Berikut Nasihat Untuk Kamu yang Terbiasa Menunda-Nunda Tugas

Berikut Nasihat Untuk Kamu yang Terbiasa Menunda-Nunda Tugas

Berikut Nasihat Untuk Kamu yang Terbiasa Menunda-Nunda Tugas – Ada yang pernah dengar istilah prokrastinasi? Untuk Grameds yang gemar bermalas-malasan dan suka menunda pekerjaan atau tugas. Kamu perlu membaca artikel ini hingga tuntas. Mengapa? karena di artikel kali ini penulis akan membahas mengenai sifat prokrastinasi atau sifat seseorang yang suka menunda-nunda pekerjaan.

Kebiasaan menunda-nunda tugas seolah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Hal itu disebut dengan prokrastinasi. Rasanya malas banget, deh, harus mengerjakan tugas yang seabrek. Apalagi kalau itu berkaitan dengan rumus-rumus yang rumit maupun materi yang super panjang.

Alih-alih mengerjakan, kamu lebih memilih aktivitas yang lain. Padahal kebiasaan prokrastinasi dapat membawa kerugian, lho. Baik kerugian untuk dirimu sendiri maupun orang banyak. Jika kamu masih setia dengan kebiasaan buruk tersebut, kurang-kurangi deh, atau kalau bisa dihilangkan sekalian.

1. Prokrastinasi membuat tugasmu sering keteteran
5 Nasihat untuk si Hobi Menunda, Yakin Mau Seperti Itu Terus?

Prokrastinasi itu memang kegiatan yang menyenangkan, kok. Pada awalnya kamu ingin bersantai dulu lima menit. Ketika waktu sudah usai kamu justru memperpanjangnya jadi lima belas menit sampai akhirnya berjam-jam sudah. Padahal kamu masih punya segudang tugas dan PR yang harus dikerjakan.

Padahal tanpa disadari, kebiasaan itu akan merugikan dirimu sendiri, lho. Tugas yang selalu kamu tunda untuk dikerjakan justru semakin menumpuk. Ibarat berenang-renang ke hulu berakit-rakit ke tepian, kamu akan mengalami kegembiraan di awal namun justru merasa sulit di belakang.

2. Kamu tidak dapat menyelesaikan tugasmu dengan maksimal
5 Nasihat untuk si Hobi Menunda, Yakin Mau Seperti Itu Terus?

Prokrastinasi atau menunda-nunda seolah menjadi kegiatan yang lumrah untuk dilakukan. Bukan satu dua orang saja kok yang melakukan kebiasaan tersebut, tetapi ada banyak orang. Bahkan bisa jadi prokrastinasi yang dilakukan oleh satu individu akan turut mempengaruhi individu lainnya.

Padahal menunda-nunda tugas justru akan membawa dampak negatif bagi dirimu. Akibat kebiasaan prokrastinasi yang tak berkesudahan, pada akhirnya kamu justru mengerjakan tugas dengan jurus kebut semalam. Tentu saja hal ini membuat tugasmu tidak dapat terselesaikan dengan maksimal, apalagi kalau menyangkut tugas-tugas yang sulit dan butuh persiapan panjang.

3. Kebiasaanmu membuat orang-orang enggan berada satu kelompok denganmu
5 Nasihat untuk si Hobi Menunda, Yakin Mau Seperti Itu Terus?

Meski terdengar sepele, namun kebiasaan prokrastinasi seolah sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging dalam diri banyak orang. Alih-alih segera mengerjakan tugas yang diberikan, kamu justru berleha-leha dan melakukan aktivitas lain yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Padahal apa yang kamu lakukan itu dapat membawa kerugian, lho. Kalau kerugian itu menyangkut dirimu sendiri, sih sepertinya itu memang resikomu. Tapi kalau sampai menghambat kerja sama kelompok, bukan tidak mungkin teman-temanmu akan enggan jika harus satu tim denganmu.

4. Sadarilah, prokrastinasi dapat membuat prestasimu menurun
5 Nasihat untuk si Hobi Menunda, Yakin Mau Seperti Itu Terus?

Meskipun kerugian akibat menunda-nunda tugas sudah seringkali didengar, namun hal tersebut tak juga membuatmu sadar dan bersedia untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Apa yang terjadi justru sebaliknya, kebiasaan prokrastinasimu malah semakin menjadi-jadi.

Padahal kebiasaan menunda-nunda belajar maupun mengerjakan tugas dapat membawa kerugian bagi diri sendiri, lho. Jika hal ini tak kunjung ditinggalkan, bukan tidak mungkin prestasimu justru akan mengalami penurunan.

5. Kelak di kemudian hari, kamu pasti akan menyesal
5 Nasihat untuk si Hobi Menunda, Yakin Mau Seperti Itu Terus?

Prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda seolah sudah menjadi budaya sehari-hari yang sudah sangat melekat bahkan sampai menyatu dengan jiwamu. Namun demikian, hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, lho. Setiap apa yang kamu lakukan kelak pasti akan menuai hasilnya.

Kebiasaan selalu menunda-nunda tugas maupun belajar tidak ada untungnya sama sekali. Kebahagiaan yang dirasakan hanya berada di awal saja, namun di akhir kamu pasti akan kesusahan. Jika hal itu terjadi, yang tersisa hanyalah rasa penyesalan yang dalam. Bagaimanapun juga, waktu yang sudah berlalu tidak dapat diputar kembali.

Nah, sekarang sudah paham kan istilah di atas ditujukan untuk siapa? Betul sekali, istilah di atas bisa Grameds tujukan kepada orang-orang “deadliners” atau yang sukanya mengerjakan sebuah tugas atau pekerjaan di menit-menit terakhir. Apakah Grameds adalah salah satunya? Kebanyakan orang tentu pernah menunda-nunda pekerjaan ataupun tugas. Mungkin beberapa orang akan menyertakan alasan mengapa mereka menunda pekerjaan tersebut, misalnya mengerjakan prioritas mereka terlebih dahulu.

Namun, beberapa orang justru melakukannya dengan sengaja. Dimana mereka menunda sebuah pekerjaan tersebut karena memang malas. Tipe yang kedua inilah yang bisa kita sebut sebagai sifat prokrastinasi. Prokrastinasi memang terdengar sebagai hal yang lumrah dilakukan. Namun demikian, jika terus dibiarkan juga akan meerugikan dirimu sendiri, lho.