Berikut Alasan Mengapa Pendidikan Sangat Penting Bagi Wanita

Berikut Alasan Mengapa Pendidikan Sangat Penting Bagi Wanita

Berikut Alasan Mengapa Pendidikan Sangat Penting Bagi Wanita – Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

Perempuan sering kali didefinisikan sebagai seorang ibu rumah tangga. Perempuan yang tugas pokoknya di rumah. Mengurus suami, membesarkan anak-anak, dan kewajiban-kewajiban lainnya yang masih saja dibebankan di pundak para perempuan.

Pandangan ini lambat laun membuat kedudukan perempuan selalu berada di belakang para pria. Jika pria bebas membangun karier, meraih impian, perempuan sebaliknya. Mereka terkungkung oleh pandangan sosial tentang tempat mereka. Namun di balik semua pandangan ini, kamu tetap wajib berpendidikan.

1. Pendidikan adalah kunci meningkatkan kualitas diri
5 Alasan Perempuan Wajib Berpendidikan, Jangan Berhenti Belajar

Walaupun pandangan orang banyak tentang kedudukan perempuan masih sama, kamu jelas harus punya optimisme pada kehidupanmu sendiri. Menjadi istri, menjadi ibu, tidak lantas membuatmu tampak bodoh dan tidak berpendidikan.

Kamu wajib memiliki pendidikan untuk meningkatkan kualitas diri. Untuk menempati kedudukan yang lebih tinggi daripada seorang ibu rumah tangga tidak berpendidikan. Dengan pendidikan kamu bisa tahu banyak hal. Kamu akan lebih dihormati oleh pasangan dan orang lain.

2. Supaya bisa mandiri dan mendapat karier yang baik
5 Alasan Perempuan Wajib Berpendidikan, Jangan Berhenti Belajar

Paradigma yang masih sama, tidak membuat seluruh ruang tertutup untukmu. Memiliki kemampuan dan skill dalam beberapa hal, membuatmu punya kemampuan untuk bisa mandiri dan juga memiliki karier impianmu. Meraih banyak hal dalam hidup, tanpa meninggalkan kewajiban yang sudah melekat pada kodratmu sebagai seorang perempuan.

Mandiri tidak berarti kamu kehilangan jati diri. Tidak berarti kamu egois dan mengabaikan tugas utamamu. Namun dengan kemandirian kamu bisa melakukan banyak hal untuk keluargamu, dan membantu pasanganmu. Dengan ekonomi yang stabil, hubungan rumah tangga pun akan jauh lebih stabil.

3. Punya bekal untuk mendidik anak kelak
5 Alasan Perempuan Wajib Berpendidikan, Jangan Berhenti Belajar

Rumah merupakan tempat pertama seorang anak belajar banyak hal. Jika seorang ibu, yang akan menjadi guru pertamanya tidak tahu apa-apa, akan seperti apa masa depan seorang anak? Pendidikan bukan hanya untuk meningkatkan kualitas dirimu sebagai seorang perempuan, namun sebagai harapan untuk masa depan generasi.

Seorang ibu menjadi sosok pertama yang akan mengenalkan segala hal tentang dunia. Ibu yang mendampingi perkembangan anak setiap detik. Jika ibu tidak memiliki pengetahuan apa-apa, ibu kehilangan jati dirinya sebagai rumah bagi sang anak. Justru ibu yang wajib memiliki pendidikan yang layak, karena dari dia seorang anak akan bertumbuh baik atau buruk.

4. Meningkatkan strata sosial
5 Alasan Perempuan Wajib Berpendidikan, Jangan Berhenti Belajar

Dalam lingkungan sosial, kamu akan mendapati seseorang yang berpendidikan akan lebih dihormati. Seseorang yang memiliki wawasan akan menempati strata sosial yang lebih baik. Baik seorang pria maupun perempuan dituntut untuk berpendidikan agar bisa memiliki kedudukan dalam lingkungannya.

Tanpa pendidikan kamu akan tersingkir dari kehidupan. Kamu tidak akan dihargai. Pendapatmu tidak akan bernilai, karena orang lain menilaimu tidak tahu apa-apa. Kehilangan jati diri dalam lingkungan, tidak akan membantumu meraih apa pun dalam hidup. Jadi jika ingin dihargai, kamu jelas harus berpendidikan.

5. Lebih banyak berbagi ke orang lain
5 Alasan Perempuan Wajib Berpendidikan, Jangan Berhenti Belajar

Apa yang bisa kamu bagi dengan orang lain, jika kamu pun tidak punya apa-apa? Jika materi tak ada, wawasan minimalis, tampang apa adanya, perilaku minim, apa yang bisa kamu harapkan dari orang lain memperlakukanmu?

Disadari atau tidak, pendidikan menjadi modal besar untukmu dalam menempatkan diri. Baik sebagai seorang anak untuk membanggakan orangtua. Sebagai seorang rekan untuk dihargai rekanmu yang lain. Sebagai seorang pasangan yang dibanggakan. Sebagai seorang istri yang dibanggakan oleh suami. Sebagai seorang ibu yang dibanggakan anak-anaknya karena dihormati oleh teman-temannya.

Pendidikan tidak hanya kamu dapatkan pada pendidikan formal. Pendidikan bisa kamu temui di mana saja. Hanya butuh satu hal, komitmen untuk mau belajar. Sumber pengetahuan bisa dari mana saja, di mana saja. Perempuan bagaimanapun statusnya saat ini, jelas gak boleh bodoh! Karena kamu adalah partner seumur hidup seorang pria, dan rumah pertama bagi anak-anakmu kelak.

Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang. Sebuah hak atas pendidikan telah diakui oleh beberapa pemerintah. Pada tingkat global, Pasal 13 Kovenan Internasional tentang Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya mengakui hak setiap orang atas pendidikan.

Meskipun pendidikan adalah wajib di sebagian besar tempat sampai usia tertentu, bentuk pendidikan dengan hadir di sekolah sering tidak dilakukan, dan sebagian kecil orang tua memilih untuk pendidikan home-schooling, e-learning atau yang serupa untuk anak-anak mereka.