Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Ketika Masuk Usia 30

Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Ketika Masuk Usia 30

Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Ketika Masuk Usia 30 – Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Ada sebagian orang yang menyambut gembira usia 30, tapi ada pula yang merasa gak ingin waktu berjalan dengan cepat supaya kepala tiganya bisa ditunda.

Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan. Mengapa ada sebagian orang yang merasa takut menghadapi usia 30 tahun? Hal itu bisa disebabkan adanya ekspektasi besar ketika seseorang sudah menginjak usia tersebut.

Berikut ini akan dibahas mengenai jenis ketakutan apa aja yang banyak orang alami menjelang usia kepala tiga. Jangan-jangan, kamu juga? Makanya, yuk, disimak!

1. Ketakutan fisik menua
5 Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Jelang Usia 30, Kamu Juga?

Banyak orang yang merasa jengkel kalau disebut-sebut akan menginjak usia kepala tiga. Seolah-olah kalau sudah umur 30 berarti sudah tua banget. Hal yang paling sering bikin khawatir adalah menurunnya kondisi penampilan fisik.

Memang banyak yang mengalami penuaan dini di usia 30-an. Namun, gak sedikit pula yang sudah menginjak usia 40 hingga 50 tahun, tapi penampilannya masih seperti remaja. Lakukan aja hal-hal yang perlu untuk dapat mencegah penuaan dini. Misalnya, rutin olahraga, makan makanan bergizi, dan merawat diri.

Lagipula, tua itu alami, kok. Memang sudah kodratnya manusia yang hidup akan menua. Jadi, gak perlu disikapi dengan berlebihan.

2. Takut karena masih belum punya pasangan
5 Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Jelang Usia 30, Kamu Juga?

Jenis ketakutan lain yang kerap mendera mereka jelang usia 30 adalah persoalan jodoh. Masih banyak yang beranggapan kalau sudah kepala tiga harusnya sudah punya keluarga. Kalau ada yang nyaman masih sendiri di usia sudah mendekati 30 dipandang aneh.

Ekspektasi masyarakat inilah yang kerap bikin kamu stres jadinya. Selain itu, rentan membuatmu mengambil keputusan keliru, misalnya asal pilih pasangan asalkan di usia 30 nanti gak sendirian. Iya kalau pasangannya benar, kalau salah bagaimana? Makanya, gak perlu mengambil keputusan yang tergesa-gesa, ya!

3. Takut nanti sudah gak subur lagi
5 Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Jelang Usia 30, Kamu Juga?

Ketakutan inilah yang dialami banyak perempuan. Karena merasa tujuan utama menikah adalah punya keturunan dan peluang mendapatkan keturunan semakin kecil ketika usia bertambah, banyak yang khawatir jika sampai usia 30 belum juga menemukan jodohnya.

Punya anak atau gak, bukan jadi keputusan manusia. Sekalipun kamu menikah di usia muda, gak jamin juga bakal langsung punya keturunan. Ada banyak contohnya, meski kondisi sistem reproduksi tak bermasalah tapi bertahun-tahun menikah belum juga dikaruniai buah hati.

4. Kalau usia 30 belum sukses, maka gak akan pernah sukses nantinya
5 Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Jelang Usia 30, Kamu Juga?

Dihadapkan pada berbagai informasi kesuksesan orang-orang di usia muda, terkadang bisa membuat mental breakdown juga. Gimana enggak, sementara orang lain sudah punya karier yang mantap, finansial yang mapan, tapi kamu merasa masih di sini-sini juga.

Belum lagi berhadapan dengan mitos kalau di umur 30 belum sukses, maka berpeluang gak akan sukses nantinya. Bila kamu punya pandangan seperti ini, sebaiknya buang jauh-jauh! Ingat, Colonel Harland David Sanders, pendiri KFC yang gerainya sudah tersebar di seluruh dunia, baru menikmati suksesnya itu setelah usia pensiun, lho.

Jadi, jangan biarkan mitos atau anggapan orang lain mendikte masa depanmu, ya!

5. Harus bersikap dewasa
5 Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Jelang Usia 30, Kamu Juga?

Setiap orang, berapa pun usianya, pasti memiliki sisi kanak-kanak. Gak berarti setelah menginjak usia 30 kamu gak bisa melakukan hal-hal menyenangkan yang sejatinya dilakukan oleh anak muda.

Sah-sah saja kok kalau kamu sudah berumur dan masih menggemari KPop, menghadiri konser, dan berbagai aktivitas menarik lainnya. Itu hak semua orang dan gak ada yang mematok harus sampai umur berapa bisa melakukan kegiatan tersebut.