Mari Turut Membantu Pelaku UMKM Bertahan di Situasi Pandemik

Mari Turut Membantu Pelaku UMKM Bertahan di Situasi Pandemik

Mari Turut Membantu Pelaku UMKM Bertahan di Situasi Pandemik – (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. UMKM artinya bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM didasarkan batasan omzet pendapatan per tahun, jumlah kekayaan aset, serta jumlah pegawai.

Pandemik COVID-19 memberikan pukulan keras bagi banyak hal, salah satu yang paling terdampak adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Padahal, UMKM memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian masyarakat. UMKM membawa pertumbuhan dan inovasi ke lingkungan, menyediakan lapangan kerja, menciptakan peluang kewirausahaan, dan mendukung ekonomi lokal.

Karenanya, kita semua harus bahu membahu membantu pelaku UMKM bertahan di tengah situasi krisis ini mengingat idn poker mobile manfaat UMKM bagi masyarakat juga sangat besar. Memang, pemerintah Indonesia sudah melakukan banyak hal untuk membantu pelaku UMKM tetap bertahan, seperti memberikan stimulus, keringanan kredit, relaksasi pajak, hingga pelatihan. Namun, mengingat besarnya dampak pandemik ini, pemerintah juga memerlukan kerja sama dari kita semua untuk turut membantu memulihkan Indonesia dengan mendukung UMKM.

1. Berbelanja di warung sekitar rumah

5 Cara Membantu UMKM tetap Bertahan di Tengah Pandemik

Di situasi pandemik ini, kamu yang masih memiliki cukup penghasilan harus lebih sering berbelanja di warung-warung kecil sekitar rumahmu. Selain kebutuhan sehari-hari, kamu juga bisa membeli pulsa dan voucher kuota internet di konter terdekat. Dengan demikian, para pedagang akan mendapatkan penghasilan yang bisa diputar sebagai modal untuk terus menjalankan usaha.

Selain itu, keuntungan yang didapat juga bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemik. Meskipun sederhana, tapi apa yang kamu lakukan sudah dapat membuat mereka tetap semangat untuk bertahan di tengah situasi krisis ini.

2. Beli makanan secara online
5 Cara Membantu UMKM tetap Bertahan di Tengah Pandemik

Kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang sangat terdampak oleh COVID-19. Kamu bisa membantu pengusaha makanan dengan tetap membeli makanan pada para pelaku UMKM. Namun, untuk tetap memastikan keamanan diri sendiri dan orang lain, ada baiknya kamu memesan makanan secara online.

Ada banyak restoran dan warung makan yang menyediakan jasa untuk mengirimkan makanan ke rumah pelanggan. Atau, kamu juga bisa menggunakan jasa pesan antar makanan online. Dengan begitu, kamu bisa membantu pengusaha makanan, pengantar makanan, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

3. Bantu pelaku UMKM memanfaatkan internet
5 Cara Membantu UMKM tetap Bertahan di Tengah Pandemik

Salah satu cara wajib agar bisnis kecil tetap bertahan di era pandemik ini adalah dengan go online. Sayangnya, tidak semua pelaku UMKM terpikir atau memiliki pengetahuan untuk menjalankan bisnisnya secara online. Untuk itu, kamu bisa mengajak dan mengajari mereka memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis.

4. Promosikan bisnis dari mulut ke mulut dan beri ulasan yang baik
5 Cara Membantu UMKM tetap Bertahan di Tengah Pandemik

Promosi dari mulut ke mulut bisa menjadi cara terbaik untuk membantu pelaku UMKM mendatangkan pelanggan baru. Ulasan positif memungkinkan calon pelanggan melihat bahwa bisnis itu menawarkan sesuatu yang layak dan tidak akan mengecewakan pelanggan.

Jadi, bantu mereka menarik pelanggan dengan memberi ulasan yang baik di media sosial, Google Maps, dan mempromosikannya dari mulut ke mulut. Jika kamu aktif di media sosial, kamu bisa membantu UMKM agar lebih dikenal melalui media sosial.

5. Berikan tip sesuai kemampuan
5 Cara Membantu UMKM tetap Bertahan di Tengah Pandemik

Bagi beberapa pelaku UMKM, pandemik COVID-19 membuat penghasilan mereka berkurang. Hal ini berdampak pada tidak lancarnya arus kas.

Alhasil, mereka harus memutar otak dengan menggunakan cadangan uang atau memotong gaji pegawai agar bisnis tetap bertahan. Agar bisa sedikit membantu dan menyenangkan hati mereka, berikan tip tambahan sesuai kemampuanmu. Meskipun sedikit, ini bisa terasa sangat berarti bagi mereka.

Sedangkan usaha menengah adalah usaha dalam ekonomi produktif dan bukan merupakan cabang atau anak usaha dari perusahaan pusat serta menjadi bagian secara langsung maupun tak langsung terhadap usaha kecil atau usaha besar dengan total kekayan bersihnya sesuai yang sudah diatur dengan peraturan perundang-undangan.