Delapan Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Delapan Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Delapan Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia – kriminal adalah mempelajari mengapa orang melakukan kejahatan. Namun, mereka juga dapat diminta untuk menilai penjahat untuk mengevaluasi risiko pelanggaran kembali (seberapa besar kemungkinan orang tersebut akan dihina lagi di masa depan) atau untuk membuat kecurigaan tentang tindakan yang telah dilakukan penjahat setelah melakukan kejahatan. Bicara organisasi kriminal atau mafia pasti membuatmu berpikir tentang grup-grup paling legendaris macam Kartel Sinaloa dari Meksiko, Cosa Nostra yang berbasis di Sisilia dan New York, atau Yamaguchi Gumi, klan Yakuza terkuat di Jepang.

Seiring berjalannya waktu, Dilansir dari Poker IDNPlay organisasi kriminal bisa saja melemah karena peraturan yang diperketat, kesalahan strategi, hingga munculnya pesaing-pesaing baru yang tak kalah kuat. Seperti sembilan organisasi kriminal underrated berikut yang kini masuk dalam daftar terkuat bahkan terkaya di dunia. Apa dan siapa saja?

1. Camorra, Italia
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Camorra (Italia: [kaˈmɔrra]; Neapolitan: [kaˈmorrə]) adalah organisasi kriminal tipe Mafia Italia, atau perkumpulan rahasia, yang berasal dari wilayah Campania.

Camorra mulai dikenal luas di luar Italia setelah buku investigasi Roberto Saviano dirilis tahun 2006 lalu. Camorra sendiri bukan nama baru di negara asalnya, mereka muncul sejak abad ke-19 dan punya banyak anggota serta simpatisan dari kalangan kelas menengah ke bawah.

Keberadaan Camorra punya pengaruh besar dalam konstelasi politik dalam negeri Italia. Mereka secara tidak langsung berkontribusi dalam mengurangi pertentangan antar kelas karena kesenjangan ekonomi yang sangat kentara antara Italia bagian Selatan dan Utara.

2. ‘Ndrangheta, Italia 
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Ndràngheta adalah sindikat kejahatan yang berpusat di Calabria, Italia. Meskipun tidak seterkenal mafia Sisilia, ‘Ndrangheta merupakan sindikat kejahatan paling kuat di Italia pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an.

‘Ndrangheta berbasis di provinsi termiskin di Italia, Reggio Calabria. Kondisi geografisnya yang berupa perbukitan dan pegunungan cadas memang kurang menguntungkan. Namun, semua berbalik semenjak ‘Ndrangheta berhasil mendapatkan uang tebusan atas penculikan pewaris Getty Oil di tahun 70an. Uang tebusan tersebut mereka pakai untuk melebarkan bisnis dan membangun koneksi langsung dengan supplier kokain dari Kolombia dan Meksiko.

‘Ndrangheta bisa dibilang cukup pintar mengatur strategi. Dengan membangun jaringan di bagian Utara Italia, Eropa, dan Amerika Serikat, mereka menjadi penguasa distribusi kokain sepanjang samudera Atlantik.

3. Solntsevskaya Bratva, Rusia 
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Kelompok Kejahatan Terorganisir Solntsevskaya, juga dikenal sebagai Solntsevskaya Bratva, adalah kelompok sindikat kejahatan Rusia. Versi sederhana lainnya dari nama tersebut adalah Solntsevskaya Brotherhood dan Solntsevskaya geng.

Di tahun 2014, situs Fortune memasukkan organisasi kriminal asal Rusia ini sebagai yang terkaya dengan pendapatan menjadi delapan triliun dollar Amerika Serikat. Tidak banyak media yang melakukan investigasi atau wawancara dengan anggotanya. Namun, buku Federico Varese yang berjudul Mafias on the Move: How Organized Crime Conquers New Territories menulis satu bab khusus untuk Solntsevskaya Bratva.

