Inilah Tujuh Media Sosial yang Mendominasi Kawasan Asia

Inilah Tujuh Media Sosial yang Mendominasi Kawasan Asia

Inilah Tujuh Media Sosial yang Mendominasi Kawasan Asia – Media sosial adalah teknologi interaktif yang memungkinkan penciptaan atau berbagi/pertukaran informasi, ide, minat karir, dan bentuk ekspresi lainnya melalui komunitas dan jaringan virtual. Berbicara soal media sosial, kita pasti akan terpikir Facebook. Tidak aneh, karena memang Facebook masih memegang titel sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Sementara tantangan terhadap definisi media sosial muncul karena beragamnya layanan media sosial yang berdiri sendiri dan terintegrasi yang tersedia saat ini, ada beberapa fitur umum. Selain itu, layanannya seperti Instagram dan WhatsApp pun juga sudah terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari.

Namun, di Asia, tidak semua orang menggunakan Facebook. Negara yang ketat seperti Tiongkok membuat warganya menggunakan media sosial domestik yang kemudian menyebar ke negara-negara Asia lainnya. Melansir dari idn poker ios (SMPerth), inilah 7 media sosial yang mendominasi kawasan Asia.

1. WeChat
7 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia

WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler (ponsel) yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, seperti Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, dan platform Symbian. fitur-fitur WeChat mencakup:

  • Pesan: Dengan 38 miliar pesan yang terkirim sejauh ini, WeChat dapat mengirim dan menerima pesan teks, visual, serta rekaman suara dan video. Selain itu, WeChat mendukung panggilan suara dan video
  • Jejaring sosial: Selain membuat konten sendiri berupa Moments (朋友圈), kamu dapat mengikuti update dari selebritas terkenal dan merek besar di WeChat
  • Pembayaran: WeChat juga mendukung pembayaran digital secara daring atau jadi dompet digital, sehingga kamu dapat mengirim dan menerima uang
  • Berbasis kota: Di Tiongkok, fitur WeChat dapat mengakses layanan di setiap kota. Jadi, kamu dapat memesan kendaraan, memesan makanan, menjadwalkan janji dengan dokter, dan lain-lain

Kegiatan di WeChat di pantau oleh pemerintah Tiongkok dan pemakaian di luar Tiongkok dipelajari untuk memperkuat algoritme dan penyensoran. Oleh karena itu, negara seperti India melarang penggunaan WeChat pada Juni 2020. Di Indonesia sendiri, beberapa perusahaan Tiongkok juga menggunakan super app ini untuk komunikasi internal.

2. Sina Weibo
7 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia

Sina Weibo adalah sebuah situs microblogging Tiongkok. Mirip dengan hibrida dari Twitter dan Facebook, ini adalah salah satu situs paling populer di Tiongkok, digunakan oleh lebih dari 30% dari pengguna internet,

Untuk versi di App Store, Weibo tersedia dalam Bahasa Inggris sejak 2017. Mayoritas pengguna utama Weibo adalah generasi Z. Di Tiongkok, Weibo sendiri adalah platform pemasaran yang efektif.

3. LINE
7 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia

LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. Pada akhir 2015, LINE menjelma jadi aplikasi media sosial terbesar di Jepang dengan 700 juta pengguna bulanan aktif.

fitur-fitur tersebut mencakup:

  • LINE Pay sebagai dompet digital
  • LINE Today sebagai layanan baca berita
  • LINE TV sebagai layanan video-on-demand
  • LINE Manga dan LINE Webtoon sebagai layanan baca komik
  • LINE Taxi sebagai layanan ride-hailing untuk menyaingi Uber
  • LINE Wow sebagai layanan memesan makanan untuk menyaingi UberEats
  • LINE Shopping sebagai layanan e-commerce
4. SNOW
7 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia

Snow adalah aplikasi perpesanan gambar dan multimedia yang dibuat oleh Camp Mobile, anak perusahaan raksasa pencarian internet Korea Selatan, Naver Corporation. Snow diluncurkan September 2015 oleh Camp Mobile.

SNOW dianggap sebagai aplikasi berbagi foto paling “warna-warni” di Asia. Dengan dana bantuan dari SoftBank (Jepang) dan Sequoia (Tiongkok), SNOW berambisi untuk mengembangkan teknologi realitas tertambah (AR) dan face recognition.

5. Youku
7 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia

Youku Inc., awalnya Youku.com Inc., yang disebut secara bisnis sebagai Youku adalah sebuah layanan berbagi video yang berbasis di China. Youku memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan dengan 800 juta penonton per hari!

Pada awalnya, Alibaba melihat potensi Youku sehingga mengakuisisinya pada 2015. Youku digunakan oleh Alibaba untuk memfasilitasi penjualan dan pemasarannya.

6. Qzone
7 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia

Qzone adalah situs jejaring sosial yang berbasis di China yang dibuat oleh Tencent pada tahun 2005. Ini memungkinkan pengguna untuk menulis blog, menyimpan buku harian, mengirim foto, mendengarkan musik, dan menonton video.

Dengan banyaknya pengguna aktif, QZone adalah platform yang baik untuk berbagi informasi dengan teman sejawat dan yang sehobi. Tidak jarang, pemasaran juga dilakukan lewat QZone.

7. Naver
7 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia

Naver adalah sebuah portal web populer di Korea Selatan, yang dimiliki oleh Naver Corporation. Naver diluncurkan pada bulan Juni 1999 oleh mantan karyawan Samsung, dan menjadi portal web pertama di Korea Selatan yang menggunakan sistem mesin pencari mereka sendiri.

Dijuluki “Google dari Korea Selatan”, Naver memiliki berbagai fitur dan layanan menarik, seperti:

  • Naver Cafe sebagai layanan forum untuk mengunggah konten dan berinteraksi dengan pengguna lain
  • Naver Blog sebagai layanan blog untuk penggunaan pribadi dan bisnis
  • Naver Webtoon sebagai layanan baca komik
  • Naver TV sebagai layanan tonton video dan drama
  • Knowledge iN sebagai layanan tanya jawab (mirip Quora)
  • Naver Encyclopedia sebagai layanan pencari informasi (mirip Wikipedia)
  • Naver Mail sebagai layanan surel
  • PRISM Live Studio sebagai layanan untuk siaran live dan mengedit video