Sederet Budaya Membayar Tagihan Kencan di Berbagai Negara

Sederet Budaya Membayar Tagihan Kencan di Berbagai Negara

Sederet Budaya Membayar Tagihan Kencan di Berbagai Negara – Kencan adalah tahap hubungan romantis manusia dimana dua orang bertemu dengan tujuan menilai kesesuaian sebagai calon pasangan dalam suatu hubungan intim atau pernikahan. Beberapa waktu belakangan ini, sempat viral mengenai salah satu budaya kencan, yaitu split bills.

Kencan adalah suatu bentuk kegiatan pengenalan yang terdiri dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pasangan, baik sendiri atau dengan orang lain. Di Indonesia sendiri berkembang sebuah paradigma liar jika seorang pria wajib membayar tagihan kencan, entah itu makan, nonton film di bioskop, nongkrong di coffee shop, dan lain sebagainya.

Rupanya, budaya seperti ini ternyata tidak berlaku, lho, di berbagai belahan dunia lainnya. Bahkan, ada negara yang memiliki semacam peraturan tidak tertulis jika orang yang berusia lebih tualah yang harus membayar tagihan kencan, tak peduli ia pria ataupun wanita. Berikut ini sederet budaya membayar tagihan kencan yang jama terjadi di berbagai negara lainnya.

1. Filipina
5 Budaya Split Bills di Berbagai Negara, Gak Melulu Cowok yang Bayar

Biasanya orang Filipina akan melakukan kesepakatan terlebih dahulu mengenai urusan tagihan kencan ini, mau dibayar berdua atau hanya salah satu saja yang membayar.

Meski begitu, umumnya pada kencan pertama terutama masyarakat di Filipina akan membagi bills berdua atau yang usianya lebih tua-lah yang akan membayar. Konon katanya biar dipandang lebih terhormat.

2. Australia
5 Budaya Split Bills di Berbagai Negara, Gak Melulu Cowok yang Bayar

Umumnya, bills kencan di Australia dibayar dengan membagi rata biaya total tagihan keseluruhan. Tapi, biasanya mereka juga akan menyesuaikan dengan penghasilan siapa yang lebih tinggi tanpa memandan gender.

Meski salah satu pihak memiliki penghasilan yang lebih tinggi, mereka juga akan membagi tagihan kencan, lho! Perbedaan hanya terletak pada presentase pembagian besaran nominal saja.

3. Korea Selatan
5 Budaya Split Bills di Berbagai Negara, Gak Melulu Cowok yang Bayar

Sebenarnya, di negara ini budaya split bill jarang banget dilakukan karena semacam ada aturan tidak tertulis jika orang yang lebih tua-lah yang mesti membayar berapapun tagihan kencan dihabiskan. Hal ini dilakukan terutama jika yang lebih tua itu adalah laki-laki.

4. Meksiko
5 Budaya Split Bills di Berbagai Negara, Gak Melulu Cowok yang Bayar

Beda dengan negara lainnya, Meksiko punya “aturannya” sendiri untuk urusan membayar tagihan kencan ini. Orang yang membayar tagihan ialah orang yang mengundang atau mengajak.

Jadi, kamu perlu kroscek budget terlebih dahulu, nih, sebelum mengajak seseorang kencan di Meksiko. Apalagi kalau orang yang kamu ajak kencan tersebut berencana mengajak serta orang lain dalam kencan kamu. Bisa tekor kalau tidak diperhitungkan dulu secara matang sebelumnya.

5. Belanda
5 Budaya Split Bills di Berbagai Negara, Gak Melulu Cowok yang Bayar

Sedangkan kalau di Belanda beda lagi urusannya. Budaya split bills di negeri kincir angin ini kental banget. Mereka terbiasa untuk membayar makanannya masing-masing.

Nah, itu dia sederet budaya split bills dari berbagai negara. Kalau kamu sendiri lebih cocok dengan budaya kencan yang mana? Cowok yang harus bayarin atau sudah sewajarnya split bills, nih?