Berikut Rahasia Dalam Menciptakan Kebahagiaan Dalam Hidup

Berikut Rahasia Dalam Menciptakan Kebahagiaan Dalam Hidup

Berikut Rahasia Dalam Menciptakan Kebahagiaan Dalam Hidup -Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau  perasaan  yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens.

Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya. Para filsuf dan pemikir agama telah sering mendefinisikan kebahagiaan dalam kaitan dengan kehidupan yang baik dan tidak hanya sekadar sebagai suatu emosi. Definisi ini digunakan untuk menerjemahkan eudaimonia ( εὐδαιμονία) dan masih digunakan dalam teori kebaikan.

Seandainya diberi pilihan, tentu kamu juga gak mau kalau hidupmu terus diliputi idn poker mobile kesedihan, kan? Namun pertanyaannya, bisakah kita mencoba menciptakan kebahagiaan yang seperti kekal dalam hidup ini? Tergantung bagaimana kamu mengartikan kebahagiaan dalam hidup juga, sih.

1. Memilih untuk terlebih dahulu tersenyum pada dunia
5 Rahasia di Balik Hidup Orang yang Terlihat Bahagia Terus

Bagi orang yang tampaknya bahagia terus, dia merasa tidak perlu menunggu dunia membahagiakannya. Dia dapat memulainya dengan cara yang sangat sederhana.

Yaitu, tidak bersungut-sungut setiap membuka hari. Apa pun masalah yang terjadi kemarin dan entah apa yang akan terjadi pada hari ini, dia akan mencoba bersikap ramah pada dunia.

Caranya simpel saja. Seperti tersenyum dan menyapa orang-orang, serta selalu berusaha mengembangkan pikiran positif tentang segala hal.

2. Menikmati kesibukan sehari-hari
5 Rahasia di Balik Hidup Orang yang Terlihat Bahagia Terus

Kesibukan sehari-hari akan terasa sebagai anugerah atau musibah tergantung cara pandang kita sendiri. Untuk orang yang senang bermalas-malas, kesibukan tentu melenyapkan kebahagiaan.

Akan tetapi, tidak demikian bagi mereka yang malah bingung kalau gak ngapa-ngapain seharian. Kesibukan yang kerap dianggap membelenggu justru menjadi kegiatan yang membebaskan energi mereka untuk hal-hal positif.

Mau sibuk bekerja, kuliah, atau mengurus rumah tangga semuanya terasa menyenangkan dan penting bagi mereka. Semua itu bukanlah kegiatan yang sia-sia.

3. Selalu punya waktu untuk melakukan hobinya
5 Rahasia di Balik Hidup Orang yang Terlihat Bahagia Terus

Ada banyak jenis hiburan yang dapat dinikmati. Akan tetapi, hiburan yang paling tepat untuk seseorang tentulah yang berkaitan dengan hobinya.

Oleh sebab itu, penting untukmu mengenali hobimu. Di tengah kepenatan oleh berbagai masalah hidup, kamu tinggal melakukannya untuk mengembalikan perasaan positifmu.

Gak usah malu juga bila hobimu sering dibilang kekanak-kanakan. Misalnya, mengoleksi mainan. Itu kan, hobimu. Bukan hobi orang lain.

4. Hidup sepenuhnya di masa kini
5 Rahasia di Balik Hidup Orang yang Terlihat Bahagia Terus

Boleh-boleh saja sesekali mengingat masa lalu untuk mengambil pelajaran dari suatu peristiwa. Akan tetapi, jangan terjebak di dalamnya, ya! Misalnya, terjebak penyesalan.

Begitu pula berangan-angan tentang masa depan tidaklah dilarang. Jika kamu dapat membayangkan kehidupan yang diinginkan di masa depan, kamu bakal lebih semangat berikhtiar.

Namun kalau cuma sibuk berangan-angan tentang masa depan, kamu akan lupa untuk berusaha semaksimal mungkin hari ini. Akibatnya, semua yang diangan-angankan gak ada yang kesampaian.

5. Gak mendramatisasi masalah yang dihadapi
5 Rahasia di Balik Hidup Orang yang Terlihat Bahagia Terus

Seceria apa pun seseorang kelihatannya, tetap saja dia pasti pernah punya masalah. Selayaknya manusia pada umumnya saja. Namun masalah itu sering gak diketahui oleh orang lain karena dia gak mendramatisasinya.

Coba saja bila dia suka membesar-besarkan setiap masalah dalam hidupnya. Semua orang pasti akan mengetahuinya. Dengan tidak mendramatisasi, apa pun persoalannya justru akan lebih mudah diselesaikan.

Meskipun pengukuran langsung derajat kebahagiaan masih menjadi tantangan, beberapa peneliti telah mengembangkan alat untuk melakukan hal itu, misalnya dengan The Oxford Happiness Questionnaire. Para peneliti juga telah mengidentifikasikan beberapa hal yang berhubungan dengan kebahagiaan: hubungan dan interaksi sosial, status pernikahan,  pekerjaan,  kesehatan, kebebasan demokrasi, optimisme, keterlibatan religius, penghasilan, serta kedekatan dengan orang-orang bahagia lain.