Dampak Buruk Dari Kebiasaan Sering Jadian Dengan Rekan Kerja

Dampak Buruk Dari Kebiasaan Sering Jadian Dengan Rekan Kerja

Dampak Buruk Dari Kebiasaan Sering Jadian Dengan Rekan Kerja – Dalam konsep kerjasama tim, hubungan baik dengan rekan kerja adalah hal yang wajib dibina, tanpa adanya hubungan baik bukan tidak mungkin divisi kerja kamu bakalan kacau balau bahkan bisa jadi salah satu dari divisi kalian ada yang sampai diberhentikan, entah itu rekan kerja kamu atau mungkin kamu sendiri yang diberhentikan dari pekerjaan.

Untuk menjaga hal itu kita perlu membangun hubungan baik dengan rekan kerja, Caranya begini gaess. Sebagai orang dewasa yang pastinya memiliki ketertarikan dengan lawan jenis tentu hal ini menjadi wajar, salah satunya dengan rekan kerja. Namun sewajar apapun hal tersebut, untuk terjadi di lingkungan kerja bukan berarti baik jika sering ganti-ganti pasangan dan sering mengencani rekan kerja di kantor.

Bukan karena hubungan dengan rekan kerja itu dilarang, akan tetapi lebih kepada dampak yang bisa terjadi pada karier kalau terlalu santai dalam mengencani rekan kerja. Mulai dari diragukannya profesionalitasmu hingga rumor buruk yang mungkin beredar, mempengaruhi citramu, dan juga perusahaan.

1. Dihindari oleh relasi bisnis karena dianggap genit
5 Dampak pada Karier Jika Sering Mengencani Rekan Kerja

Wajar jika timbul anggapan seperti ini ketika dirimu sendiri yang menciptakannya dengan beganti-ganti teman kencan dan itu adalah rekan kerjamu sendiri. Hal ini sebenarnya bahaya untuk kariermu apalagi jika pekerjaanmu berhubungan langsung dengan para relasi perusahaan, yang ada malah mereka menolak untuk bekerja sama gara-gara citramu yang buruk.

Terlebih lagi relasi bisnis yang lawan jenis, mereka bakal lebih selektif dan menghindar karena takut didekati olehmu dan tak bisa profesional.

2. Terlihat tidak profesional dalam bekerja
5 Dampak pada Karier Jika Sering Mengencani Rekan Kerja

Karena pada dasarnya tempat kerja fungsinya untuk digunakan bekerja, bukan untuk merayu atau mengoleksi teman kencan dengan melakukan pendekatan ketika bekerja.

Jika kamu bekerja dengan sikap seperti ini maka jangan kaget kalau dinilai tidak profesional. Sebab dirimu saja tidak bisa menjaga hubungan kerja dengan mengencani rekan yang bekerja denganmu. Risiko fatalnya kamu bisa dipecat gara-gara ini karena membuat lingkungan kerja menjadi kurang nyaman.

3. Membuat citra perusahaan tempat kerja jadi buruk
5 Dampak pada Karier Jika Sering Mengencani Rekan Kerja

Alasan utama kenapa profesionalitas kerja harus dijunjung ialah untuk membagi urusan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Supaya kalau ada suatu hal yang terjadi, maka tempat kerja tidak ikut terkena imbasnya dan mendapat pengaruh buruk akan itu.

Namun dengan sikapmu yang sering mengencani rekan kerja justru menimbulkan dampak buruk, lho. Baik itu untuk dirimu atau perusahaan tempatmu bekerja akan sama-sama mendapat citra buruk dengan perlakuanmu yang sering berkencan dengan rekanmu sendiri, apalagi kalau sampai mengunggahnya di media sosial.

4. Keberhasilanmu diragukan dan dianggap sebagai hasil dari merayu
5 Dampak pada Karier Jika Sering Mengencani Rekan Kerja

Memang benar bahwa kamu tidak bisa mengatur orang lain untuk selalu berpikiran baik tentangmu, akan tetapi bagaimana penilaian orang lain terhadapmu sebenarnya juga dipengaruhi oleh sikap dan apa yang kamu tunjukkan pada orang lain. Sebagaimana mereka yang menilaimu sebagai seorang yang genit ketika melihatmu sering mengencani rekan kerja.

Salah satu dampak yang bisa ditimbulkan dari ini ialah, sekeras dan sebaik apapun kamu bekerja, kalau mengalami peningkatan karier maka orang pun akan berpikir bahwa hal itu kamu dapatkan dari merayu. Intinya kerja keras dan skill-mu jadi tidak terlihat jika dirimu sendiri tidak bisa menjaga citramu di depan orang lain.

5. Mengganggu pekerjaan jika terlibat masalah dengan orang yang kamu kencani
5 Dampak pada Karier Jika Sering Mengencani Rekan Kerja

Dampaknya yang terakhir kalau sering mengencani rekan kerja ialah jika terjadi suatu masalah dengan orang yang kamu kencani, maka hal itu pun bisa mengganggu pekerjaan. Entah itu konflik di tempat kerja, keributan yang ditimbulkan dari pertengkaran kalian hingga masalah lainnya yang mengganggu pekerjaan.

Lebih parahnya lagi kalau misalnya orang yang kamu kencani itu merupakan rekan kerja satu tim, pekerjaan bisa kacau dan membuat suasana di dalam tim menjadi tidak nyaman. Namun jika kamu siap dengan risiko seperti ini maka itu pilihanmu untuk mengencani siapa saja.

Ketika masuk kantor di pagi hari, tersenyumlah dan sapa semua orang. Bersikap ramah dan terbuka bisa berbuah sangat manis dengan suasana kerjamu. Kemudian stay positive gaess supaya kamu akan mudah didekati dan diajak bicara sama teman-teman kerjamu, cobalah tawarkan dia makan bareng ketika istirahat.
Selalu balas e-mail dan pesan dari teman-teman kerja atau bikin komunitas atau grup WA dan grup BBM khusus tim kerja kalian atau seluruh karyawan di perusahaan.  Usahakan juga untuk selalu mengangkat telepon mereka. Jangan sampai kamu memberi kesan seolah-olah mereka nggak penting.

Berkencan dengan rekan kerja memang bukan hal yang tabu, akan tetapi lebih baik dihindari jika kiranya bakal mengganggu profesionalitasmu dalam  bekerja. Karena seperti pembahasan tadi, dampaknya bisa membahayakan kariermu, nih.