Alasan di Balik Sikapmu yang Sulit Mengambil Keputusan Tegas

Alasan di Balik Sikapmu yang Sulit Mengambil Keputusan Tegas

Alasan di Balik Sikapmu yang Sulit Mengambil Keputusan Tegas – Sikap tegas tentu harus dimiliki untuk melindungi diri sendiri. Sikap ini bakal menghindarkanmu dari hal-hal gak baik yang mengintai ketika kamu terseret arus pergaulan. Beberapa dampak negatif apabila kamu sulit bersikap tegas adalah kamu gak dihormati dan sering dianggap remeh orang lain.

Namun sayangnya gak banyak orang yang punya cukup sikap tegas di dalam diri mereka. Hal itu disebabkan kamu sulit mengambil keputusan dan mudah sekali terbawa arus. Tentu ini gak bagus.

Untuk mengatasinya, maka perlu tahu dulu penyebab kenapa kamu bisa bersikap seperti itu. Dan berikut ini akan diulas beberapa alasan di balik sikapmu yang sulit mengambil keputusan atau susah bersikap tegas. Apa saja? Simak terus!

1. Tuntutan untuk selalu sempurna
5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Bersikap Tegas, Cek Penjelasannya!

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab kamu sulit mengambil tindakan, yaitu tuntutan untuk selalu sempurna. Kamu terlalu khawatir jika keputusanmu itu berbuntut pada kegagalan atau kekeliruan. Padahal, semua keputusan selalu ada plus minusnya. Dan pasti ada peluang untuk terjadi cela atau salah.

Daripada terus-menerus dihantui pertanyaan apakah keputusan yang nanti kamu ambil benar atau salah, mending dipertimbangkan masak-masak. Kalau perlu, tulis pro kontranya. Sehingga kamu bisa menentukan tindakan yang setepat mungkin.

2. Ingin menyenangkan semua orang
5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Bersikap Tegas, Cek Penjelasannya!

Alasan lain kenapa kamu susah bersikap tega  karena berusaha keras untuk menyenangkan semua orang. Menjadi seorang people pleaser menyebabkanmu menempatkan keinginan orang lain di atas kepentingan diri sendiri.

Akibatnya, kamu jadi overthinking. Ketika hendak menentukan sesuatu yang mudah sekalipun, misalnya memutuskan tempat makan siang, kamu stres sendiri karena takut pilihanmu bakal gak disukai oleh keluarga, teman, atau pasangan. Kebiasaan seperti itu bikin mentalmu sering capek, lho!

3. Dibesarkan oleh orangtua yang overprotective
5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Bersikap Tegas, Cek Penjelasannya!

Kendati kamu sudah dewasa, tapi cara pengasuhan ketika kecil bisa membekas dan berdampak pada perilaku saat besar. Salah satunya, pada caramu mengambil keputusan.

Dibesarkan oleh orangtua yang terlalu protektif dan gila kontrol, menyebabkanmu kesulitan untuk mengambil keputusan sendiri. Karena dulunya selalu orangtua yang mendominasi, menentukan, dan opinimu sering banget gak dianggap.

4. Tingkat kepercayaan diri yang rendah
5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Bersikap Tegas, Cek Penjelasannya!

Sikap gak pede bisa mendorong sikap menunda-nunda, lho. Dan itu merupakan salah satu bentuk dari ketidaktegasan. Akibatnya kamu jadi meragukan diri sendiri dan meyakini bahwa keputusanmu jarang sekali tepat sehingga membuatmu sulit untuk menentukan tindakan.

Cobalah untuk lebih bersikap welas asih pada diri sendiri dengan memberi dirimu kepercayaan penuh. Buatlah keputusan yang kamu anggap sebagai hal terbaik.

Sekalipun nanti hasilnya mengecewakan, berikan apresiasi karena kamu sudah berhasil mengambil tindakan. Hasil mengecewakan jauh lebih baik, daripada cuma diam dan menunda-nunda!

5. Ketakutan mengambil risiko
5 Alasan Kenapa Kamu Sulit Bersikap Tegas, Cek Penjelasannya!

Penyebab lain kamu sering plin plan dan sulit mengambil langkah tegas adalah akibat ketakutan untuk mengambil risiko. Sebagai contoh, ada tawaran pekerjaan yang memberi gaji lebih baik dan kamu tertarik untuk mengambilnya.

Hanya saja yang membuatmu sulit untuk mengambil keputusan karena khawatir jika nanti gak bisa mengemban tanggung jawab yang pastinya lebih besar dari pekerjaan sekarang. Takut dengan risiko performamu di pekerjaan nanti gak akan maksimal, akhirnya kamu pusing, mau menerima, atau menolak.

Jarang disadari bahwa ketika kamu gak mengambil keputusan atau menunda-nundanya, itu sudah sebuah keputusan. Karena itu, jangan biarkan kekhawatiran atau rasa takut membuatmu jadi orang yang plinplan. Cobalah lebih berani dan berikan dirimu apresiasi, terlepas dari keputusanmu itu memberikan hasil yang diharapkan atau enggak!