Inilah Tips Menjaga Hubungan Tetap Akur Dengan Mertua

Inilah Tips Menjaga Hubungan Tetap Akur Dengan Mertua

Inilah Tips Menjaga Hubungan Tetap Akur Dengan Mertua – Mertua adalah sebutan dalam hubungan/sistem kekerabatan yang merunjuk pada orang tua istri atau suami. Selain merujuk pada ayah mertua dan ibu mertua juga dapat merujuk pada kakek atau nenek mertua. Lawan dari kata mertua adalah menantu.

Ketika sudah berumah tangga dan masih tinggal serumah dengan orang tua, sering banget ditemukan konflik antara mertua dan menantu. Entah disebabkan karena mertua yang hobi ikut campur urusan rumah tangga sang anak, karena tidak suka dengan sifat menantu, hingga faktor yang lain.

Hal demikian jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan masalah besar, hingga dapat menciptakan konflik berkepanjangan antar idn poker mobile keduanya. Nah, supaya hal tersebut gak terjadi padamu, ini lima cara menjaga hubungan harmonis dengan mertua.

1. Bersikap baik dan perlakukan mertua seperti ibu kandung sendiri
Biar Tetap Akur, 5 Cara Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertua

Cara pertama menjaga hubungan harmonis dengan mertua yaitu, dengan bersikap baik dan perlakukan mertua seperti ibu kandung sendiri. Ya meski mereka bukan orangtua yang melahirkan dan membesarkanmu, namun sebagai mantu yang baik kita harus bisa memuliakan mereka.

Hormati mertua, bersikap sopan, dan sesekali habiskan quality time bersama.  Dengan begitu keakraban bisa terjalin antara kalian. Jangan malah sebaliknya dengan bersikap semena-mena dan berani dengan mertua sendiri.

2. Sesekali menghabiskan waktu bareng mertua
Biar Tetap Akur, 5 Cara Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertua

Cara selanjutnya yaitu, sesekali menghabiskan waktu bareng mertua. Sebagian dari kita, ada yang masih merasa canggung untuk sekadar ngobrol, atau menghabiskan waktu bersama mertua. Namun gak ada salahnya cara ini kamu coba. Kalian bisa pergi jalan-jalan, shopping berdua, mengagendakan masak bareng di rumah, dsb.

Selain itu kamu bisa menyisihkan waktu untuk mengagendakan liburan bersama. Ajak suami, anak, dan mertua untuk holiday bareng, supaya hubunganmu dengan keluarga besar bisa terjaga baik.

3. Menjalin komunikasi dengan baik
Biar Tetap Akur, 5 Cara Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertua

Salah satu kunci menjaga keharmonisan hubungan antara dirimu dan mertua yaitu komunikasi. Jalin komunikasi baik dengan mereka, jika ada yang mengganjal hati segera bicarakan. Selain itu, sesekali kamu bisa meminta saran jika hubunganmu dengan pasangan sedang bermasalah. Gakpapa kok itu dilakukan terpenting tahu batasan dan jangan terlalu banyak mengumbar.

Jika kamu dan pasangan sudah memiliki rumah sendiri, tetap jaga komunikasi lewat telepon untuk sekedar bertanya kabar, video call rame-rame, dan agendakan untuk berkunjung. Dengan begitu hubungan kalian bisa tetap terjaga baik.

4. Tunjukkan perhatian yang tulus
Biar Tetap Akur, 5 Cara Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertua

Selain tiga poin di atas, cara selanjutnya yaitu tunjukkan perhatian yang tulus. Saat mertua sedang merayakan ulang tahun atau anniversary pernikahan, kamu bisa memberinya kado atau hadiah kecil. Hal ini bisa membuktikan bahwa kamu ada sosok yang tulus dan selalu ingat hari-hari terpenting dalam hidupnya.

Penting lho ini kamu lakukan, supaya hubungan kalian bisa berjalan harmonis dan mereka jadi senang punya menantu yang pengertian seperti kamu. Jadi, tunjukkan perhatianmu padanya ya.

5. Tetap ada batasan antara urusan rumah tangga kalian dengan mertua
Biar Tetap Akur, 5 Cara Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertua

Untuk menjalin keharmonisan dengan mertua tidak semua hal bisa kamu bagikan atau ceritakan pada mereka. Tetap ketika sudah berumah tangga ada beberapa hal yang gak perlu diceritakan pada orang lain, cukup kamu dan pasangan saja yang tahu. Hal itu dilakukan supaya mereka gak ikut campur dalam urusanmu dengan pasangan.

Tetapkan batasan mana yang bisa dibagi dan mana yang tidak. Sebab salah satu hal yang bisa memicu masalah rumah tangga kalian yaitu, karena mertua yang terlalu ikut campur.

Sebagai menantu yang baik wajib untuk menjaga hubungan baik dengan mertua sendiri. Jadi, jika hubunganmu terasa renggang, coba lakukan tips di atas siapa tahu bisa membantu merekatkan hubungan kalian.

Ibu mertua adalah ibu dari suami atau istri. Ibu mertua bersama dengan ayah mertua merupakan orang tua dari pasangan suami atau istri dan dalam keluarga inti orang tua dari ipar yang disebut sebagai keluarga mertua. Dua orang wanita yang menjadi ibu dari seorang anak, keduanya tetap disebut ibu mertua, jika terhadap cucu juga tetap disebut nenek. Dalam serial komedi, ibu mertua kadang-kadang diidentikan sebagai kutukan kepada suami dari anak perempuannya.