Ini Alasan Teman yang Sedikit Tidak Buat Kita Berkecil Hati

Ini Alasan Teman yang Sedikit Tidak Buat Kita Berkecil Hati

Ini Alasan Teman yang Sedikit Tidak Buat Kita Berkecil Hati – Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi.

Dalam pengertian ini, istilah “persahabatan” menggambarkan suatu  hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi dan perasaan . Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, sering kali hingga pada altruisme. Karena cuma punya sedikit teman, alhasil kamu sering dibilang kurang pergaulan, terlalu pilih-pilih dan tudingan buruk lainnya.

Tentu saja kesal, kan mendengar berbagai tuduhan negatif tersebut? Tenang, gak usah sebal begitu. Sebab gak selamanya punya circle sempit itu buruk, kok. Justru dirimu patut bersyukur, lho. Berikut lima alasan kamu gak perlu minder karena punya sedikit teman.

1. Dikelilingi teman yang banyak jumlahnya belum tentu membuatmu bahagia
5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Karena Punya Sedikit Teman

Tidak semua orang yang punya segudang teman hidupnya pasti bahagia. Ada pula yang justru merasa sebaliknya. Sebab kebahagiaan seseorang gak hanya dipatok dari jumlah temannya saja. Tapi bagaimana dia menyikapi hidup, serta selalu memandangnya dari sisi yang positif.

Begitu pula denganmu. Walaupun kawan dekatmu cuma ada empat orang, kamu tetap bisa merasa bahagia, kok. Kuncinya adalah bersyukur. Nyatanya walau temanmu sedikit, tapi kamu gak pernah merasa kesepian. Karena mereka semua penuh perhatian dan setia kawan.

2. Circle pertemanan yang sempit justru membuat kalian jadi makin solid
5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Karena Punya Sedikit Teman

Bayangkan betapa sulitnya menjaga kekompakan di antara puluhan orang. Memang bisa, tapi tetap butuh usaha yang lebih keras. Karena untuk menyamakan pandangan dua orang saja susahnya minta ampun. Bersyukur, temanmu cuma ada lima. Setidaknya, kalian lebih gampang menjaga hubungan persahabatan ini.

Bagaimana tidak, hampir setiap hari jalannya juga sama mereka-mereka saja. Otomatis lama-kelamaan kalian jadi terbiasa sama tabiat masing-masing. Jadi, kamu pun hafal karakter teman-temanmu satu per satu.

3. Jika ada masalah kamu gak bingung harus berbagi cerita ke siapa
5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Karena Punya Sedikit Teman

Karena sudah akrab banget sama geng-mu yang cuma terdiri dari enam personel ini. Maka tiap kali ada masalah, kamu gak bingung lagi mesti cerita ke siapa. Pilihannya juga hanya ada lima orang teman, kok. Bahkan kamu mulai nyaman terbuka sama mereka semua. Tanpa takut rahasiamu bakal terbongkar ke mana-mana.

Kalau pun ada salah satu teman yang sengaja membocorkan aibmu ke orang lain, kamu juga mudah menemukan siapa pelakunya. Jelas satu di antara lima teman dekatmu itu, dong. Jadi gak sampai asal tuduh yang malah bikin hubungan jadi gak nyaman.

4. Kamu bisa tampil apa adanya di depan mereka, gak perlu jaim segala
5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Karena Punya Sedikit Teman

Betapa asiknya bisa berteman dan menjadi diri sendiri di depan mereka. Kamu gak perlu jaga image hanya supaya dianggap baik atau satu server sama mayoritas temanmu. Sebab teman-teman yang cuma sedikit ini bisa menerima kamu apa adanya. Meskipun kamu berbeda dengan mereka.

Bagi kalian perbedaan yang ada gak perlu dijadikan sumber masalah. Melainkan melatih diri untuk tahu bagaimana caranya bertoleransi. Bayangkan jika kamu punya puluhan teman, belum tentu mereka semua bisa menerimamu apa adanya. Pasti ada saja yang gak suka tapi tidak berani bilang terus terang.

5. Punya banyak waktu luang untuk keluarga, pasangan dan dirimu sendiri
5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Karena Punya Sedikit Teman

Temanmu memang cuma sedikit, jadi maklum jika tidak setiap hari ada yang mengajakmu keluar untuk sekadar hangout ramai-ramai. Tapi di sisi lain, ini ada hikmahnya, lho. Kamu jadi punya banyak waktu untuk dihabiskan bareng keluarga atau pacarmu. Mau menikmati me time juga gampang saja. Tinggal pilih hari tanpa perlu nolak undangan kanan-kiri yang jatuhnya bikin sungkan sendiri. Gimana, asiyk juga, kan?

Seperti yang kita bahas di awal tadi, punya banyak atau sedikit teman bukan jadi jaminan orang akan memiliki kehidupan yang bahagia. Keduanya pasti ada plus dan minusnya, kok. Nah, buat kamu yang kebetulan memiliki circle pertemanan sempit, mulai sekarang jangan berkecil hati lagi, ya! Tetap syukuri apa yang dimiliki saat ini dan jaga persahabatanmu itu dengan sebaik-baiknya.

Selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan.

Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan sering kali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.