Lima Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Gagal untuk Menabung

Lima Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Gagal untuk Menabung

Lima Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Gagal untuk Menabung – Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu. Setiap orang tentu memiliki impian untuk memiliki tabungan yang cukup di masa depan sehingga memiliki hidup yang terjamin di masa tua.

Kegiatan menabung dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya menyimpan di rumah, seperti di bawah bantal, di bawah tempat tidur, ataupun menyimpannya di bank. Namun, gak sedikit yang melewatkan impian tersebut karena berbagai hal seperti faktor finansial dengan gaji yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun, jika kamu memiliki gaji yang terbilang cukup dan stabil, tapi kamu masih gak bisa menabung, berarti ada kebiasaan yang salah, nih. Apa saja? Yuk, simak kebiasaan sepele yang bikin kamu gagal menabung berikut ini.

1. Gak punya target finansial
5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Gagal Menabung, Fokus, yuk!

Kebiasaan sepele yang bikin kamu gagal menabung salah satunya adalah gak punya target finansial. Jika kamu gak memiliki rencana dan target dalam keuangan, maka kamu akan sulit untuk mewujudkan impian di masa depan.

Jadi mulai sekarang coba untuk membuat target dalam jangka panjang dan jangka pendek. Misalnya, dalam jangka 10 tahun ke depan kamu ingin memiliki rumah sendiri. Jika kamu sudah memiliki target seperti ini, kamu pun akan lebih termotivasi dan disiplin dalam mengatur keuangan, termasuk untuk menabung.

2. Merasa menabung adalah beban
5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Gagal Menabung, Fokus, yuk!

Siapa, nih, yang sering merasa kalau menabung adalah sebuah beban? Jika iya, segera ubah pola pikir ini sekarang. Gak sedikit orang yang merasa terbebani menyisihkan uang untuk ditabung karena berpikir harus lebih ekstra menahan pengeluaran.

Kamu bisa mengubah pola pikir ini dengan berpikir bahwa menabung adalah salah satu cara untuk menghargai hasil kerja kerasmu saat ini. Tabungan yang kamu miliki saat ini tentu akan berguna di masa depan. Jadi, kamu pun gak akan merasa terbebani lagi untuk menabung.

3. Gak mencatat pengeluaran
5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Gagal Menabung, Fokus, yuk!

Selanjutnya kebiasaan yang sering dilakukan adalah gak mencatat pengeluaran sehari-hari. Mungkin ini terdengar sepele, namun nyatanya ini berpengaruh dengan alur keuanganmu. Ini juga salah satu hal yang bikin kamu gagal menabung.

Makadari itu penting sekali mencatat pengeluaran untuk memonitor kemana saja uangmu selama ini dan kamu gunakan untuk apa. Ini untuk menghindari hal seperti uang yang tiba-tiba habis tanpa kamu tahu kemana arahnya.

4. Menunggu sisa gaji untuk ditabung
5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Gagal Menabung, Fokus, yuk!

Kebiasaan ini sepertinya sudah gak mengherankan dan sering menjadi alasan bagi kamu yang gak bisa menabung. Nah, banyak orang beranggapan kalau uang yang ingin ditabung, diukur dari sisa gaji yang telah kamu gunakan.

Jika kamu terus melakukan metode tersebut maka rencanamu untuk menabung akan terus tertunda hingga tak ada gaji yang tersisa untuk ditabung. Segera ubah kebiasaan ini dengan cara menabung di awal bulan, jadi penghasilanmu akan aman jika ditabung terlebih dahulu. Sehingga kamu pun bisa menggunakan sisa gaji untuk kebutuhan lain.

5. Gaya hidup yang tinggi dan boros
5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Gagal Menabung, Fokus, yuk!

Salah satu kebiasaan yang bikin kamu boros adalah menjalani gaya hidup yang tinggi dan mewah seperti suka membeli barang-barang mahal. Apalagi jika pengeluaranmu lebih besar dibandingkan pemasukan, ini tentu gak baik bagi kesehatan finansialmu.

Memang gak ada salahnya jika kamu ingin membeli sesuatu sebagai bentuk self reward. Tapi, cobalah untuk  belajar mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan. Karena biasanya keinginan hanya bersifat sementara dan gak ada habisnya.