri lainnya berdasarkan survei
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma’ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Di luar lima besar, masih ada Airlangga Hartarto di Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Budi Gunadi Sadikin di Kementerian Kesehatan, Yasonna Laoly di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan Bahlil Lahadalia di Badan Koordinasi dan Penanaman Modal secara berurutan berdasarkan peringkatnya.

Puspoll Indonesia menyelenggarakan survei nasional preferensi politik masyarakat. Pengumpulan data dilakukan pada 20-29 April 2021 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 1.600 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Usia minimum responden adalah 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.