Beberapa Prinsip untuk Membuat Jiwamu Jadi Lebih Tenang

Beberapa Prinsip untuk Membuat Jiwamu Jadi Lebih Tenang

Beberapa Prinsip untuk Membuat Jiwamu Jadi Lebih Tenang – Jiwa atau Jiva berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya “benih kehidupan”. Dalam berbagai agama dan  filsafat, jiwa adalah bagian yang bukan jasmaniah (immaterial) dari seseorang. Dalam hidup ini, kamu pasti pernah berada pada fase dimana ingin protes pada keadaan yang gak seusai harapan.

Atau mungkin berada di momen yang membuatmu ingin marah lantaran masalah yang tak kunjung usai. Keseluruhan pemikiran dan perasaan itulah yang menjadi akar dari segala macam penyakit hati. Kamu pun jadi tidak mampu menikmati hidup dengan semestinya.

Untuk itu diperlukan ketenangan batin dalam menyikapi hal demikian supaya hidup menjadi damai. Dengan menerapkan beberapa prinsip berikut, maka bisa dipastikan jiwamu jauh lebih tenang. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kesedihan dan kebangkitan adalah dua hal yang hadir beriringan
5 Prinsip Bijak untuk Menjalani Kehidupan yang Damai dan Tenang

Saat berada pada titik terendah dalam hidup, pastikan kamu memberi ruang pada diri sendiri untuk sejenak merasakan seluruh kesedihan dan perasaan tidak nyaman lainnya. Jangan buat dirimu tersiksa lantaran gak bisa mengekspresikan apa yang sudah semestinya tercurahkan.

Ketauhilah, memaknai kesedihan justru akan membuatmu mampu bangkit dan menjadi sosok lebih kuat dari yang kamu kira. Apabila kamu bisa menerapkan prinsip seperti poin pertama ini, maka kamu telah mampu berdiri pada kaki sendiri tanpa menghiraukan stigma dari orang lain yang seolah melarang setiap orang untuk bersedih. Dengan begitu, hidupmu pun akan jauh lebih tenang.

2. Yakin bahwa semua yang terjadi dalam hidup pada akhirnya akan baik-baik saja
5 Prinsip Bijak untuk Menjalani Kehidupan yang Damai dan Tenang

Menerapkan prinsip seperti ini akan membuat jiwamu lebih tenang sebab kamu menunjukkan kesiapan dalam menerima segala kejadian di hidup ini. Kamu percaya bahwa segala sesuatu akan baik-baik saja lantaran keseluruhan dalam hidup sudah ada yang mengaturnya dengan sedemikian rupa.

Sehingga, ketika persoalan muncul tiada hentinya, maka kamu yakin akan selalu ada jalan keluar. Kamu pun jadi tidak terlena pada masalah yang bisa membuatmu semakin terpuruk, bahkan terperangkap di dalamnya.

3. Menyadari bahwa setiap orang pada akhirnya akan pergi dengan caranya masing-masing
5 Prinsip Bijak untuk Menjalani Kehidupan yang Damai dan Tenang

Mungkin kamu pernah berharap bisa selalu bersama dengan orang-orang yang dicintai dalam hidup ini. Namun, siapa yang bisa menjamin harapan itu? Padahal hidup saja selalu memberikan ketidakpastian.

Tanamkan prinsip dalam dirimu bahwa akan selalu ada kepergian yang harus kamu hadapi, entah kamu yang pergi maupun orang lain yang meningalkanmu. Selama kamu berpegang pada keyakinan tersebut, maka kamu akan berada pada level tertinggi dari sebuah kehilangan, yaitu keikhlasan yang tidak semua orang bisa melakukannya.

4. Selalu memberikan ruang pada diri sendiri untuk berproses menjadi lebih baik
5 Prinsip Bijak untuk Menjalani Kehidupan yang Damai dan Tenang

Semua perubahan itu butuh proses yang gak bisa diprediksi. Namun, satu hal yang pasti, ketika kamu mampu mengapresiasi dan menerima apa adanya diri sendiri, maka perubahan nyata itu akan datang. Kamu pasti mampu menjadi lebih baik dari hari ini; menjadi lebih hebat dengan penuh cinta.

Hal seperti itu mampu kamu raih apabila kamu bertekad untuk keluar dari berbagai belenggu seperti kebiasaan menghakimi diri, membandingkan, atau menyalahkan diri sendiri. Dengan begitu, hidupmu akan jauh lebih tenang, karena kamu mampu fokus pada hal-hal yang dapat dikendalikan sepenuhnya.

5. Selalu bersyukur untuk semua hal yang terjadi hingga saat ini
5 Prinsip Bijak untuk Menjalani Kehidupan yang Damai dan Tenang

Mungkin terdengar sangat klise ketika kita menyebut kunci kebahagiaan dalam hidup adalah dengan memperbanyak rasa syukur. Namun, hal ini memang benar adanya. Dengan bersyukur, maka nikmat hidup akan semakin bertambah.

Bersyukur juga akan menuntun kita menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan remehkan kebiasaan bersyukur meski untuk hal sekecil apapun itu.

Sejatinya kekuatan terbesar manusia adalah datang dari keyakinan dan bagaimana cara pandangnya akan suatu hal. Keduanya menjadi kunci utama dalam menghadapi hidup yang serba tidak pasti dan penuh kejutan.