Sikap Masa Bodoh yang Terkadang Diperlukan Bagi Diri Sendiri

Sikap Masa Bodoh yang Terkadang Diperlukan Bagi Diri Sendiri

Sikap Masa Bodoh yang Terkadang Diperlukan Bagi Diri Sendiri – Menjalani hidup ini memang tidak selamanya mudah. Kita sering kali dihadapkan berbagai masalah dan hal-hal menyebalkan. Masalah hidup memang harus segera diselesaikan. Namun, terlalu memikirkan permasalahan hidup ternyata justru bisa menyebabkan stres. Oleh karena itu, sesekali kita harus menunjukkan sikap masa bodo amat seperti dalam kata-kata masa bodoh.

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila kamu mendapati perbedaan pandangan atau pendapat dalam kehidupan sosial. Sebab, hal tersebut gak bisa ditampik lantaran setiap manusia tentu punya pola pikir yang gak sama karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Namun, tak bisa dimungkiri pula bahwa terkadang ada satu kondisi di mana kita bisa mempertimbangkan pandangan orang lain sebagai sesuatu yang penting untuk dipikirkan ketika mereka berpendapat kurang mengenakkan mengenai diri kita.

Sehingga gak jarang kita bisa terbelenggu dalam pemikiran tersebut, kemudian merasa khawatir secara berlebihan. Kamu harus paham bahwa menjadikan pandangan orang lain sebagai standar dalam menjalani hidup ini hanya akan membuatmu menderita lantaran gak akan pernah ada ujungnya. Lebih baik berhenti mengkhawatirkan hal tersebut dengan merenungkan beberapa hal berikut.

1. Ketahuilah, sebaik apapun dirimu, akan tetap ada orang yang tidak berada di pihakmu
5 Renungan Buat Kamu yang Khawatir dengan Pandangan Orang

Meski sebagian besar orang menganggapmu sosok yang hebat, dan sebagian yang lain juga merasakan dampak dari kebaikanmu, namun kamu akan tetap kurang di mata orang yang dari awal sudah tidak berada di pihakmu. Dengan kata lain, orang tersebut memang tidak menyukaimu. Sehingga mereka akan selalu memandangmu dengan sudut pandang negatif dan berusaha mencari kesalahan dari dirimu.

Ketahuilah, sebaik apa pun dirimu, akan tetap ada orang yang berseberangan dengan kebaikan itu. Sehingga, sudah selayaknya pandangan orang lain tidak dijadikan tolak ukur atas dirimu, karena bisa jadi merekalah yang gak bisa memandang sesuatu secara objektif dan gak bisa menerapkan pola pikir positif.

2. Kamu pantas bahagia dan merdeka dari hal yang sebenarnya gak perlu dipikirkan
5 Renungan Buat Kamu yang Khawatir dengan Pandangan Orang

Ketika orang lain memandang dirimu sebagai sosok yang buruk, maka kamu jangan langsung termakan dengan ucapannya. Coba pikirkan dengan baik-baik, bukankah kamu adalah satu-satunya orang yang mampu mengenal diri sendiri dengan seutuhnya? Lantas mengapa kamu percaya dengan pendapat mereka tentang dirimu yang sebenarnya gak perlu dipikirkan?

Kamu pantas mendapatkan kebahagiaan dengan terbebas dari hal-hal kecil yang sebenarnya gak perlu dibesar-besarkan. Biarkan mereka memiliki opini tentang dirimu. Toh, semua itu belum tentu benar, karena kamulah yang paling tahu atas dirimu.

3. Percayalah, memenuhi pandangan orang lain hanya akan menambah beban mental dirimu
5 Renungan Buat Kamu yang Khawatir dengan Pandangan Orang

Coba kamu renungkan kembali, sebenarnya apa yang kamu dapatkan ketika berpikir dan khawatir secara berlebih atas pandangan orang lain terhadap dirimu yang kebenarannya masih perlu ditanyakan. Jika mereka berpendapat hanya berdasarkan sok tahu-nya, bukankah kamu yang akan rugi sendiri?

Pasalnya, overthinking gak akan bikin kamu tenang. Justru kamu akan terbelenggu dan terjebak dalam pola pikir yang keliru, tanpa ada habisnya.

4. Apa pun yang kamu lakukan akan kembali padamu, bukan orang lain
5 Renungan Buat Kamu yang Khawatir dengan Pandangan Orang

Kamu harus tahu, bahwa akan selalu ada orang yang gak suka dengan apa yang kamu lakukan. Tetapi bukan berarti hal tersebut menghentikan langkahmu. Selama apa yang kamu lakukan bisa mendatangkan manfaat, maka teruskan.

Perkara mereka memiliki pandangan lain tentang dirimu, maka tidak masalah. Karena nantinya kamu yang akan mendapatkan hasil dari apa yang kamu lakukan saat ini, bukan mereka.

5. Hidup ini milikmu, jadi lakukan hal terbaik agar kamu bisa menikmatinya
5 Renungan Buat Kamu yang Khawatir dengan Pandangan Orang

Setiap orang punya kehidupan masing-masing. Sehingga manfaatkan kesempatan itu dengan baik. Jangan hiraukan omongan orang lain, karena di mana pun dan kapan pun hal tersebut akan selalu ada. Jadi, jangan membuang-buang waktu untuk mengurus hal yang gak pernah bisa kamu atur. Lakukan saja hal terbaik dari dalam dirimu selagi kamu masih mampu. Karena dengan demikian, kamu akan lebih bisa menikmati hidup.

Sejatinya, orang lain bebas untuk berkomentar apa pun, bebas menyatakan pendapatnya. Namun, respons kamu dalam menyikapinya yang gak boleh sembarangan. Artinya, kamu jangan mudah terpengaruh. Sebab pandangan orang lain tentang dirimu adalah hal di luar kendali yang gak akan bisa kamu kontrol. Semangat, ya!