Tanda Bahwa Kamu Adalah Si Tetangga yang Tidak Disukai

Tanda Bahwa Kamu Adalah Si Tetangga yang Tidak Disukai

Tanda Bahwa Kamu Adalah Si Tetangga yang Tidak Disukai – Tetangga adalah orang yang paling dekat dengan kita, bisa jadi bagian dari keluarga kita. Di saat kita sakit atau terkena musibah, merekalah orang terdekat yang bisa menolong. Oleh karena itu, jalinlah hubungan harmonis dengan tetangga, hindari pertikaian, apalagi tidak ingin saling mengenal. Pada kenyataannya bukan sanak keluarga, melainkan tetangga adalah yang paling dekat dalam kehidupan kita.

Mereka adalah orang-orang yang selalu berada di sekitar kita; siang malam, pagi petang. Ketika kita mengalami kesulitan, sebelum karib kerabat datang, maka tetangga yang terlebih dahulu mengantarkan ke dokter, meminjamkan barang-barang, mengingatkan berbagai urusan bahkan turun tangan sampai perkara kematian. Hidup bertetangga memang butuh kesabaran dan harus banyak lapang dada.

Karena tak semua tetangga bisa menyenangkan. Malah banyak pula yang menyebalkan. Dan tetangga yang Agen Poker77 menyebalkan ini, bisa jadi mimpi buruk, karena bikin kamu jadi gak betah tinggal di rumah. Untuk mengetahui apakah kamu termasuk tetangga yang menyebalkan atau tidak, kenali ciri-cirinya. Karena boleh jadi, tanpa kamu sadari, ternyata orang-orang di sekitarmu sebenarnya selama ini ngecap dirimu bukan tetangga yang baik.

1. Sering mengeluhkan perilaku tetangga di media sosial
5 Tanda kalau Kamu Tetangga yang Menyebalkan, Ayo Berubah!

Hati-hati, lho buat kamu yang selama ini sering mengeluhkan perilaku tetangga tak menyenangkan di media sosial. Karena hal itu, justru menunjukkan perilakumu yang tak baik. Karena sama saja, dengan menyebar aib orang lain.

Daripada mengumbar kesalahannya di media sosial, mending langsung bicarakan saja pada orangnya. Dengan begitu, dia bisa sadar bahwa perilakunya itu mengganggu, dan kemungkinan ke depannya bisa mengubah diri. Kamu pun akhirnya bisa nyaman.

Kalaupun ia tak terima dengan kritikanmu, setidaknya kamu sudah bertindak benar. Perkara dia terima atau tidak, itu sudah bukan masalahmu. Kalau dia marah, padahal kamu menyampaikannya dengan baik-baik, maka tanda kalau tetanggamu itu yang gak dewasa. Orang lain akan bisa menilai, kok.

2. Menjual sesuatu sampai memaksa
5 Tanda kalau Kamu Tetangga yang Menyebalkan, Ayo Berubah!

Ini juga sering terjadi di kehidupan bertetangga. Saat menawari produk jualan, sampai memaksa. Kalau gak beli, marah dan mendiamkan tetangganya itu. Disangka pelitlah, dan sebagainya. Padahal, dia mau beli atau gak, itu sudah haknya. Tugasmu hanyalah berusaha menawarkan. Jika memang dia tidak berminat, memang belum rezeki aja.

3. Memakai jaringan Wi-Fi tetangga
5 Tanda kalau Kamu Tetangga yang Menyebalkan, Ayo Berubah!

Di tengah zaman yang apa-apa serba online seperti sekarang, memang rada ribet kalau gak punya jaringan internet yang memadai. Tapi, bukan berarti menjadi pemakluman untuk meminta jaringan Wi-Fi tetangga dan menggunakannya gak kira-kira.

Yang perlu kamu sadari, walau judulnya Wi-Fi itu unlimited, tetap saja ada batas pemakaian wajar. Dan jika sudah melebihi kuota pemakaian, kecepatannya akan diturunkan. Kamu bakal kesal juga, kan kalau akibat dipakai tetanggamu, akhirnya jaringan internetmu jadi lelet, dan menghambat kerjamu?

Jadi, usahakan beli sendiri, ya untuk jaringan internet ini. Kalaupun minta jaringan tetangga, jangan malah dipakai main games atau memutar video yang gak faedah. Bikin boros kuota dan merugikan orang lain, lho!

4. Tidak bertegur sapa saat lewat
5 Tanda kalau Kamu Tetangga yang Menyebalkan, Ayo Berubah!

Etika yang paling dasar dalam bertetangga, adalah kalau berpapasan, berusaha menegur. Minimal banget, melempar senyum. Jangan diam saja. Karena, kamu bakal dibilang gak sopan sama sekali. Apalagi kalau tetanggamu itu sudah berumur. Dianggapnya, kamu gak ada hormat sama orangtua. Dan itu, bakal membuatmu jadi tak disukai oleh orang-orang sekitar, lho!

5. Sering meminjam barang
5 Tanda kalau Kamu Tetangga yang Menyebalkan, Ayo Berubah!

Sudah jadi hal yang lumrah, meminjam barang pada tetangga. Tapi, hendaknya kamu jangan sampai kelewatan. Apa-apa, minjam. Itu sama saja, kamu gak mau modal. Penginnya minta terus, tapi gak mau beli.

Kalau memang kamu bermasalah di sisi finansial, sih bisa dimengerti. Tapi kalau kamu sebenarnya mampu, tapi gak juga mau beli, bisa jadi tanda kalau kamu pelit, atau memang egois, sulit untuk memahami perasaan orang lain.

Bila hal-hal di atas sering kamu lakukan, tanda kalau kamu termasuk tetangga yang menyebalkan, lho! Segera ubah sikapmu itu, kalau gak mau dikucilkan atau jadi bahan omongan para tetangga akibat sikap menyebalkanmu itu.

Manusia merupakan makhluk sosial yang hidupnya berdampingan dengan orang lain. Dan tentunya, kita pun harus menjaga hubungan dengan orang-orang yang hidup berdampingan dengan kita setiap hari, yaitu tetangga. Tetangga bisa membuat lingkungan tempat tinggal menjadi nyaman atau sebaliknya, mengganggu kenyamanan kita di rumah.