Cara Mengatasi Perasaan iri hati yang Merenggut Kebahagiaan

Cara Mengatasi Perasaan iri hati yang Merenggut Kebahagiaan

Cara Mengatasi Perasaan iri hati yang Merenggut Kebahagiaan  –  Iri hati adalah suatu emosi yang timbul ketika seseorang yang tidak memiliki suatu keunggulan—baik prestasi, kekuasaan, atau lainnya—menginginkan yang tidak dimilikinya itu, atau mengharapkan orang lain yang memilikinya agar kehilangannya.

Orang yang iri hati tidak hanya menyebabkan ketidakbahagiaan bagi dirinya sendiri, orang tersebut bahkan mengharapkan kemalangan orang lain. Russel berpendapat bahwa ketidakstabilan status sosial di dunia modern, juga doktrin kesetaraan dari demokrasi dan sosialisme, sangat berperan memperluas penyebaran iri hati dalam suatu kalangan masyarakat.

Iri hati, sebuah perasaan tidak menyenangkan yang sayangnya bisa timbul begitu saja tanpa pokervit mobile dicegah. Jika tak cerdik mengatasinya, bisa saja rasa iri itu mengambil alih hidup kita. Lebih parahnya, kamu akan menatap orang lain dengan tatapan sinis karena kamu tidak bisa melakukan apa yang mereka lakukan atau karena kamu tidak memiliki apa yang mereka punya.

1. Lihat di luar permukaan
5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

Jika merasa iri pada seseorang, kalianmungkin hanya melihat apa yang terlihat di permukaannya saja. Mungkin tampaknya mereka seperti dengan mudah memperoleh kesuksesan, cinta, dan kebahagiaan. Sementara kalian berjuang untuk mencapai salah satu dari hal-hal itu. Namun, penting untuk diingat bahwa hidup adalah sebuah perjalanan.

Jika seseorang memiliki kesuksesan, ada perjalanan berat yang telah mereka lalui. Jika seseorang memiliki cinta, ada berbagai pertengkaran yang pernah mewarnainya. Hal-hal menakjubkan tersebut tidak terjadi dalam semalam dan membutuhkan waktu. Kalian pun harus memberi diri sendiri waktu agar bisa mencapainya juga.

2. Luangkan waktu untuk diri sendiri
5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

Media sosial memudahkan orang untuk melihat bagian terbaik dari kehidupan orang lain. Media sosial bisa membuat orang lain tampak lebih bahagia dan sukses, sementara kalian sendiri berjuang untuk bisa seperti orang itu.

Jika kalian merasa iri pada seseorang, luangkan waktu untuk hanya fokus pada diri sendiri. Lakukan hal-hal yang akan membuat kalian bahagiaa. Luangkan waktu untuk fokus pada hal-hal yang membuat kalian merasa baik tentang diri sendiri.

3. Lihat ke dalam diri sendiri
5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

Jika kalian iri pada seseorang, luangkan waktu untuk memahami mengapa secara kalian merasa iri padanya. Mungkin kalian iri dengan karier atau penampilan atau kemampuan orang tersebut. Lalu mengapa kalian iri untuk hal itu?

Mungkin hal itu akan membawakan kalian kebahagiaan. Mungkin hal itu akan memberi kalian rasa percaya diri yang lebih. Bisa jadi hal yang benar-benar kalian inginkan itu dapat dicapai dengan cara yang berbeda.

4. Ketahuilah bahwa perasaan kalian itu tidak membuat kalian menjadi orang jahat
5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

Ketika kalian iri pada seseorang tentu hal itu bisa membuat frustrasi karena kalian tentu juga ingin merasa bahagia atas kesuksesan orang itu. Tidak hanya merasa iri, tetapi kalian juga merasa bersalah.

Kalian merasakan hal-hal yang selama ini kalian rasakan karena suatu alasan. Dan seringkali kalian harus menggali lebih dalam untuk memahami sumber sebenarnya dari perasaan itu dan pahami bahwa tak apa untuk merasakan apa yang kalian rasakan sekarang karena itu manusiawi.

5. Ketahuilah bahwa kalian itu berharga
5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

Jika merasa iri pada seseorang, biasanya itu karena kalian percaya dia lebih baik dari kalian. Kalian akan iri pada satu aspek kehidupan orang itu dan berpikir bahwa kalian tidak berharga karena tidak memiliki hal itu.

Yang benar adalah bahwa semua manusia itu berharga. Kalian mungkin tidak memiliki semua yang diinginkan dalam hidup saat ini, tetapi itu tidak menghilangkan nilai yang kalian miliki. Kalian tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena kalian itu sempurna apa adanya.

Rasa iri itu wajar untuk dirasakan. Tapi penting untuk diingat bahwa jangan sampai rasa iri itu membuat kalian menjadi sosok yang tak bisa lagi bersyukur akan apa yang kalian punya dalam hidup.

Karena itu iri hati adalah sesuatu yang jahat, tetapi menurutnya kejahatan ini musti ditanggung demi tercapainya suatu sistem sosial yang lebih berkeadilan. Sementara itu beberapa psikolog berpendapat bahwa ada dua jenis iri hati, yaitu iri hati yang berbahaya dan iri hati yang jinak; di mana saat ini iri hati jinak sedang diusulkan sebagai suatu jenis kekuatan motivasi yang positif. Namun belum ada penelitian ahli yang membuktikan hal tersebut.