Lima Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan Jadi Admin SosMed

Lima Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan Jadi Admin SosMed

Lima Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan Jadi Admin SosMed РSiapa yang masih suka meremehkan pekerjaan yang satu ini? Meski kerap dianggap sepele, profesi social media specialist justru sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan akhir-akhir ini. Admin Social Media adalah sebuah seseorang yang bekerja dalam mengoperasikan, mnegelola dan mengawasi semua kegiatan yang berhubungan dengan social media.

Bagi setiap perusahaan, tentunya pekerjaan menjadi admin social media perusahaan sangat dicari dan dibutuhkan. Sebab, seiring perkembangan zaman dan efek dari masa pandemi, kini banyak perusahaan yang berupaya untuk merambah dunia digital marketing. Salah satunya yaitu dengan cara membangun media sosial perusahaan.

Mulai dari berinteraksi dengan followers, memberikan ide konten untuk tim desain visual, dan yang tak kalah penting membangun citra perusahaan. Lalu, apa saja sih keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjadi mimin sosmed? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Selalu update berita terkini dan fitur terbaru sosial media
5 Keuntungan Jadi Admin Media Sosial, Bukan Profesi Remeh

Sebagai seseorang yang bekerja di bidang sosial media, maka kamu harus selalu update berita terkini agar konten dan caption yang kamu buat bisa relate dengan fenomena yang sedang terjadi di tengah masyarakat.

Termasuk jika ada fitur baru di salah satu platform sosial media, kamu harus jadi orang pertama yang mencoba mengaplikasikannya. Hal tersebut berguna agar akun sosmed yang sedang kamu kelola bisa terus berkembang dan berkesempatan untuk meraih reach atau jangkauan yang luas hasil dari fitur terbaru yang ada di setiap platform sosmed.

2. Terlatih untuk berpikir cepat dan kreatif
5 Keuntungan Jadi Admin Media Sosial, Bukan Profesi Remeh

Karena kamu selalu update berita terbaru, maka kamu juga harus siap sedia apabila suatu waktu harus merevisi content plan alias rencana konten yang telah dibuat.

Melalui proses ini kamu pun harus berpikir cepat dan kreatif. Semakin cepat kontenmu dipublikasikan, maka ada kemungkinan kontenmu akan ikut viral karena ide konten yang selaras dengan kejadian terkini.

Namun, perlu diperhatikan juga, bahwa konten yang kamu buat mesti tetap unik dan tak menyalahi aturan. Sebagai contoh, tidak mengandung SARA apalagi hate speech. Pertimbangkan pula apakah kontenmu relevan atau tidak dengan followersmu. Ingatlah bahwa unggahan kamu sangat berpengaruh pada citra brand yang sedang kamu kelola.

3. Memiliki manajemen waktu yang baik
5 Keuntungan Jadi Admin Media Sosial, Bukan Profesi Remeh

Bekerja di ruang lingkup media sosial berarti kamu juga harus siap dengan manajemen waktu yang baik. Ini erat kaitannya dengan jadwal posting. Jika kamu telat upload, bisa-bisa engagement turun karena tidak diunggah di jadwal yang semestinya saat mayoritas followers-mu sedang aktif.

Selain itu, terkadang ada juga beberapa unggahan yang sifatnya mendesak. Hal tersebut berlaku untuk konten tak terduga. Bisa jadi seperti ucapan bela sungkawa atas kepergian seseorang atau bencana yang terjadi di luar dugaan. Jadi, kamu harus senantiasa siap sedia.

4. Menambah skill menulis
5 Keuntungan Jadi Admin Media Sosial, Bukan Profesi Remeh

Karena setiap hari kamu terbiasa untuk menulis caption, tanpa kamu sadari skill menulismu pun akan terus bertambah dari hari ke hari. Sebagai tips, biar kamu gak mengalami writer’s block alias kehabisan ide menulis, jangan lupa untuk tetap rajin membaca dan rehat sejenak saat kamu mulai merasa kehabisan ide untuk menulis, ya!

5. Bisa melatih public speaking
5 Keuntungan Jadi Admin Media Sosial, Bukan Profesi Remeh

Kini, sosial media tidak hanya menawarkan konten foto dan tulisan. Banyak fitur seperti di Tiktok dan Instagram yang berfokus pada konten video. Maka, seorang social media specialist juga tak jarang harus turut mengambil andil dalam pembuatan video tersebut, baik video yang direkam ataupun via live streaming.

Nah, pada kesempatan ini, kamu bisa melatih skill public speaking kamu, lho. Kamu bisa memulainya dengan cara live streaming sambil berinteraksi langsung dengan para followers. Lama kelamaan, kamu pun akan terbiasa untuk berbicara di depan umum.