Lima Alasan Penggunaan SosMed Buat Perasaan Capek Hati

Lima Alasan Penggunaan SosMed Buat Perasaan Capek Hati

Lima Alasan Penggunaan SosMed Buat Perasaan Capek Hati – Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, Pernah gak kamu berada pada kondisi sedang tidak baik-baik saja, namun di samping itu kamu juga gak tahu harus melakukan apa supaya bisa mengatasi hal tersebut?

Kemudian emosi menjadi tak terkontrol hingga berujung pikiran yang semakin runyam. Tanpa kamu sadari keadaan demikian mengindikasikan bahwa kamu sedang berada pada titik capek secara hati dan pikiran. Lantas apa sebenarnya penyebab perasaan tersebut?

Nah, tak banyak yang tahu bahwa media sosial bisa menjadi salah satu faktor pemicu munculnya perasaan capek hati dan pikiran. Begini lima alasan di balik kondisi tersebut. Simak dengan baik, ya!

1. Kamu menggunakan media sosial dengan terlalu sering
5 Sebab Penggunaan Media Sosial Bisa Bikin Capek Hati dan Pikiran

Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bermain media sosial bisa menjadi salah satu pemicu perasaan capek hati dan pikiran.Saat kamu terlalu fokus pada media sosial, kamu cenderung menempatkan media sosial menjadi prioritas utama. Imbasnya, kamu jadi lupa dengan realita kehidupan yang sebenarnya.

Jika hal itu dilakukan terus-menerus, maka kamu akan kehilangan value dari dirimu yang bikin kamu lelah sendiri dengan keadaan.

2. Kamu kerap overthinking atas sesuatu yang terdapat di media sosial
5 Sebab Penggunaan Media Sosial Bisa Bikin Capek Hati dan Pikiran

Penggunaan media sosial yang toxic pasti akan merugikan dirimu sendiri. Misalnya, kamu jadi overthinking mengenai segala hal yang kamu lihat di media sosial. Kamu berpikir mengenai kehidupan yang kamu anggap bahagia layaknya salah satu postingan yang kamu lihat di media sosial atau kamu justru berpikir kalau hidupmu gak sebahagia mereka sehingga kamu mulai merasa insecure.

Bukankah overthinking hanya akan memambah masalah yang sebelumnya gak ada? Itulah mengapa media sosial bisa membuatmu capek hati dan pikiran apabila tidak dikontrol dengan benar.

3. Kamu terpengaruh pada standar kebahagiaan yang ‘diciptakan’ oleh media sosial
5 Sebab Penggunaan Media Sosial Bisa Bikin Capek Hati dan Pikiran

Lelah secara mental juga dapat bersumber dari sikap kamu dalam menentukan kadar bahagia layaknya orang lain. Seperti apa yang kamu lakukan ketika bermain media sosial, banyaknya postingan dari orang-orang yang ‘terlihat’ bahagia membuatmu mendambakan kebahagiaan yang serupa.

Padahal, bahagia itu bukan diciptakan, namun dihadirkan dari hati masing-masing. Bahkan mereka yang berusaha membagikan momen bahagianya juga belum tentu benar-benar merasakannya. Jadi, jangan bikin hati dan pikiranmu capek sendiri dengan hal-hal seperti itu.

4. Kamu jadi membandingkan kehidupanmu dengan orang lain di media sosial
5 Sebab Penggunaan Media Sosial Bisa Bikin Capek Hati dan Pikiran

Ketika kamu melihat media sosial yang diliputi kehidupan tentang kesuksesan bahkan keberuntungan mengenai orang lain, maka kamu bisa saja terpengaruh untuk membandingkan diri dengan orang tersebut apabila tidak bisa mengontrol diri sendiri. Sebab, perasaan insecure mudah sekali muncul dalam kondisi demikian.

Jika hal itu terus kamu lakukan, maka dapat dipastikan kamu terjebak pada rasa lelah berkepanjangan yang bisa bikin kamu kehilangan kualitas hidup.

5. Kamu menjadikan media sosial sebagai suatu pelarian
5 Sebab Penggunaan Media Sosial Bisa Bikin Capek Hati dan Pikiran

Dalam kehidupan, pasti akan dihadapi dengan beragam persoalan. Namun, cara untuk menyelesaikannya bagi setiap orang tentu beragam. Ada yang memilih untuk fokus pada penyelesaian dalam kehidupan yang sebenarnya, ada pula yang justru memilih media sosial sebagai pelarian akan masalah tersebut. Misalnya, mengubar masalah di akun media sosial pribadi atau bahkan tak segan mengeluarkan beberapa kata-kata yang kurang etis demi melampiaskan emosi sesaat.

Bukankah hal demikian hanya akan membuatmu lelah dan gak menemukan jalan keluar?