Berikut Tips Menanggapi Kritikan Dengan Pikiran Terbuka

Berikut Tips Menanggapi Kritikan Dengan Pikiran Terbuka

Berikut Tips Menanggapi Kritikan Dengan Pikiran Terbuka – Ketika konsumen merasa puas dan memuji produk atau jasa yang kita tawarkan tentu saja kita akan merasa senang. Lalu, bagaimana apabila konsumen mengkritiknya? Belum lagi jika kritikan tersebut disampaikan dengan cara yang tidak baik. Tidak jarang kita sebagai pemilik bisnis akan merasa tersinggung.

Kata kritikos diambil dari kata krenein yang berarti memisahkan, mengamati, menimbang, dan membandingkan Tidak ada satu pun orang yang terlahir sempurna di dunia itu, semuanya sama yakni memiliki kekurangan dan sisi yang mungkin tidak disukai oleh orang lain. Karena pada dasarnya kamu memang tidak bisa membuat semua orang menyukaimu sepenuhnya, kan?

Maka dari itulah wajar saja jika terkadang idn poker mobile ada yang memberikan kritik, entah itu pada hal yang tidak disukainya dari pribadimu atau kritik yang muncul karena kesalahan yang tidak kamu sadari. Namun bagaimana pun orang mengkritikmu, sangat penting untuk bisa menerimanya dengan pikiran yang terbuka. Akan tetapi bagaimanakah caranya agar bisa menerima kritik dengan pikiran terbuka?

1. Memahami penyebab kenapa orang mengkritikmu
5 Tips agar Bisa Menerima Kritikan Orang dengan Pikiran Terbuka 

Jika ada orang yang mengkritikmu, cobalah untuk memahami penyebab kenapa dia melakukan itu. Bisa jadi karena suatu hal yang kamu lakukan dan dianggap salah oleh orang lain, atau pembawaan dirimu yang dinilai tidak tepat.

Dengan mengetahui penyebabnya kamu jadi bisa lebih logis ketika dikritik, tidak langsung emosional atau bahkan tersinggung. Selain itu kamu juga bisa belajar dan memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi, karena kritik juga diperlukan untuk membantumu intropeksi diri.

2. Coba pandang kritik orang lain dengan sudut pandang positif
5 Tips agar Bisa Menerima Kritikan Orang dengan Pikiran Terbuka 

Cobalah pandang kritik orang lain dengan sudut padang positif, dengan begitu kamu pun jadi lebih bisa menerima kritikan dengan pikiran terbuka. Tidak semua kritik orang itu bermaksud jahat, ada yang bersifat membangun dan ada juga yang bermaksud mengingatkanmu. Dengan memandangnya dengan sudut pandang seperti ini kamu jadi tidak skeptis terhadap kritikan, lebih open minded dan mampu menerima kritik dengan baik.

3. Mengontrol diri untuk tidak terlalu sensitif
5 Tips agar Bisa Menerima Kritikan Orang dengan Pikiran Terbuka 

Tips ketiga agar bisa menerima kritik dengan pikiran terbuka ialah dengan mengontrol diri untuk tidak terlalu sensitif. Jangan memasukkan semua perkataan orang ke dalam hati, alias jangan gampang baper. Dewasakanlah pikiran dan emosionalmu agar tidak asal terpancing dengan kritikan orang, karena sebenarnya sensitif yang berlebihan itulah yang bisa membuatmu jadi berpikiran sempit terhadap kritik orang.

4. Terimalah kritikan dengan pikiran lurus dan logika, pokoknya jangan emosional
5 Tips agar Bisa Menerima Kritikan Orang dengan Pikiran Terbuka 

Kalau ada orang yang memberikanmu kritik, cobalah untuk menerimanya dengan pikiran lurus dan logika. Sebisa mungkin hindarilah menggunakan sisi emosionalmu kenapa? Karena dengan menggunakan logika kamu bisa lebih bijaksana dalam menanggapi berbagai hal, termasuk kritik. Lagipula tidak semua hal dalam hidup ini harus melibatkan emosional, kan. Jadi bijak-bijaklah dalam memilih kapan harus menggunakan logika dan kapan harus melibatkan emosi!

5. Memilah jenis kritik yang baik untuk didengar dan yang tidak
5 Tips agar Bisa Menerima Kritikan Orang dengan Pikiran Terbuka 

Sangat penting bagimu untuk memilih jenis kritik yang baik untuk didengar dan yang tidak. Karena kita semua juga tahu bahwa ada banyak jenis kritik, mulai dari yang membangun hingga kritik yang menjatuhkan. Tujuan orang lain dalam mengkritikmu pun juga berbeda-beda, dan di sini kamu membutuhkan kepekaan untuk bisa membedakan mana kritik yang mesti didengar dan yang baiknya diacuhkan saja. Dengan begitu kamu jadi bisa menerima kritikan orang dengan sikap yang sesuai serta pikiran terbuka.

Kritikus modern mencakup kaum profesi atau amatir yang secara teratur memberikan pendapat atau menginterpretasikan seni pentas atau karya lain (seperti karya seniman, ilmuwan, musisi atau aktor) dan, biasanya, menerbitkan pengamatan mereka, sering di jurnal ilmiah. Kaum kritikus banyak jumlahnya di berbagai bidang, termasuk kritikus seni, musik, film, teater atau sandiwara, rumah makan dan penerbitan ilmiah.

Itulah tadi tips yang bisa kamu gunakan agar mampu menerima kritikan orang dengan pikiran terbuka. Supaya kamu tidak salah dalam menanggapi kritik yang datang padamu, bahaya kan kalau sampai timbul kesalah pahaman dan memicu konflik cuma gara-gara berpikiran sempit atas kritik orang.