Beberapa Tips Agar Pekerjaanmu Dapat Cepat Terselesaikan

Beberapa Tips Agar Pekerjaanmu Dapat Cepat Terselesaikan

Beberapa Tips Agar Pekerjaanmu Dapat Cepat Terselesaikan – Fokus dan Konsentrasi sangat penting karena dapat mendorong produktivitas agar dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Saat mengerjakan proyek atau pekerjaan kantor yang rutin, mungkin beberapa kali pernah kita alami gagal atau meleset dari rencana yang seharusnya karena tidak fokus.

Istilah “Gagal Fokus” adalah istilah yang populer dalam dunia “medsos”, yang artinya merespon tidak nyambung atau tidak ada hubungan dengan masalah yang seharusnya menjadi fokusnya. Memunculkan fokus saat bekerja  merupakan sebuah hal yang susah-susah gampang. Kendati demikian, kamu tetap perlu mengasah hal tersebut sebab akan berpengaruh terhadap selesainya pekerjaanmu.

Namun, usaha untuk memunculkan hal tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apakah kamu sudah menemukan kiat-kiat ampuh untuk menjaga fokus saat bekerja? Ada beberapa cara yang bisa dipraktikkan agar pekerjaanmu cepat terselesaikan dengan memiliki tingkat fokus maksimal.

1. Cobalah untuk membuat minuman berkafein terlebih dahulu
Terapkan 5 Cara Ini Saat Sedang Bekerja, Bantu Stay Focused!

Minuman berkafein memang dipercaya untuk menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, hal tersebut juga bakal membuatmu lebih fokus terhadap sesuatu karena merasa terjaga. Jika kamu kurang bisa konsentrasi saat bekerja, coba untuk membuat kopi terlebih dahulu.

Selain bisa menghilangkan kebiasaan kurang fokus, hal tersebut juga bakal memantik semangatmu dalam bekerja. Alhasil, pekerjaanmu nanti pun bakal selesai secara maksimal tanpa ada yang terlewat sekali pun.

2. Jangan pernah lupa untuk mandi terlebih dahulu jika sedang WFH
Terapkan 5 Cara Ini Saat Sedang Bekerja, Bantu Stay Focused!

Jika saat ini kamu sedang WFH, cobalah untuk mandi sebelum bekerja. Terkadang, orang-orang yang bekerja secara WFH memilih untuk malas mandi. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah kesalahan besar sebab kamu akan gampang kehilangan fokus.

Selain itu, rasa kantuk di dalam dirimu pun gak akan hilang-hilang. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mandi dengan air dingin agar kamu bisa “bangun” dari rasa kurang semangat. Dengan melakukan hal itu, pekerjaanmu bakal mudah selesai nantinya.

3. Taruhlah handphone-mu dan mulai fokus ke laptop
Terapkan 5 Cara Ini Saat Sedang Bekerja, Bantu Stay Focused!

Salah sati penyebab seseorang kurang bisa konsentrasi saat bekerja adalah jika matanya masih tertuju pada handphone. Berangkat dari hal itu, kamu wajib banget menaruh ponselmu sejauh mungkin dari meja kerja. Ingatlah bahwa pekerjaanmu gak akan selesai jika kamu terus-terusan bermain ponsel.

Jika hal itu sudah dilakukan, maka kamu pasti akan lebih mudah mengatur tingkat fokus di dalam diri. Pekerjaanmu pun akan gampang terselesaikan sebab semuanya sudah di atur saat kamu bisa menyesuaikan konsentrasi.

4. Jangan telat makan agar pikiranmu gak beralih ke perut mulu
Terapkan 5 Cara Ini Saat Sedang Bekerja, Bantu Stay Focused!

Sebelum bekerja, jangan pernah lupa untuk memenuhi kebutuhan perut terlebih dahulu. Seseorang bisa kehilangan fokus jika ia tidak makan sebelum bekerja. Jika tidak makan, pikiranmu pun pasti akan fokus ke perutmu yang terus berbunyi.

Alhasil, pekerjaanmu pun gak akan terselesaikan sebab urusan perut belum teratasi. Meskipun kelihatannya sepele, namun hal tersebut wajib diperhatikan dengan saksama agar tidak malah menjadi bumerang untukmu nantinya.

5. Buatlah daftar target yang harus diselesaikan
Terapkan 5 Cara Ini Saat Sedang Bekerja, Bantu Stay Focused!

Biar bisa fokus kepada satu tujuan dalam bekerja, cobalah untuk membuat daftar target terlebih dahulu. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai sebuah patokan agar kamu tidak bingung mau mengerjakan apa. Bahkan, hal itu juga baka meningkatkan tingkat fokusmu.

Dengan adanya hal tersebut, cobalah untuk membuat list goals yang akan diselesaikan nantinya. Jika sudah, hal tersebut bisa kamu jadikan patokan untukmu dalam menyelesaikan pekerjaan di hari itu juga.

Mengembalikan fokus dalam bekerja itu tidak susah, kok. Kamu hanya perlu melakukan kelima hal di atas secara berturut-turut agar menjadi sebuah habit positif dalam hidupmu. Dijamin bisa bantu stay focused selama bekerja.

Sebelum mulai berupaya meningkatkan konsentrasi kerja, ada baiknya cari tahu dulu hal apa yang membuat gagal fokus. Dering ponsel dari grup chat yang tidak berhenti kadang memancing kita untuk beralih dan meninggalkan pekerjaan sesaat, kadang hal tersebut dapat membuyarkan konsentrasi dan fokus, ada baiknya Kamu bisa mute sementara dan atur kapan waktu yang tepat untuk membuka chat grup tersebut, agar tak muncul godaan untuk bolak-balik cek ponsel.

Supaya Kamu tidak bingung dan lelah karena dipertemukan dengan dua-tiga pekerjaan dalam satu waktu, cobalah untuk mengatur prioritas, mana yang lebih penting dan mendesak untuk diselesaikan, mana yang bisa dikerjakan nanti dulu karena deadlinenya juga masih agak lama, sehingga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan rapid an tepat waktu.