Sikap yang Menyebabkan Seseorang Kehilangan Kepercayaan Diri

Sikap yang Menyebabkan Seseorang Kehilangan Kepercayaan Diri

Sikap yang Menyebabkan Seseorang Kehilangan Kepercayaan Diri – kepercayaan diri adalah suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam melakukan tindakan tidak terlalu sering merasa cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan, dan memiliki tanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang dilakukan. Percaya diri adalah sebuah sikap yang didasari pada keyakinan, cara pandang, prinsip, dan perbuatan atas kemampuan diri sendiri.

Kepercayaan diri juga bisa diartikan sebagai suatu sikap disertai penilaian atas kemampuan diri sendiri yang didasari dari pencapaian yang telah berhasil dilakukan sehingga memiliki kemampuan lebih dalam menilai kelebihan dan kekurangan diri sendiri.Orang yang punya kepercayaan diri biasanya tidak akan cemas jika ia dituntut untuk berbuat sesuatu yang dianggap benar sesuai norma. Dalam hal ini, mereka yang menjalankan hidupnya dengan kepercayaan diri tinggi akan melakukan banyak hal secara mandiri dan penuh tanggung jawab.

Nah, kita pun bisa memupuk hal tersebut dengan berbagai macam metode dan pengalaman hidup. Namun, ternyata ada beberapa sikap negatif yang dinilai dapat membuatmu kehilangan rasa percaya diri. Oh, ya, hal ini juga telah dibuktikan oleh sains, lho. So, sikap apa saja yang menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri? Yuk, simak artikel ini!

1. Selalu tak kuasa menolak ajakan orang lain
Menurut Sains, 5 Sikap Ini Dapat Membuatmu Kehilangan Percaya Diri 

Salah satu sikap yang membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri adalah sulit menolak ajakan dari pihak lain. Bahkan, hal ini juga terjadi dalam perkara-perkara kecil yang dianggap remeh. Misalnya, kamu selalu tak kuasa menolak ajakan teman untuk hal-hal yang gak penting, seperti nongkrong, kumpul-kumpul, dan mungkin kegiatan lain yang sebetulnya tidak kamu sukai.

Nah, cara sederhana untuk belajar menolak adalah berani mengatakan dengan jujur apa yang ada di hati kita. Jika memang tidak ingin ikut serta dalam ajakan temanmu, kamu bisa mengungkapkan hal tersebut dengan kalimat yang jelas, tegas, tapi tidak menyinggung perasaan.

2. Tidak berani mengatakan tidak
Menurut Sains, 5 Sikap Ini Dapat Membuatmu Kehilangan Percaya Diri 

Mirip dengan sikap pada poin nomor satu di atas, sulit mengatakan tidak pada perintah orang lain atau terhadap keinginan diri sendiri merupakan sikap yang bisa menghancurkan kepercayaan diri. Contohnya, saat menabung untuk membeli sesuatu yang penting, di tengah jalan, keputusan berubah hanya gara-gara kamu menginginkan barang lainnya yang tidak penting. Penyesalan akhirnya muncul.

Menjadi orang yang baik tidak harus selalu menyetujui pendapat dan permintaan orang lain. Ada kalanya, kamu juga harus mengatakan tidak demi kebaikan dirimu sendiri. Dengan menguatkan sikap ini, minimal kamu sudah menganggap dirimu berharga dan pantas untuk melakukan apa pun yang benar selama tak mengganggu orang lain.

3. Tidak mau belajar untuk mandiri
Menurut Sains, 5 Sikap Ini Dapat Membuatmu Kehilangan Percaya Diri 

Orang yang tidak mandiri adalah mereka yang selalu menggantungkan kehidupannya pada orang lain meskipun dalam hal yang paling sederhana. Bukan karena tidak sanggup, melainkan ia sudah menjadi kebiasaannya demikian. Hal ini bisa terjadi jika seseorang mendapatkan didikan yang salah sejak ia kecil, mungkin terlalu dimanjakan atau terbiasa dibantu oleh pihak lain.

Jika ingin meningkatkan kepercayaan diri, kamu wajib belajar untuk bersikap mandiri dan tidak bergantung pada uluran tangan orang lain. Dengan mengambil sikap tegas ini, seseorang bisa mengukur dirinya sendiri dan tidak lagi hidup dalam bayang-bayang pihak lain. Gimana? Sudah siap hidup mandiri, kan?

4. Menilai rendah diri sendiri
Menurut Sains, 5 Sikap Ini Dapat Membuatmu Kehilangan Percaya Diri 

Jangan menilai rendah terhadap diri sendiri. Sikap ini akan menjadi bumerang dan suatu saat pasti akan meruntuhkan kepercayaan diri. Orang yang memandang dan menilai rendah dirinya sendiri akan selalu minder, pesimis, bahkan bisa melemahkan mental. Dalam laman Everyday Health, sikap rendah diri akut bisa berakibat jangka panjang, seperti penurunan produktivitas dan kegagalan dalam bersosialisasi.

Akan tetapi, manusia dapat menilai dirinya sendiri dengan pantas manakala ia menyadari bahwa dirinya bisa menjadi pribadi yang sama baiknya dengan orang lain. Ingat, ya, menilai diri terlalu tinggi akan membawamu pada kesombongan. Sebaliknya, menilai diri terlalu rendah akan membawamu pada sindrom rendah diri akut yang juga tidak baik.

5. Hidup tanpa prinsip
Menurut Sains, 5 Sikap Ini Dapat Membuatmu Kehilangan Percaya Diri 

Prinsip merupakan salah satu hal yang dipegang kuat oleh orang-orang yang percaya diri. Bagi mereka, hidup tanpa prinsip adalah sama dengan hidup tanpa tujuan. Nah, uniknya, orang yang memiliki prinsip dalam hidup bukan berarti membuat mereka beridealisme tinggi. Yup, prinsip hidup tak lantas membuat orang menjadi sosok yang sangat keras kepala.

Dengan sebuah patokan dan nilai yang dijadikan prinsip hidup, kamu bisa menjadi orang yang lebih percaya diri di tengah pergaulan sosial. Sebaliknya, jika sama sekali tidak memiliki prinsip dalam hidup, kamu akan menjadi manusia yang tidak percaya diri.