Pelaku Jambret di Blitar Tertangkap dan Digebuki Oleh Warga

Pelaku Jambret di Blitar Tertangkap dan Digebuki Oleh Warga

Pelaku Jambret di Blitar Tertangkap dan Digebuki Oleh Warga – Copet adalah bentuk pencurian yang melibatkan mencuri uang atau barang berharga lainnya dari orang korban tanpa membuat mereka mengetahui bahwa barang mereka dicuri pada saat itu. Seorang pelaku jambret di Blitar menjadi bulan-bulanan warga.

Hal ini membutuhkan ketangkasan yang cukup besar dan bakat. Seorang pencuri yang bekerja dengan cara ini dikenal sebagai pencopet. Copet berasal dari bahasa Jawa “cop├Ęt” yang lalu terserap ke dalam bahasa Indonesia. Pelaku berinisial NF (26), warga Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, ditangkap oleh warga usai beraksi di wilayah Kecamatan Kademangan.

Warga yang kesal dengan ulah pelaku langsung memberinya hadiah bogem. Polisi yang tiba di lokasi kejadian langsung meredam kemarahan tersebut, dan membawa tersangka ke Puskesmas untuk diobati.

1. Buntuti korban sejak perempatan dekat rumah
Tertangkap, Pelaku Jambret di Blitar Digebuki Warga

Kapolsek Lodoyo Barat, AKP Suyatno menerangkan peristiwa tersebut terjadi di wilayah Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan. Saat itu korban sedang mengendarai sepeda motor sendirian hendak pulang ke rumah. Pelaku yang saat itu sedang berada di wilayah tersebut langsung membuntuti korban setelah melihat sebuah dompet yang diletakkan di dashboard motor korban. “Sampai di perempatan dekat rumah korban, pelaku membuntutinya,” ujarnya, Rabu (25/8/2021).

2. Pelaku melarikan diri ke jalan buntu
Warga Tangkap Dua Pelaku Maling Motor Saat Lari ke Jalan Buntu di Tangsel -  Warta Kota

Saat korban berhenti di depan rumah, pelaku langsung mengambil dompet tersebut dan melarikan diri. Korban berteriak dan mengejar pelaku. Namun ternyata arah yang dituju pelaku merupakan jalan buntu sehingga terpaksa balik arah. Saat berusaha balik arah tersebut motor yang dikendarai pelaku ditabrak oleh korban sehingga terjatuh. “Korban menabrak motor pelaku hingga terjatuh, teriakan korban mengundang warga untuk keluar rumah,” imbuhnya.

3. Sempat dirawat di puskesmas
Tertangkap, Pelaku Jambret di Blitar Digebuki Warga

Pelaku sendiri berusaha bangun dan menyalakan sepeda motornya lagi. Pelaku kemudian berusaha melarikan diri, namun ternyata warga sudah banyak yang berkumpul. Warga kemudian menangkap pelaku dan memberinya sedikit bogem mentah. Polisi yang menerima laporan langsung menuju lokasi kejadian dan mengamankan pelaku. “Selanjutnya pelaku kami amankan untuk menjalani proses pemeriksaan,” pungkasnya.