Beberapa Dampak Buruk Bila Terus Bekerja di Bawah Tekanan

Beberapa Dampak Buruk Bila Terus Bekerja di Bawah Tekanan

Beberapa Dampak Buruk Bila Terus Bekerja di Bawah Tekanan -Menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan menuntut kalian untuk bekerja mengikuti aturan yang sudah ada. Ketika memutuskan untuk menghabiskan waktu kamu bekerja di sebuah perusahaan, penting untuk memiliki tujuan. Bagi sebagian orang tujuan bekerja adalah memperoleh gaji yang besar dan posisi yang bagus.

Sebenarnya apa itu makna dari tujuan bekerja yang kamu inginkan? Bagaimana jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan keinginan kamu? Dunia kerja itu berat, di mana pun kamu bekerja bakal selalu ada beban dan tanggung jawab besar yang harus kamu pegang selama berkarier.

Tidak hanya itu, salah satu hal yang juga harus kamu hadapi di dunia kerja ialah tekanan, yang mana bekerja di bawah tekanan rasanya sudah menjadi suatu syarat dasar untuk bisa diterima kerja. Jadi kalau misalnya dirimu itu tipe orang yang tidak kuat mental dan tidak tahan jika ditekan oleh atasan perihal pekerjaan maka jangan memaksakan diri untuk bertahan, lebih baik cari tempat kerja yang sesuai dengan batas kemampuanmu saja.

1. Setiap hari kerja bawaannya penat terus
5 Dampak Memaksakan Diri Kerja di Bawah Tekanan, Bikin Stres

Dampaknya yang pertama kalau memaksakan diri bertahan untuk kerja di bawah tekanan ialah setiap hari kerja bawaan perasaanmu bakalan penat terus. Karena setiap kali pergi kerja kamu tahu tekanan seperti apa yang akan kamu terima, belum lagi beban dan masalah di tempat kerja yang semakin membuat segalanya menjadi berat.

Pokoknya mood untuk bekerja dengan baik jadi hilang, yang ada hanyalah kamu bekerja hanya untuk uang dan sekadar memenuhi kewajiban saja. Tidak ada makna lebih dari pekerjaan yang kamu pilih untuk tekuni itu.

2. Mengalami depresi
5 Dampak Memaksakan Diri Kerja di Bawah Tekanan, Bikin Stres

Dampak lainnya jika kamu memaksakan diri untuk kerja di bawa tekanan ialah cepat atau lambat kamu pun mengalami stres berat atau depresi. Karena pada dasarnya kemampuan setiap orang dalam menghadapi tekanan itu berbeda-beda, makanya bisa fatal banget akibatnya kalau kamu memaksakan diri yang mana hal itu jelas-jelas melewati batas ketahananmu sendiri.

Tidak hanya pikiran yang jadinya sangat terbebani dengan tekanan selama bekerja, kesehatan mentalmu juga terkena dampak buruknya. Kalau mental yang terganggu justru lebih bahaya karena akan mengganggu hidupmu ke depannya, sebab mengobati depresi itu gak gampang, lho.

3. Motivasimu untuk bekerja jadi hilang
5 Dampak Memaksakan Diri Kerja di Bawah Tekanan, Bikin Stres

Ketiga, motivasi dan semangat kerjamu jadi hilang dengan perlahan seiring dengan pilihanmu untuk tetap bekerja di bawah tekanan. Kalau sudah seperti ini dampaknya bisa sampai mempengaruhi kemajuan kariermu, lho. Yang mana kamu jadi tidak bersemangat lagi untuk berjuang dan bekerja keras seperti pertama kali kerja karena sudah terlanjur capek dan muak dengan segala tekanan yang ada.

Akibatnya kariermu pun bisa-bisa jadi stuck di situ-situ saja, tidak naik namun bisa saja turun jika semangat kerjamu semakin menghilang seiring tidak sanggupnya kamu dengan tekanan yang ada.

4. Mengalami gangguan kecemasan karena takut melakukan kesalahan
5 Dampak Memaksakan Diri Kerja di Bawah Tekanan, Bikin Stres

Bekerja di bawah tekanan itu sangat penuh dengan hal-hal yang memicu meningkatnya stres, apalagi jika memaksakan diri. Karena ketika bekerja di bawah tekanan maka kamu pun akan diberi banyak tuntutan untuk bekerja dengan baik dan sempurna, yang mana hal itu bisa saja dibarengi dengan hukuman tertentu jika tidak mencapai target yang ditentukan perusahaan.

Sehingga sedikit banyaknya hal itu berdampak pada dirimu yang mungkin akan mengalami gangguan kecemasan karena takut melakukan kesalahan. Bekerja pun jadinya tidak terasa nyaman lagi.

5. Hidupmu perlahan-lahan jadi terasa suram
5 Dampak Memaksakan Diri Kerja di Bawah Tekanan, Bikin Stres

Seiring dengan keputusanmu untuk memaksakan diri bekerja di bawah tekanan maka dampaknya pun akan terlihat d imana hidupmu perlahan-lahan jadi berubah suram. Mulai dari hilangnya semangatmu untuk menjalani hari, motivasi sukses dalam berkarier yang menurun, serta pandanganmu terhadap hidup yang jadinya menjadi sangat berat akibat besarnya tekanan yang kamu terima di tempat kerja.

Tapi mau bagaimana lagi, itulah dampaknya kalau memaksakan diri bertahan pada sesuatu yang melebihi batas kemampuanmu. Lima poin tadi adalah dampaknya untuk diri dan juga hidupmu kalau memaksakan diri bekerja di bawah tekanan, yang mana akibatnya bisa fatal banget bahkan hingga bisa membuatmu jadi mengalami depresi.

Jadi kalau kiranya tidak sanggup karena tekanan yang kamu terima melebihi batas kemampuanmu, mending resign saja dan mencari pekerjaan baru yang sesuai denganmu. Daripada malah menyiksa diri sendiri seperti itu, kan. Memperoleh penghasilan besar dan menduduki jabatan tertentu di perusahaan tempat kamu bekerja bisa dikatakan tujuan bekerja seseorang.

Tetapi untuk tujuan bekerja itu apakah kamu memperoleh makna hidup kamu sesungguhnya? Bekerja bertahun- tahun di perusahaan dengan gaji yang besar dan menghabiskan gaji kamu untuk membiayai seluruh pengeluaran hidup kamu tidakkah itu kehidupan yang kamu jalani? Cobalah untuk menemukan makna dari tujuan kamu bekerja dan kemana tujuan hidup kamu sesungguhnya.