Lima Alasan Kenapa Kamu Dilarang Merendahkan Diri Sendiri

Lima Alasan Kenapa Kamu Dilarang Merendahkan Diri Sendiri

Lima Alasan Kenapa Kamu Dilarang Merendahkan Diri Sendiri – Rasa rendah diri atau  minder atau low self-esteem, adalah perasaan bahwa seseorang lebih rendah dibanding orang lain dalam satu atau lain hal. Perasaan demikian dapat muncul sebagai akibat sesuatu yang nyata atau hasil imajinasinya saja. Walaupun terdengar mirip, rendah hati dan rendah diri adalah dua sikap yang berbeda. Jika rendah hati menunjukkan sikap menahan hasrat untuk tidak sombong, lain halnya dengan rendah diri.

Rasa rendah diri sering terjadi tanpa disadari dan bisa membuat orang yang merasakannya melakukan kompensasi yang berlebihan untuk mengimbanginya berupa  prestasi yang spektakuler, atau perilaku antisosial yang ekstrem, atau keduanya sekaligus. Sebab, tingkah yang satu ini bakal mendorongmu untuk menganggap diri sendiri tidak punya nilai atau kemampuan sama sekali.

Maka dari itu, kamu disarankan untuk tidak bersikap rendah diri atau sering pula disebut minder. Sebab, jauh di dalam dirimu pasti ada potensi yang patut dibanggakan, kok. Selain itu, berikut lima alasan kenapa kamu dilarang keras merendahkan diri sendiri. Hati-hati, jangan sampai jadi kebiasaan!

1. Kalau kamu gak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana orang akan menghargaimu?
5 Alasan Kamu Harus Stop Merendahkan Diri Sendiri, Gak Ada Gunanya

Sama halnya dengan mayoritas orang di luar sana, kamu pun pasti ingin keberadaanmu dihargai oleh orang lain. Lantas, bagaimana mereka mau menghargaimu, jika kamu sendiri selalu bersikap rendah diri seperti itu?

Makanya, mulai sekarang coba untuk lebih menghargai dirimu, ya. Tak masalah sekali-kali memuji kemampuan yang kamu miliki. Asal tidak berlebihan, orang lain bakal ikut bangga mendengarnya, kok.

2. Merendahkan diri gak selamanya menarik simpati orang
5 Alasan Kamu Harus Stop Merendahkan Diri Sendiri, Gak Ada Gunanya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, merendahkan dirimu sendiri tak selamanya mampu menarik simpati orang, lho. Malah mereka bakal kurang nyaman dengan sikapmu yang menjelek-jelekkan dirimu sendiri.

Kamu pasti sering menyalahkan diri sendiri atas musibah yang menimpa orang-orang di sekitarmu. Menganggap dirimu tidak becus bertindak, sehingga kemalangan ini harus terjadi.

Kamu berharap dengan begini orang akan berempati padamu, namun kenyataannya justru sebaliknya. Mereka mengira kamu sedang cari perhatian dan kondisinya sama sekali tidak pas. Cobalah untuk mengetahui hal ini, ya.

3. Lama-kelamaan, kamu jadi tersugesti kalau dirimu itu memang gak bernilai
5 Alasan Kamu Harus Stop Merendahkan Diri Sendiri, Gak Ada Gunanya

Awalnya, kamu hanya berniat membangun image sebagai sosok yang tidak sombong. Namun, karena sudah overacting, jatuhnya malah seperti orang minder.

Gawatnya lagi, karena ini dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu lama, pada akhirnya kamu jadi tersugesti juga. Bahwa apa yang kamu bilang selama ini memang benar adanya.

Di mana kamu adalah orang yang tidak punya kemampuan apa-apa, sering teledor dan bikin teman terdekatmu menanggung akibatnya. Padaha,  gak selamanya masalah atau kejadian buruk yang kamu alami adalah akibat dari perbuatanmu, lho.

4. Kamu membuka peluang untuk diremehkan orang lain
5 Alasan Kamu Harus Stop Merendahkan Diri Sendiri, Gak Ada Gunanya

Pasang image rendah tak jarang malah membuka peluang buruk bagi orang yang gak suka padamu. Jadi, mereka punya celah untuk lebih merendahkanmu lagi. Jangan heran kalau belakangan kamu merasa ada beberapa teman yang kerap meremehkanmu.

Kalau ucapan mereka ditelan mentah-mentah, otomatis kamu telah masuk jebakannya. Apalagi sampai membuatmu terpuruk dan percaya begitu saja sama penilaian itu. Baru setelah itu menyesal karena selama ini menyembunyikan potensi dan malah bersikap minder supaya mendapat simpati.

5. Bangga pada diri sendiri bukan berarti sombong
5 Alasan Kamu Harus Stop Merendahkan Diri Sendiri, Gak Ada Gunanya

Berhentilah bersikap rendah diri dan tunjukkan kalau kamu juga punya potensi. Bangga pada kemampuan diri sendiri itu gak ada salahnya, kok. Banyak orang yang sering melakukannya, namun dengan catatan gak boleh berlebihan.

Daripada minder terus, padahal kamu punya talenta yang mumpuni, lebih baik asah kemampuan tersebut. Dengan begitu, ada sesuatu dalam dirimu yang dibanggakan.

Tujuannya memang baik, supaya tidak jadi pribadi yang arogan dan sombong. Namun, mau bagaimana juga, bersikap rendah diri tetap gak bisa dibenarkan. Banyak kerugian yang bakal kamu temui kalau terus saja memelihara sikap tersebut.