4. National Liberation Army (ELN), Kolombia
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Tentara Pembebasan Nasional (Spanyol: Ejército de Liberación Nacional, ELN) adalah kelompok bersenjata sayap kiri revolusioner yang terlibat dalam konflik Kolombia yang berkelanjutan,[9] yang telah ada di Kolombia sejak 1964.

ELN merupakan salah satu kelompok militer gerilya sayap kiri yang terbentuk tahun 1964 ketika perang sipil pecah di Kolombia. ELN, FARC, EPL dan militer pemerintah saling melawan satu sama lain untuk memperluas teritori dan pengaruh ideologi masing-masing. Meski perang mereda, kelompok-kelompok tersebut masih eksis lewat aktivitas penculikan, pemerasan, dan teror.

5. Los Zetas, Meksiko
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Los Zetas adalah kelompok sindikat kriminal dari Meksiko. Kelompok ini dianggap sebagai kartel paling berbahaya, paling canggih, dan memiliki teknologi terbaik di Meksiko oleh pemerintah Amerika Serikat.

Setelah Kartel Sinaloa, Los Zetas bisa dibilang salah satu grup kriminal terkuat di Meksiko. Menariknya, anggotanya merupakan mantan pasukan elit Meksiko atau Grupos Aeromoviles de Fuerzas Especiales (GAFE). Pelopornya adalah Arturo Guzman yang direkrut ketua kartel Gulf untuk menjadi bodyguard-nya. Guzman kemudian berhasil mengumpulkan sejumlah personel pasukan elit untuk membelot dan bergabung dengan Kartel Gulf.

6. Kompania Bello, Albania
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Kompania Bello punya cara yang unik dalam mengoperasikan bisnisnya. Jika kebanyakan organisasi kriminal memisahkan diri dengan drug dealer yang beroperasi di jalanan, Kompania Bello memilih untuk menyatukan tengkulak dengan pembeli eceran dalam satu rantai kontrol.

Dilansir dari Balkan Insight, selain di negara sendiri, Kompania Bello mulai aktif dalam perdagangan narkoba lewat asosiasi-asosiasi yang tersebar di Belanda, Belgia, Itali, dan Ekuador sejak tahun 2014. Biasanya mereka merekrut diaspora orang Albania yang bermigrasi di negara-negara tersebut. Capo atau ketuanya sendiri bernama Dritan Rexhepi yang sudah keluar masuk penjara di berbagai negara. Di dalam penjara pun, Rexhepi masih bisa mengoperasikan bisnisnya, sama dengan kebanyakan petinggi mafia lainnya di dunia.

7. Jalisco New Generation Cartel (CJNG), Meksiko 
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Kartel Generasi Baru Jalisco atau CJNG, sebelumnya dikenal sebagai Los Mata Zetas, adalah kelompok kriminal Meksiko semi-militer yang berbasis di Jalisco yang dipimpin oleh Nemesio Oseguera Cervantes, salah satu raja narkoba paling dicari di dunia.

Beda dengan organisasi kriminal lainnya di Meksiko atau Italia yang memilih untuk tidak menggunakan kekerasan saat berurusan dengan aparat, CNJG dikenal jauh lebih nekat. Mereka dengan entengnya menembak pesawat Angkatan Darat Meksiko, membunuh polisi, jaksa, dan pejabat pemerintah. Mereka bahkan tak segan mencari korban warga sipil untuk menghalangi aparat menangkap petinggi mereka.

8. Triad, Hong Kong 
8 Organisasi Kriminal yang Dinilai Terkuat di Dunia

Triad adalah sebuah organisasi kriminal etnis Tionghoa yang berbasis di Hong Kong, Macau, Tiongkok Daratan, dan di negara-negara dengan populasi etnis Tionghoa yang besar seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Organisasi kriminal di Asia punya keunikan sendiri. Selain jenis narkoba yang berbeda, kebanyakan methamphetamine, ekstasi, heroin, dan jenis-jenis baru turunan opium, mereka juga melirik perburuan hewan dan penebangan pohon ilegal.