Beberapa Tanda yang Menunjukkan Sifat yang Dinamakan Selfish

Beberapa Tanda yang Menunjukkan Sifat yang Dinamakan Selfish

Beberapa Tanda yang Menunjukkan Sifat yang Dinamakan Selfish – Keegoisan adalah perhatian secara berlebihan atau eksklusif, untuk keuntungan, kesenangan, atau kesejahteraan diri sendiri atau diri sendiri, terlepas dari orang lain. Keegoisan adalah kebalikan dari altruisme atau tidak mementingkan diri sendiri; dan juga telah dikontraskan dengan egoisme.

Setiap orang tentu memiliki kepentingannya masing-masing. Tidak salah, kok apabila kamu berusaha untuk menuruti apa yang menjadi kepentinganmu tersebut. Namun demikian, kamu juga harus tahu batasannya. Ketika kepentinganmu kalah dengan kepentingan orang banyak, maka mau tidak mau kamu harus sedikit mengalah.

Tapi sayangnya, hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Terbukti dengan banyaknya orang yang egois mendahulukan apa yang menjadi keinginannya meskipun itu akan merugikan orang banyak. Sifat demikianlah yang dikenal dengan nama selfish, kamu hanya mementingkan diri sendiri tanpa memperdulikan urusan bersama.

1. Keras kepala
5 Bukti Bahwa Kamu Hanya Mementingkan Diri Sendiri

Keras kepala merupakan salah satu sifat yang harus dihindari jika kamu tidak ingin dibenci orang lain. Individu yang memiliki sifat keras kepala, maka ia akan menjadi sosok yang bebal dan sulit dinasihati. Seberapa banyak nasihat dan saran yang kamu sampaikan, semua hanya akan lewat begitu saja.

Memelihara sifat keras kepala merupakan salah satu bukti bahwa kamu termasuk orang yang selfish. Seberapa banyak kritik dan masukan yang dilayangkan pun seolah tidak berpengaruh apa-apa terhadap tindakan yang akan kamu ambil. Yang terpenting bagimu adalah kepentinganmu tidak terusik.

2. Suka memaksakan kehendak
5 Bukti Bahwa Kamu Hanya Mementingkan Diri Sendiri

Setiap orang tentu memiliki kehendak hatinya masing-masing. Namun sayangnya, tidak semua kehendak hatimu tersebut sesuai dengan apa yang menjadi kepentingan orang banyak. Seringkali apa yang kamu kehendaki hanya menguntungkan diri sendiri namun tidak dengan kepentingan bersama.

Bukti nyata bahwa kamu adalah individu yang memiliki sifat selfish adalah suka memaksakan apa yang kamu kehendaki. Kamu tidak lagi peduli apakah kehendak dan keinginan hatimu itu sesuai dengan kepentingan bersama. Bagimu, apa yang menjadi keinginan hati harus segera dilaksanakan.

3. Hanya mementingkan diri sendiri
5 Bukti Bahwa Kamu Hanya Mementingkan Diri Sendiri

Siapa, sih orang di dunia ini yang tidak memiliki kepentingan? Tentu semua orang pasti memilikinya tidak terkecuali dengan dirimu. Entah itu kepentingan pribadi yang menyangkut dirimu sendiri maupun kepentingan bersama yang menyangkut tujuan banyak orang.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang hanya mengutamakan kepentingan pribadi. Kamu selalu mengesampingkan dan mengacuhkan apa yang menjadi kepentingan bersama. Jika dirimu termasuk individu yang memiliki perilaku tersebut, ketahuilah! Bahwa itu merupakan ciri dari seorang yang memiliki sifat selfish. Kamu adalah sosok yang egois.

4. Bersikap semaunya
5 Bukti Bahwa Kamu Hanya Mementingkan Diri Sendiri

Memang, sih setiap orang itu berhak menuruti apa yang menjadi keinginan hatinya. Namun demikian, hal ini bukan berarti kamu bebas bertindak semaunya. Tetap ada aturan-aturan penting yang harus diperhatikan dengan baik.

Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang masih mempertahankan sifat selfish adalah bersikap semaunya sendiri. Kamu tidak peduli apakah tindakanmu tersebut pada nantinya dapat merugikan banyak orang, yang terpenting adalah dirimu merasa bahagia.

5. Tidak bisa menghargai orang lain
5 Bukti Bahwa Kamu Hanya Mementingkan Diri Sendiri

Sebagai makhluk sosial, kita selalu melakukan interaksi dengan orang lain bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. Mengingat hal tersebut, sudah sepatutnya untuk saling menghargai satu sama lain. Dengan adanya sikap saling menghargai, maka interaksi dan hubungan sosial dengan masyarakat akan terjalin harmonis.

Namun hal ini tidak akan berlaku ketika kamu masih setia menanam sifat selfish dalam dirimu. Salah satu tanda bahwa kamu adalah orang yang selfish yaitu tidak pernah bisa menghargai orang lain. Kamu meremehkan kepentingan bersama hanya untuk memuaskan keinginanmu sendiri.

Memang, sih memperhatikan diri sendiri itu penting. Namun demikian, bukan berarti kamu dapat memaksakan kehendak dalam setiap kesempatan. Adakalanya kamu harus sedikit mengalah demi kepentingan banyak orang. Jika kamu termasuk individu yang masih memiliki lima tanda di atas, segera perbaiki diri, deh mulai sekarang!

Dengan munculnya masyarakat komersial, Bernard Mandeville mengajukan paradoks bahwa kemajuan sosial dan ekonomi bergantung pada kejahatan pribadi – pada apa yang disebutnya kekotoran keegoisan. Adam Smith dengan konsep tangan tak terlihat melihat sistem ekonomi sebagai saluran yang berguna untuk kepentingan pribadi yang egois untuk tujuan yang lebih luas. 

John Locke , bersama dengan Adam Smith, adalah tokoh kunci dalam liberalisme klasik awal :  sebuah ideologi yang mengalahkan gagasan individualisme dan kebebasan negatif . Tema-tema inti ini pasti berhubungan dengan konsep keegoisan. Locke, misalnya, mencari orang untuk menjalankan ‘pemerintahan sendiri’ – gagasan bahwa seorang individu harus membuat keputusannya sendiri.