Akses Transportasi Warga ke Kota Malang Telah Ditutup

Akses Transportasi Warga ke Kota Malang Telah Ditutup

Akses Transportasi Warga ke Kota Malang Telah Ditutup – Gerak sosial (Mobilitas sosial) adalah perpindahan status sosial sekelompok orang atau individu ke status yang lain baik secara vertikal maupun horizontal. Pemerintah Kota Malang terus mengurangi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat. 

Hal ini dilakukan pada suatu sistem sosial yang memiliki sistem stratifikasi sosial terbuka. Seseorang dapat melakukan mobilisasi sosial apabila ia dapat memenuhi persyaratan tertentu di tingkat sosial tertentu, seperti tingkat studi, kekayaan, pangkat, atau lainnya.

Biasanya kegiatan gerak sosial dilakukan karena suatu alasan tertentu. erkini, jalur menuju Kota Malang yang berada di simpang 4 Karanglo, Singosari, ditutup. Dirangkumk dari idn apk Penutupan mulai dilakukan pada Rabu (7/7/2021) petang. 

1. Mobil menuju Kota Malang dialihkan
Perketat Mobilitas Warga, Akses ke Kota Malang Ditutup  

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppy Anggi Krishna menjelaskan bahwa penyekatan yang sebelumnya berada di exit tol Madyopuro, kini dijadikan satu di tol Singosari atau Karanglo. Kemudian, kendaraan dari wilayah utara yang melewati jalur arteri Singosari menuju Malang Kota dialihkan ke arah barat menuju Kota Batu.

“Kebijakan ini diambil karena masih banyak mobilitas masyarakat yang masih melalui wilayah Malang Kota. Sedangkan kondisi COVID-19 di wilayah Malang Raya sudah naik tinggi, jadi perlu antisipasi dari polres seluruh Malang Raya,” urainya Rabu (7/7/2021).

2. Volume kendaraan masih tinggi
Perketat Mobilitas Warga, Akses ke Kota Malang Ditutup  

Dari pantauan selama penutupan, terlihat bahwa volume kendaraan yang hendak melintas ke Kota Malang masih cukup tinggi. Meskipun PPKM darurat sudah diberlakukan, tetapi masyarakat masih belum sepenuhnya patuh. Terbukti masih banyak dari mereka yang melakukan perjalanan.

“Kami lakukan penyekatan ini untuk mengupayakan agar kendaraan yang masuk wilayah Malang Raya dapat berkurang,” tambahnya.

3. Penutupan dilakukan selama PPKM
Perketat Mobilitas Warga, Akses ke Kota Malang Ditutup  

Sementara itu, kebijakan penyekatan itu sendiri menurut Yoppy akan dilakukan selama masa PPKM darurat. Masyarakat luar Kota Malang sementara diminta untuk tak memaksa masuk ke wilayah Malang Raya terlebih dahulu jika memang tidak ada kepentingan yang akan dilakukan.

“Kami akan lakukan terus selama 24 jam sampai PPKM darurat berakhir,” sambungnya.

4. Kepentingan kerja masih boleh masuk
Perketat Mobilitas Warga, Akses ke Kota Malang Ditutup  

Meski ada penyekatan, kepolisian masih memberi toleransi untuk mereka yang memiliki kepentingan pekerjaan di Kota Malang. Namun demikian dengan catatan mereka harus bisa menunjukkan sertifikat vaksin paling tidak untuk dosis pertama. Kemudian juga harus menunjukkan hasil swab antigen untuk H-1 dan swab PCR utuk H-2.

“Tidak hanya itu saja, mereka juga harus menunjukkan surat keterangan kerja,” pungkasnya.