Tips Mengatasi Perasaan Selalu Tidak Puas Pada Diri Sendiri

Tips Mengatasi Perasaan Selalu Tidak Puas Pada Diri Sendiri

Tips Mengatasi Perasaan Selalu Tidak Puas Pada Diri SendiriInsecure  adalah perasaan cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman. Akibatnya, seseorang yang insecure bisa saja merasa cemburu, selalu menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya, atau justru berusaha memamerkan kelebihannya. Perasaan tidak aman atau insecure merupakan sesuatu yang sebenarnya normal terjadi.

Namun, pada sebagian orang, perasaan insecure ini terjadi terus-menerus. Kondisi ini bisa timbul akibat pengalaman buruk, cara pandang yang salah, memiliki kepribadian melankolis, atau sifat perfeksionis. Ketika kamu berada di titik terendah. Kamu merasa orang lain hebat darimu. Kamu menjadi meragukan kemampuan yang ada pada diri. Terlebih saat kamu melihat teman-temanmu sudah berhasil mencapai sesuatu yang dicita-citakannya.

Hal tersebut tentu akan memengaruhi suasana hati dan pikiranmu. Kamu akan berpikir bahwa kamu selalu lebih rendah dari orang lain. Mungkin kamu pernah mengalami berbagai penolakan sebelumnya, seperti ditolak saat mendaftar masuk universitas favorit, ditolak saat melamar pekerjaan, atau bahkan ditolak saat menembak gebetan. Penolakan tersebut akan mempengaruhimu, sehingga membuat rasa percaya diri menurun.

1. Jangan terus-menerus menyalahkan dirimu sendiri
5 Tips Sederhana Atasi Diri yang Gak Pernah Merasa Cukup 

Saat kamu melakukan kesalahan, mengakui berbuat salah itu baik. Namun, jika kamu terus menyalahkan dirimu sendiri. Itu akan semakin memperburuk keadaan. Sadarilah, bahwa perasaan bersalah yang berkepanjangan itu gak akan membawa hal baik apapun untuk masa depan.

Gak hanya kamu sendiri yang pernah melakukan kesalahan, setiap orang juga pasti gak luput dari berbuat salah. Jadi, maafkanlah diri sendiri. Buang segala pikiran negatif dan kembali fokuslah pada hal-hal positif yang bisa menjadi solusi dari setiap permasalahan yang kamu alami. Belajar lagi agar kamu gak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

2. Ceritakan kepada teman atau keluarga yang dekat dan kamu percayai
5 Tips Sederhana Atasi Diri yang Gak Pernah Merasa Cukup 

Ada baiknya saat kamu sedang merasa dirimu gak berharga. Coba ceritakanlah apa yang menjadi permasalahanmu kepada orang-orang terdekat yang bisa kamu percayai. Sebaiknya, memang jangan kamu simpan sendiri terlalu lama. Karena akan mengganggu kesehatan fisik dan mental kamu.

Bicaralah kepada teman atau keluarga, agar beban pikiranmu bisa berkurang. Ungkapkanlah saja hal-hal yang selama ini menjadi hambatan dalam hidupmu. Jika kamu merasa khawatir, cemas dan bingung akan suatu hal. Ceritakan saja kepada mereka. Siapa tahu ada solusi dari mereka yang bisa meringankan beban pikiranmu.

3. Cobalah melakukan hobi
5 Tips Sederhana Atasi Diri yang Gak Pernah Merasa Cukup 

Saat kamu sedang gak baik-baik saja. Jangan hanya berdiam diri dan meratapinya di dalam kamar. Sebaiknya, kamu keluarlah dan berjalan-jalan bersama teman atau mengajak bermain hewan peliharaan. Melakukan hobi yang kamu sukai juga menjadi cara yang ampuh saat kamu sedang merasa gak cukup berbahagia.

Lupakan rasa insecure tersebut. Fokuskan pikiran kepada sesuatu yang dapat membuatmu kembali tersenyum dan merasa bahagia saat menjalaninya. Kamu juga bisa mencoba hal-hal yang belum pernah kamu lakukan. Siapa tahu ada potensi dalam diri yang belum kamu temukan. Teruslah semangat untuk mengeksplorasi hal-hal baru, ya.

4. Berikan hadiah untuk dirimu yang sudah berhasil mencapai sesuatu
5 Tips Sederhana Atasi Diri yang Gak Pernah Merasa Cukup 

Saat kamu merasa gak cukup dan masih kecewa karena target yang kamu capai gak maksimal. Setidaknya kamu sudah berusaha untuk mencapainya agar berhasil. Itu juga merupakan proses yang wajib kamu beri penghargaan. Jangan terus menghakimi diri sendiri. Lebih baik beri penghargaan terhadap diri yang telah berhasil berjuang sampai pada tahap ini.

Memberikan penghargaan kepada diri sendiri itu dapat meningkatkan rasa percaya diri yang sempat menurun. Hargai pencapaian yang telah kamu lakukan. Meskipun, itu gak besar. Berusahalah untuk tetap bangga pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan bisa bersyukur serta gak lagi merasa diri selalu kurang.

5. Berinteraksilah dengan banyak orang
5 Tips Sederhana Atasi Diri yang Gak Pernah Merasa Cukup 

Beranikan dirimu untuk bertemu dan mengenal banyak orang baru. Mungkin di awal pertemuan kamu akan merasa canggung. Tapi, cobalah terus setiap harinya. Lakukan banyak percakapan dengan orang-orang yang baru saja kamu temui. Gak perlu memaksakan diri untuk langsung berani berbicara dengan banyak orang dalam waktu yang singkat.

Lakukanlah semuanya secara perlahan dan nikmati dari setiap momennya. Perlahan tapi pasti, rasa insecure kamu akan berkurang. Dan kamu akan merasa berkecukupan atas hidup yang kamu jalani saat ini. Saat bertemu banyak orang dan besosialisasi dengan mereka. Akan ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dan menjadi pembelajaran dalam hidupmu.

Untuk mengatasi diri yang gak pernah merasa cukup itu memang gak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh niat yang kuat, menikmati setiap prosesnya dan semangat berjuang. Lakukan secara rutin selangkah demi selangkah. Percayalah, perubahan akan terjadi setiap harinya dan akan membuat kamu bahagia.

Selagi kamu terus bersemangat mencoba dan berusaha melakukannya. Keadaan akan kembali membaik. Kelima tips sederhana di atas mampu membuat dirimu merasa cukup atas semua yang kamu miliki saat ini. Sehingga, kebahagiaan pun akan bisa kamu rasakan.

Membiarkan perasaan insecure secara berlarut-larut dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan fisik dan mental. Selain itu, hubungan Anda dengan orang di sekitar Anda juga dapat terganggu. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada aktivitas sehari-hari dan pekerjaan.

Perlu diketahui, perasaan insecure tidak mudah untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, Anda harus bersabar dalam melakukan langkah-langkah di atas. Jangan menyerah bila Anda masih mengalami perasaan insecure. Dengan konsisten melakukan cara-cara di atas, perasaan insecure tersebut lambat laun akan hilang.